Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Poltekkes Kemenkes Jambi (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi. Hello sobat skul, kami datang dengan kabar baik untuk kita semua para pejuang kampus dimana akan ada penerimaan mahasiswa baru kembali dalam waktu dekat ini. Sebelum melanjutkan dalam jenjang perkuliahan, ada beberapa hal yang mesti kita mulai persiapkan, salah satunya adalah menentukan program studi yang tepat berdasarkan bakat yang kita punya. Pada artikel ini pembahasan yang akan kita informasikan mengulik terkait daftar jurusan di Poltekkes Jambi.

daftar jurusan poltekkes jambi

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Untuk para calon mahasiswa, penting bagi kita menentukan jurusan yang sesuai berdasarkan atas bakat yang kita kuasai. Sebagai awal kita dalam memilih jurusan yang tepat, berikut kami informasikan mengenai apa itu fakultas dan program studi sebelum masuk dalam ulasan utamanya tentang jurusan di Poltekkes Kemenkes Jambi yang ada di Kota Jambi.

1. Jurusan

Berdasarkan pengertian yang terpapar dalam KBBI jurusan memiliki definisi yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Dirasat Islamiyah, Kewirausahaan, Arsitektur dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan pengertian yang terpapar dalam KBBI fakultas memiliki definisi yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Tadris Bahasa Indonesia, Tadris Kimia, Tadris Matematika dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNMUHA Aceh, UNILA, UNDIP) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Dirasat Islamiyah). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperasawat, Kebidanan).


Tentang Poltekkes Kemenkes Jambi

Provinsi Jambi memiliki banyak sekali kampus favorit seperti halnya STIES Al-Mujaddid, IAIN Kerinci, STIT YPI Kerinci dll yang amana hal tersebut membuat persaingannya selalu meningkat setiap tahunnya. Selain kampus favorit tersebut, ternyata masih ada juga salah satu kampus yang memiliki peminat yang cukup tinggi disana yakni Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Jambi atau lebih sering disingkat Poltekkes Kemenkes Jambi.

Poltekkes Kemenkes Jambi adalah salah satu kampus yang menyandang status sebagai sekolah tinggi dibidang kesehatan yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. H. Agus Salim No.23, Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi, Indonesia.

Kampus ini berdiri setelah dikeluarkannya surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional tahun 2000 dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan tertanggal 16 April 2001. Berdirinya kampus ini merupakan penggabungan / peleburan dari 4 institusi pendidikan bidang kesehatan yang berbeda di jambi yaitu Pendidikan Ahli Madya Keperawatan, Akademi Kebidanan Depkes, Akademi Kesehatan Gigi Depkes dan Akademi Kesehatan Lingkungan Depkes.

Daftar Jurusan Di Poltekkes Kemenkes Jambi

Sampai sekarang ini Poltekkes Kemenetrian Kesehatan Jambi telah membuka sebanyak 14 buah jurusan yang aktif. Tanpa berlama-lama lagi berikut merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh Poltekkes Jambi.

Program Diploma Tiga (D3)
  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Sanitasi
  • D3 Kesehatan Gigi
  • D3 Analis Kesehatan
  • D3 Farmasi

Program Sarjana Terapan (D4)
  • D4 Keperawatan
  • D4 Kebidanan
  • D4 Terapi Gigi
  • D4 Sanitasi Lingkungan
  • D4 Promosi Kesehatan
  • D4 Teknologi Laboratorium Medis

Program Profesi
  • Pendidikan Profesi Ners
  • Pendidikan Profesi Bidan

Poltekkes Jambi bisa dibilang merupakan salah satu sekolah tinggi kesehatan yang cukup diminati di Provinsi Jambi yang mana hal itu membuat daya saing di Poltekkes Jambi yang ada di Kota Jambi ini setiap tahunnya selalu naik. Dengan dibuatnya tulisan ini kami harap semoga dapat menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar jurusan yang dibuka di kampus ini. alamat, pengumuman pmdp, alumni, alih jenjang, beasiswa poltekkes jambi ac id, lirik mars, logo kebidanan, kalender akademik, akreditasi farmasi di poltekkes jambi, siakad poltekkes kemenkes jambi, informasi pendaftaran aak, jurusan stikes jambi, kalender akademik, beasiswa untuk politeknik kesehatan, makassar.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments