Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UMB Bungo 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Muara Bungo (UMB). Hallo sahabat skul, di kesempatan baru ini akan menjadi sebuah kabar yang sangat menggembirakan untuk kita semua yang sedang mencari informasi tentang daftar fakultas dan program studi disebuah sekolah tinggi di Indonesia. Untuk sekarang ini Informasi yang kami bawakan membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan yang ada dihampir semua sekolah tinggi di Indonesia.

Sebelum kita melangkah kejenjang dalam lingkup perkuliahan, alangkah baiknya kita melakukan pilihan yang tepat atas jurusan dan universitas. Dengan kita berada dalam prodi yang tepat sesuai dengan kemampuan yang kita kuasai serta kampus yang tepat sesuai dengan lokasi yang kita idam-idamkan serta biaya perkuliahannya sesuai dengan kondisi keuangan kita, hal itu bisa menjadi sebuah senjata dalam melancarkan berjalannya pendidikan kita dikemuadian hari.

daftar fakultas jurusan umb bungo

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menjabarkan tentang daftar fakultas dan juga jurusan di Universitas Muara Bungo yang ada di Kabupaten Bungo ini, akan kami ajak terlebih dahulu kalian untuk mengenal apa itu fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Sesuai definisi dalam KBBI, menjabarkan bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Sesuai penjelasan diatas bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Ilmu Gizi, Sumberdaya Akuatik, Ilmu Komunikasi dsb.

2. Fakultas

Sesuai definisi dalam KBBI, menjabarkan bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Sesuai penjelasan diatas bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Arsitektur dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UTU Aceh, UGM, UNIMAL) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Psikologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Peternakan, Agroteknologi, Agribisnis).

Tentang Universitas Muara Bungo

Untuk kita yang berada disekitaran Provinsi Jambi, pasti akan tidak asing dengan kampus favorit disana seperti UNBARI, AMIK Depati Parbo Kerinci, UNJA dsb. Tetapi bukan hanya kampus itu saja yang menjadi favotit disana, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit yaitu Universitas Muara Bungo atau lebih sering disebut dengan singkatan UMB Bungo.

Universitas Muara Bungo adalah sebuah perguruan tinggi yang bersetatuskan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Pangeran Diponegoro, Cadika, Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jambi, Indonesia.

Berdirinya kampus ini telah melewati proses yang sangat panjang yang dimulai dari usulan bupati muara bungo pada waktu itu kepada Menteri Pendidikan Nasional tentang usulan pendirian sebuah perguruan tinggi negeri atau penggabungan sebuah sekolah tinggi swasta yang sudah ada.

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas tertanggal 29 Juni 2007 usulan tersebut direspon oleh Menteri Pendidikan Nasional yang isinya tidak diizinkannya pendirian sebuah perguruan tinggi negeri tetapi membolehkan untuk melakukan penggabungan perguruan tinggi swasta yang telah ada.

Akhirnya setelah melalui diskusi dengan beberapa pihak, penggabungan perguruan tinggi swasta ini bisa terealisasikan menjadi Universitas Muara Bungo dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional tertanggal 22 Mei 2008. Perguruan Tinggi Swasta yang ikut andil dalam penggabungan ini diantaranya Yayasan Nurul Islam yang mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STAI) “YASNI”, Yayasan Insan Madani yang mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), dan STIP Muara Bungo.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UMB Bungo

Hingga sekarang UMB Bungo telah membuka 7 buah Fakultas dan terdapat beberapa pilihan jurusan yang cukup bervariasi yang seluruhnya merupakan program sarjana. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di UMB.

1. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Pertambangan

2. Fakultas Pertanian
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi
  • S1 Peternakan

3. Fakultas Perikanan
  • S1 Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

4. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

5. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Pemerintahan

6. Fakultas Bahasa
  • S1 Sastra Inggris

7. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

Universitas Muara Bungo adalah sebuah perguruan tinggi yang mempunyai segudang prestasi, maka tak heran persaingan di Universitas yang ada di Kabupaten Bungo ini selalu mengalami peningkatan. Dengan dibuatnya pembahasan kali ini semoga bisa menambahkan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UMB Bungo.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. akreditasi stai, iai yasni muara bungo, jurusan stikes mb, stia muara bungo, fakultas pertanian, teknik, siakad umb bungo, unja, sertifikat akreditasi, logo, nama rektor, dosen, pendaftaran online universitas muara bungo, batanghari. sekolah kesehatan yang ada di, politeknik, stkip muhammadiyah jambi swasta atau negeri.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments