Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IAI Tebo (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Agama Islam Tebo. Hai sahabat skul, tahun ajaran baru akan segera dibuka dalam waktu dekat ini, itu artinya kesempatan bagi kita melanjutkan studi dalam dunia perkuliahan akan segera dimulai. Ada hal-hal yang mesti dipersiapkan oleh kita para calon mahasiswa sebelum melangkah dalam pertempuran penyeleksian yaitu memilih jurusan dan universitas tujuan dengan tepat.

Menentukan program studi dan universitas yang tepat memang cita-cita bagi setiap mahasiswa. Dengan hal tersebut akan ada banyak hal positif yang mengikuti berlangsungnya pendidikan kita sehingga hasil yang kita dapatkan bisa dipetik dengan nyaman dan lebih maksimal. Artikel kali ini akan menginformasikan bahasan yang isinya tentang daftar fakultas dan jurusan di salah satu sekolah tinggi Indonesia yaitu Institut Agama Islam Tebo.

daftar fakultas jurusan iai tebo

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menjabarkan secara lengkap tentang daftar fakultas dan juga jurusan di IAI Tebo yang ada di Kabupaten Tebo ini, akan kami bawa terlebih dahulu kalian untuk mengerti apa itu fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Di dalam KBBI jurusan memiliki definisi sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Sesuai penjelasan tadi dapat diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Keperawatan dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI fakultas memiliki definisi sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Sesuai penjelasan tadi dapat diartikan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FITK yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Tadris Biologi, Tadris Fisika, Tadris Bahasa Indonesia dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Alauddin, UIN Antasari, IAIN Langsa) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Tarbiyah, Fakultas Psikologi, FKIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Perbankan Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen Syariah).

Sekilas Tentang Institut Agama Islam Tebo

Banyak universitas favorit yang berada di Provinsi Jambi yang sangat diidam-idamkan semua orang baik dari dalam hingga luar Jambi seperti UIN Jambi, STIES Al-Mujaddid, IAIN Kerinci dsb. Tetapi bukan hanya kampus itu saja yang menjadi favorit disana, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit yakni Institut Agama Islam Tebo atau lebih sering disebut dengan singkatan IAI Tebo.

IAI Tebo adalah sebuah perguruan tinggi yang bersetatuskan sebagai institusi agama islam swasta yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Lintas Tebo-Bungo KM. 03 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Indonesia.

Sebelum namanya menjadi seperti sekarang, kampus ini bermula dengan nama STIT Kabupaten Tebo. IAI Tebo merupakan salah satu kampus muda yang diresmikan di indonesia, pasalnya kampus ini baru ditingkatkan statusnya dan diresmikan pada tanggal 22 Mei 2019.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAI Tebo

Hingga sekarang IAI Tebo telah membuka 3 buah Fakultas dan terdapat beberapa pilihan program studi yang cukup bervariasi yang seluruhnya merupakan program sarjana. Langsung saja berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAI Tebo.

1. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini / Pendidikan Guru Raudathul Alfhal

2. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam
  • S1 Akuntansi Syariah
  • S1 Ekonomi Syariah

3. Fakultas Syariah
  • S1 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al Syakhshiyah)
  • S1 Hukum Pidana Islam (Jinayah)
  • S1 Hukum Tata Negara Islam (Siyasah Syariyyah)

Institut Agama Islam Tebo adalah sebuah perguruan tinggi yang mempunyai banyak prestasi, maka tidak heran persaingan di Institut Agama Islam yang satu ini selalu mengalami penaikan yang cukup drastis. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambahkan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAI Tebo. PAI, PGRA, PIAUD, PGMI, HPI, HTNI, ESy,ASy, STIT, STAI Kabupaten Tebo.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments