Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips & Trik Memilih Beasiswa S2 Luar Negeri

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Mau kuliah di luar negeri? ini dia cara tepat memilih beasiswa kuliah di luar negeri. Holla sobat skul, berkuliah merupakan impian yang banyak di cita-citakan oleh semua orang. Dengan berkuliah kita bisa mendapatkan keunggulan yang lebih dari pada orang-orang yang hanya lulusan SMA. Keunggulan tersebut mulai dari pola pikir kita yang semakin luas, kesempatan karir yang lebih baik, hingga gaji yang pastinya akan semakin besar.

Dalam berkuliah ada banyak sekali jalur yang bisa kita tempuh mulai dari seleksi nasional hingga seleksi mandiri yang hanya diselenggarakan oleh kampus yang bersangkutan. Namun bagi kebanyakan orang keuangan sering kali menjadi penghambat untuk mereka bisa berkuliah.

Untuk mengatasi hal terebut, banyak lembaga-lembaga yang memberikan beasiswa dengan jaminan keuangan hingga fasilitas yang mereka berikan untuk membantu para mahasiswa kurang mampu agar terus bisa berkuliah. Ada banyak sekali beasiswa dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mereka yang ingin berkuliah mulai dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), hingga Doktoral (S3).

Tips & Trik Memilih Beasiswa S2 Luar Negeri
Baca Juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan PTB STMKG

Daftar Beasiswa Magister (S2) Luar Negeri

Ada begitu banyak beasiswa S2 keluar negeri yang ditawarkan dari pihak kampus hingga pemerintah negara asalnya. Beberapa diantaranya yang rutin menggelar beasiswa setiap tahun adalah:
  1. Beasiswa AMEXCID
  2. Beasiswa Fulbright
  3. Beasiswa Clarendon
  4. Beasiswa Chevening
  5. Beasiswa Rotary Peace Fellowships
  6. Beasiswa Australia Awards Scholarship
  7. Beasiswa New Zealand ASEAN Scholarships
  8. Beasiswa Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP)

Cara tepat memilih beasiswa S2 luar negeri

Ulasan kami kali ini akan berfokus pada beasiswa untuk jenjang S2 keluar negeri sehingga kalian bisa memilih beasiswa dengan baik dan benar. Untuk memilih beasiswa S2 keluar negeri kita tidak bisa asal mendaftarnya akan tetapi kita harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Melihat peluang

Kamu bisa mulai membandingkan beasiswa mana sih yang memiliki kesempatan lolos lebih besar. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu melihat seberapa besar antusias orang untuk ikut serta dalam beasiswa tersebut dan melihat berapa kuota yang diterima.

2. Fokus pada jurusan yang diminati

Langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil yaitu fokus pada jurusan yang memang sudah menjadi bidang kamu pada jenjang S1. Karena dengan kamu berfokus pada jurusan yang tepat maka kemungkinan untuk kamu melewati segala tahapan seleksi akan lebih mudah mulai dari pembuatan essay hingga wawancara.
Baca Juga : Tips Memilih Universitas Terbaik Untuk Beasiswa AAS

3. Persiapkan TOEFL dan IELTS

Bila kita ingin mendaftar beasiswa luar negeri, tentunya kemampuan bahasa asing wajib kita kuasai. Untuk menunjukan bahwa kamu mampu berbahasa asing umumnya pihak beasiswa mewajibkan kita untuk menyertakan hasil tes atau sertifikat TOEFL dan IELTS sesuai skor minimal yang mereka targetkan. Jadi penting banget nih buat kalian untuk mempertimbangkan nilai minimal yang ditargetkan.

4. Riset mendalam terkait Universitas dan Bidang Studi

Sangat penting bagi kita untuk mendalami seluk beluk universitas dan jurusan yang akan kita pilih agar tepat sasaran. Beberapa yang harus diperhatikan yaitu memilih kampus dengan fasilitas yang lengkap, lokasi yang memadai, melakukan pembandingan kurikulum, pembandingan matakuliah yang di dapat dsb.

5. Memperhatikan Visi Misi Beasiswa

Modal penting bagi kita menentukan beasiswa yaitu dengan memahami visi misi dari sebuah beasiswa. Dengan kita memahami visi dan misi dari sebuah beasiswa, maka hal tersebut bisa mempermudah kita dalam pembuatan essay yang sesuai dengan visi dan misinya. Jadi pahami dulu visi misinya sebelum kamu mendaftar.

6. Konsultasi dengan orang yang berpengalaman

Agar lebih mantap menentukan pilihan beasiswa mana yang akan dituju, kamu bisa menanyakan langsung pada orang-orang yang berpengalaman seperti alumni beasiswa yang kamu tuju, lembaga edukasi untuk mempersiapkan beasiswa, forum-forum beasiswa dsb. Disana kamu akan mendapatkan gambaran lebih luas terkait apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar.
Baca Juga : Tips Menentukan Universitas Terbaik Untuk Beasiswa NZAS

Penutup

Itu tadi pembahasan kami terkait tips dan trik yang bisa dilakukan oleh kita untuk memilih beasiswa Magister (S2) keluar negeri. Semoga tulisan kami ini bisa membawa manfaat untuk kalian semua. cara mendapatkan, informasi beasiswa, cara kuliah di luar negeri gratis, dengan nilai rapor, setelah lulus sma, universitas beasiswa s1 luar negeri fully funded yang menyediakan beasiswa full.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tips & Trik Memilih Beasiswa S2 Luar Negeri"