Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IAIN Kerinci 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Agama Islam Negeri Kerinci Jambi. Helo sahabat skul, tahun ajaran baru akan segera dibuka, itu artinya kesempatan bagi kita melanjutkan studi dilingkungan kampus akan segera dimulai. Ada banyak hal yang harus disiapkan bagi kita pejuang kampus sebelum melangkah dalam persaingan yaitu menentukan jurusan dan kampus tujuan yang tepat.

Masuk dalam jurusan dan kampus yang tepat memang keinginan bagi setiap calon mahasiswa. Dengan hal itu akan ada banyak hal positif yang membuntuti berlangsungnya perkuliahan kita sehingga hasil yang kita peroleh bisa dipetik dengan maksimal. Kali ini kami akan membawakan bahasan yang isinya tentang daftar fakultas dan jurusan disebuah sekolah tinggi baik negeri ataupun swasta di Indonesia.

daftar fakultas jurusan iain kerinci

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menjabarkan secara tuntas terkait daftar fakultas dan jurusan di IAIN Kerinci yang ada di Kabupaten Kerinci ini, akan kami bawa terlebih dahulu kalian untuk memahami fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Dalam KBBI mengartikan bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Sesuai penjelasan tadi dapat diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Hukum Keluarga Islam, Psikologi, Ilmu Kelautan dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI mengartikan bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Sesuai penjelasan tadi dapat diartikan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Tadris Kimia, Tadris Fisika, Tadris Biologi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Bandung, IAIN STS, UNIKA) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ilmu Komputer, FITK). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen Dakwah, Ilmu Al Quran dan Tafsir).

Tentang IAIN Kerinci

Ada banyak sekali kampus favorit yang berada di Provinsi Jambi yang sangat diidam-idamkan calon mahasiswa seperti UM Jambi, STIKBA Jambi, UMB Bungo dsb. Tetapi bukan hanya kampus itu saja yang menjadi favotit disana, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit yaitu Institut Agama Islam Negeri Kerinci Jambi atau lebih sering disebut dengan singkatan IAIN Kerinci.

IAIN Kerinci adalah sebuah perguruan tinggi yang bersetatuskan sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Pelita IV, Sumur Gedang, Pesisir Bukit, Kabupaten Kerinci, Jambi, Indonesia.

Berdirinya IAIN Kerinci bermula dari Fakultas Syariah Muhammadiyah yang berdiri tahun 1964. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan status fakultas ini agar bisa menjadi sebuah perguruan tinggi. Akhirnya fakultas ini selangkah lebih maju dengan menjadi salah satu fakultas dari IAIN STS Jambi.

Untuk mendapatkan status negeri dari fakultas ini telah melewati proses yang panjang dan rumit, hingga akhirnya berdasarkan SK Menteri Agama RI tertanggal 27 September 1967 diputuskan penegrian dari Fakultas Syari'ah Muhammadiyah Sungai Penuh menjadi Fakultas Syariah IAIN Sutan Thaha Saifuddin cabang Kerinci.

Pada tahun 1997 fakultas ini melepas diri dan berubah statusnya menjadi STAIN Kerinci. Peningkatan status kembali dilakukan kampus ini dengan dikeluarkannya Perpres tahun 2016 yang berisikan perubahan status dari STAIN Kerinci menjadi IAIN Kerinci.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAIN Kerinci

Hingga sekarang IAIN Kerinci telah membuka 4 buah Fakultas dan terdapat beberapa pilihan jurusan yang cukup bervariasi yang mulai dari sarjana hingga magister. Langsung saja berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Kerinci.

1. Fakultas Syari'ah
  • S1 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah)
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)

2. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • S1 Pendidikan Matematika (PMTK)
  • S1 Pendidikan Biologi (PBIO)
  • S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • S1 Bimbingan Konseling Islam (BKI)

3. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • S1 Manajemen Dakwah (MD)
  • S1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT)

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • S1 Perbankan Syariah (PbS)
  • S1 Ekonomi Syariah (ES)

Program Pascasarjana
  • S2 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • S2 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah)

IAIN Kerinci Jambi adalah sebuah perguruan tinggi yang mempunyai segudang prestasi, maka tidak heran persaingan di IAIN Kerinci ini selalu mengalami peningkatan. Dengan hadirnya artikel ini harapan kami semoga bisa menambahkan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Institut Agama Islam Negeri Kerinci Jambi.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. jurusan iain metro, pkl, uin jambi, jurusan di unja, stain, stai, stie pangkalpinang, kerinci, kop iain palangkaraya, jumlah mahasiswa, struktur iain madura, sejarah, pengumuman, siakad, nomor rekening, pbak iain kerinci, jurnal, simak, repository, jumlah mahasiswa, profil iain kerinci, tadris biologi, bahasa inggis, matematika.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments