Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gratis! Cara Live Streaming Zoom Meeting di YouTube dengan OBS

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Cara Zoom Meeting Live Streaming Youtube secara gratis dengan OBS. Hallo guys, pasti kamu sedang mencari tahu cara agar bisa melakukan live streaming zoom meeting di Youtube kan? kamu sudah mencari tahu caranya namun cara yang disampaikan mengharuskan kamu membeli Zoom versi berbayar?

Jangan khawatir, karena disini kami sudah membuat tutorial mudah dan lengkap disertai gambar cara live streaming Zoom Meeting di YouTube gratis dengan menggunakan aplikasi OBS.

Caranyapun sangat gampang, kamu cukup menginstal aplikasi OBS pada komputermu dan melakukan sedikit penyetingan maka kamu sudah bisa melakukan live streaming secara gratis.

Memang akhir-akhir ini kebutuhan kita untuk melakukan webinar secara online semakin sering dilakukan. Alasannya tak lain karena pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda yang membuat kita masih tetap mengharuskan melakukan segala aktivitas didalam rumah.

Gratis! Cara Live Streaming Zoom Meeting di YouTube dengan OBS

Sebenarnya kita bisa menghubungkan zoom meeting dengan live streaming youtube langsung dengan fitur yang ditawarkan oleh zoom. Akan tetapi fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua orang karena fitur ini hanya bisa digunakan oleh kamu yang memiliki akun zoom versi berbayar.

Namun jangan patah semangat, kamu masih bisa loh melakukan live streaming zoom di youtube dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghubungkan dekstop kita dengan live streaming YouTube secara gratis yaitu Open Broadcaster Software atau OBS. Adapun caranya kamu bisa mengikuti turorial dibawah ya!!

Download dan Instal Aplikasi OBS

Dibawah kami akan menjelaskan cara download dan instal aplikasi OBS. Selengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Langkah 1 : Download aplikasi OBS pada link berikut.

Langkah 2 : Pilih OS sesuai device yang kamu gunakan.

Langkah 3 : Pilih opsi “Download Instaler” untuk mulai mendownload.

Langkah 4 : Jika proses download sudah selesai, lanjut ke proses penginstalan.

Langkah 5 : Tidak ada setting khusus saat melakukan instalasi, cukup pilih next disetiap instruksi penginstalan yang diberikan.

Sekarang kamu sudah berhasil menginstal aplikasi OBS. Buka aplikasi terssebut dan lanjut ke langkah selanjutnya yaitu aktivasi live streaming YouTube.
Baca Juga : Beasiswa StuNed Belanda: Syarat, Cakupan, dan Prioritas Pendaftar

Aktivasi Live Streaming Channel YouTube

Sebelum memulai live streaming YouTube, kamu harus melakukan aktivasi untuk yang pertamakalinya. Adapun caranya simak ulasannya dibawah ya!!

Langkah 1 : Masuk ke halaman utama channel YouTubemu kemudian pilih opsi “Live Streaming” dibagian pojok kanan atas.

aktivasi live streaming yt

Langkah 2 : Kamu akan diarahkan ke halaman baru kemudian tekan “Tinjau dan Setujui”.

Langkah 3 : Akan muncul persyaratan layanan YouTube live streaming lalu baca ketentuannya dan bila setuju lanjut isi data nama, nama perusahaan dan alamat email. Jangan lupa ceklis pada bagian yang disediakan kemudian tekan “Setuju”.

Langkah 4 : Aktivasi akan diproses kurang lebih 24 jam baru kamu bisa melakukan live streaming di YouTube.

Kini kamu sudah berhasil melakukan aktivasi awal live streaming di YouTube. Kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya untuk setting OBS, Zoom Meeting, dan YouTube agar bisa melakukan Live Streaming.
Baca Jua : Mudah! Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting di Website

Cara Setting OBS, ZOOM, dan YouTube Untuk Live Streaming

Setelah sebelumnya kamu berhasil melakukan instalasi OBS dan aktivasi Live Streaming Channel Youtubemu, sekarang kamu sudah siap untuk lanjut memulai live streaming. Adapun caranya simak selengkapnya dibawah ya!!

Langkah 1 : Buka aplikasi Zoom kemudain masuk ke dalam “Setting” dengan klik ikon gerigi disamping kanan atas halaman.

Langkah 2 : Akan muncul pop up baru kemudian pilih opsi “Video”.

langkah 2-3 zoom live streaming yt

Langkah 3 : Dibagian bawah halaman pilih opsi “Advanced”.

Langkah 4 : Rubah “Video Rendering Method” menjadi “GDI” seperti pada gambar dibawah.

langkah 4 zoom live streaming yt

Langkah 5 : Selanjutnya kamu bisa masuk kehalaman ruang meeting zoom dengan membuat rapat baru.

Langkah 6 : Buka aplikasi OBS kemudian dibagian Sources klik ikon berbentuk “+” lalu pilih opsi “Window Capture”.

langkah 6 zoom live streaming yt

Langkah 7 : Akan muncul pop up baru kemudian kamu bisa mengubah nama pada opsi yang disediakan sesuai keinginan dan jika sudah klik “OK”.

langkah 7 zoom live streaming yt

Langkah 8 : Akan muncul pop up baru kemudian dibagian “window” rubah opsinya menjadi “[Zoom.exe]: Zoom Meeting” dan bila sudah klik “OK”.

langkah 8 zoom live streaming yt

Langkah 9 : Tekan Ctrl+D untuk membuat gambar berada ditengah. Kamu juga bisa custom layar dengan menggeser garis mereh yang mengelilingi video.

Langkah 10 : Selanjutnya kita akan melakukan setting pada channe YouTubemu sebelumnya. Masuk ke halaman pengaturan live streaming dengan menekan opsi “Live Streaming” dibagian pojok kanan atas.

Langkah 11 : Setelah berada di dashboard pengaturan live streaming YouTube, masuk pada menu “Kelola” lalu pilih opsi “Jadwalkan Streaming”.

langkah 11 zoom live streaming yt

Langkah 12 : Akan munclu pop up baru lalu kamu bisa mengatur mulai dari judul, deskripsi, custom thumbnile dll. Setelah pengisian dan pengaturan data selesai, klik “Buat Streaming” dibagian bawah halaman.

langkah 12 zoom live streaming yt

Langkah 13 : Setelah live streaming berhasil disimpan kamu akan diarahkan ke halaman pengelolaan live streaming, yang harus kamu lakukan disini yaitu copy “Kunci Streaming” untuk dihubungkan dengan OBS.

langkah 13 zoom live streaming yt

Langkah 14 : Kembali ke aplikasi OBS kemudian pilih opsi “Setting” pada bagian Controls dipojok kanan bawah.

langkah 14 zoom live streaming yt

Langkah 15 : Akan muncul pop up baru lalu pilih menu “Stream” lalu dibagian Servive rubah menjadi “YouTube - RTMPS”.

langkah 15-16 zoom live streaming yt

Langkah 16 : Tempelkan kunci streaming sebelumnya dibagian “Stream Key”, kemudian pilih apply dan OK dibagian bawah halaman.

Langkah 17 : Selanjutnya klik “Start Streaming” pada bagian Controls dipojok kanan bawah.

langkah 17 zoom live streaming yt

Langkah 18 : Kamu bisa kembali ke halaman pengelolaan live streaming dan dipojok kiri atas akan terlihat video zoom yang sudah terhubung dengan Live Streaming TouTube. Sekarang kamu bisa mulai live streaming YouTubemu dengan menekan opsi “Live Streaming” di bagian pojok kanan atas halaman.

langkah 18 zoom live streaming yt

Mantap! sekarang kamu sudah bisa membuat live streaming Zoom Meeting di YouTube. Selanjutnya kamu cukup fokus pada presentasi di Zoom Meeting dan jangan lupa bagikan link Live Streaming YouTube pada para peserta ya!!
Baca Juga : Cara Membuat Zoom Meeting Menjadi Live Streaming YouTube

Penutup

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan. Semoga pembahasannya bisa menambah wawasan teman-teman semua agar tetap produktif meskipun pandemi ini belum memperlihatkan ujungnya. Nantikan artikel menarik dan bermanfaat kami lainnya ya!! Cara menghubungkan audio, live streaming zoom di, ke youtube dan facebook bersamaan menggunakan obs stream zoom.

Show comments