Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh. Hallo sobat skul, masuk kedalam sebuah program studi dan universitas yang cocok dengan bidang kita adalah mimpi yang diinginkan oleh semua pejuang kampus. Dengan berhasilnya kita menjadi keluarga dalam program studi dan universitas yang tepat tentunya hal itu akan memberikan dampak positif yang akan menguntungkan kita dalam melakoni pendidikan nantinya. Sebagai modal kita untuk menentukan jurusan yang tepat, pada kesempatan ini kami akan sampaikan daftar jurusan apa saja yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang akan kami bahas kali ini ialah STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh.

daftar jurusan di stkip muhammadiyah sungai penuh

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita menjabarkan mengenai daftar jurusan yang ada di STKIP Muhammadiyah yang ada di Kota Sungai Penuh ini, akan kami ajak kalian terlebih dahulu untuk memahami apa itu definisi dari fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Ditegaskan dalam KBBI, jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Sejarah, Manajemen Pemasaran dsb.

2. Fakultas

Ditegaskan dalam KBBI, fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat Jurusan seperti PG PAUD, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNY, UGM, UNSOED) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Kriya, Pendidikan Seni Musik).

Tentang STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

Tercatat Provinsi Jambi memiliki beberepa perguruan tinggi favorit seperti STIE GK, IAI Tebo, STIP GK dll. Hal itu tentunya menjadikan tingkat persaingan seleksi mahasiswa di Jambi selalu melonjak disetiap tahun penerimaan mahasiswa. Selain kampus favorit tadi, ternyata disana masih ada kampus yang juga memiliki peminat yang cukup tinggi yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sungai Penuh atau biasa disebut STKIP Sungai Penuh.

STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh adalah salah satu sekolah tinggi yang memiliki status sebagai perguruan tinggi swasta yang dimiliki oleh Indonesia. Perguruan Tinggi ini memiliki 2 kampus yang berlokasikan di tempat yang berbeda yaitu Kampus 1 di Jl. Muradi Sungai Liuk Kota Sungai Penuh dan Kampus 2 di Jl. Imam Bonjol Sungai Penuh, Jambi, Indonesia.

Kampus ini merupakan sebuah sekolah tinggi yang sudah berdiri sejak tanggal 3 Agustus 1989 setelah mendapatkan izin pendirian dari Depdiknas. Pada awal berdirinya kampus ini baru membuka sebanyak 2 buah program studi yaitu D3 Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris.

Daftar Jurusan Di STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

Kini STKIP Muhammadiyah Sungaipenuh sudah menghadirkan sebanyak 6 buah prodi yang aktif. Tanpa berbincang lebih lama lagi, langsung saja kami berikan list daftar jurusan yang dibuka oleh STKIP Sungai Penuh.
  1. S1 Pendidikan Matematika
  2. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  3. S1 Pendidikan Fisika
  4. S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  5. S1 Pendidikan Olahraga
  6. S1 Bimbingan dan Konseling

STKIPM Sungai Penuh bisa dibilang merupakan salah satu sekolah tinggi dibidang ilmu keguruan dan pendidikan yang cukup memiliki banyak peminat di Provinsi Jambi, maka tak heran tingkat persaingan di STKIP Muhammadiyah yang ada di Kota Sungai Penuh ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan dibuatnya tulisan ini kami harap semoga bisa menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang dibuka di STKIPM Sungaipenuh. jurusan di stie, iain, stia kerinci, stain, logo, nama dosen, pendaftaran, akreditasi stkip muhammadiyah sungai penuh, jambi.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments