Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIE Cakrawala Karimun 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cakrawala Karimun. Hai sobat skul, menjadi keluarga dari sebuah program studi dan kampus yang sesuai keinginan kita adalah cita-cita yang diharapkan oleh kebanyakan mahasiswa. Dengan kita masuk dalam program studi dan universitas yang tepat tentunya itu akan menjadikan berlangsungnya perkuliahan kita nantinya menjadi lancar dansehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Pada beberapa pembahasan sebelumnya kami banyak memaparkan tentang soal dan pembahasan Ujian Mandiri dibeberapa kampus hingga soal. Kurang pas rasanya bila kita hanya memberikan informasi terkait soal dan pembahasan masuk sebuah perguruan tinggi saja, sedangkan kunci utama masuk perguruan tinggi adalah menentukan pilihan jurusan yang tepat. Jadi kali ini bahasan yang akan kami bawakan membahas tentang apa saja si fakultas dan jurusan yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu STIE Cakrawala Karimun.

daftar jurusan di stie cakrawala

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Mengetahui profil sebuah jurusan dan juga fakultas sebelum melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yaitu perkuliahan adalah satu hal yang penting bagi kita calon maba ketahui. Dengan kita mengetahui profil kedua hal tersebut, maka itu akan menjadi modal bagi kita untuk masuk dalam jurusan yang sesuai nantinya.

1. Jurusan

Pengertian yang disematkan dalam KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ekonomi Syariah, Sistem Informasi, Pendidikan PKN dsb.

2. Fakultas

Pengertian yang disematkan dalam KBBI mendefinisikan  fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, PGMI dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UB, UNISBA, UMMGL) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (PGSD, PIAUD, Bimbingan Konseling).

Tentang STIE Cakrawala Karimun

Untuk kita yang berada disekitaran Kepulauan Riau, pasti tidak asing dengan nama kampus favorit disana seperti STIE Tanjung Pinang, STAIN Sultan Abdurrahman, STIKES Tanjungpinang dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cakrawala Karimun atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIE Cakrawala.

STIE Cakrawala Karimun adalah sekolah tinggi yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan di Komp Karimun Centre Blok B Kolong Kel Sei Lakam Karimun, Sungai Lakam, Kec. Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia. STIE Cakrawala merupakan sebuah sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Insan Indonesia dan dibawah pengawasan kopertis Wilayah X (Padang).

Daftar Jurusan Di STIE Cakrawala Karimun

Hingga kini STIE Pembangunan Tanjung Pinang sudah membuka sebanyak 8 buah jurusan. Berikut merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh STIE Cakrawala.
  1. D1 Manajemen Perusahaan (Pembinaan)
  2. D1 Akuntansi (Pembinaan)
  3. D2 Manajemen Perusahaan (Pembinaan)
  4. D2 Komputerisasi Akuntansi (Pembinaan)
  5. D3 Manajemen Perusahaan (Pembinaan)
  6. D3 Akuntansi (Pembinaan)
  7. S1 Akuntansi
  8. S1 Manajemen

STIE Cakrawala Karimun merupakan perguruan tinggi yang cukup favorit di Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut menjadikan persaingannya di STIE Karimun ini setiap tahunnya semakin melonjak naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIE Cakrawala.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments