Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIA Pagaruyung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pagaruyung. Hei sahabat skul, masuk menjadi keluarga dari sebuah jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan kita ialah mimpi yang diinginkan oleh semua pejuang kampus. Selain jurusan, dalam menentukan kampus tujuan juga harus kita pertimbangkan pilihannya. Dengan masuknya kita dalam program studi dan universitas yang tepat tentunya akan menguntungkan kita dalam menjalankan pendidikan nantinya. Pada kesempatan ini kami akan menyajiakn terkait daftar jurusan apa saja yang ada disebuah sekolah tinggi sebagai modal kita menentukan jurusan yang tepat. Adapun perguruan tinggi yang akan kami bahas kali ini ialah STIA Pagaruyung.

daftar jurusan di stia pagaruyung

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita menyampaikan ulasan mengenai daftar prodi yang dibuka di STIA Pagaruyung yang ada di Kota Bukittinggi ini, akan kami bawa kalian terlebih dahulu untuk memahami apa itu definisi dari fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Ditegaskan oleh KBBI, bahwa jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Arkeologi, Arsitektur, Teknik Nuklir dsb.

2. Fakultas

Ditegaskan oleh KBBI, bahwa fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Sastra Jerman, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Ilmu Sejarah dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (USU, UNISBA, UPB Batam) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Syariah, Fakultas Kedokteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Ekonomi, Akuntansi Syariah, Ekonomi Pembangunan).

Sekilas Tentang STIA Pagaruyung

Tercatat Provinsi Sumatera Barat memiliki beberepa pilihan perguruan tinggi fovorit. Hal tersebut tentunya membuat tingkat persaingan mahasiswa di Sumatera Barat selalu melonjak disetiap tahunya. Salah satu kampus favorit yang juga memiliki peminat yang cukup tinggi disana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pagaruyung atau biasa disebut STIA Pagaruyung.

STIA Pagaruyung Batusangkar adalah salah satu sekolah tinggi yang memiliki status sebagai sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Perguruan Tinggi ini memiliki lokasi tepatnya di Jl. Cindua Mato No.52, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. STIA Pagaruyung adalah sebuah kampus yang telah berdiri sejak tanggal 10 Desember 1999.

Daftar Jurusan Di STIA Pagaruyung

Kini STIA Pagaruyung Batusangkar baru menghadirkan sebanyak 1 buah prodi yang masih aktif. Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja berikut kami berikan list daftar jurusan yang dibuka oleh STIA Pagaruyung.
  1. S1 Ilmu Administrasi Negara
  2. D3 Ilmu Administrasi Bisnis (Pembinaan)
  3. D1 Ilmu Administrasi Bisnis (Pembinaan)

Tak kalah dengan Jakarta, Surabaya, Medan dll, Provinsi Sumatera Barat juga memiliki banyak perguruan tinggi favorit yang mempunyai banyak peminat. Salah satu kampus favorit di Provinsi Sumbar yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pagaruyung. Dengan adanya pembahasan kali ini terkait daftar jurusan di STIA Pagaruyung, kami harap semoga ulasan ini bisa menampah informasi kalian terkait jurusan yang ada di kampus ini.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments