Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIE Pembangunan Tanjungpinang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang. Hello sobat skul, menjadi keluarga dalam program studi dan juga kampus yang tepat adalah cita-cita yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Dengan kita berada di dalam program studi dan universitas yang sesuai tentunya itu akan membuat berjalannya perkuliahan kita nantinya menjadi lancar dan lebih maksimal.

Pada beberapa tulisan sebelumnya kami banyak mengulik tentang soal dan pembahasan UTBK hingga ujian mandiri pada beberapa sekolah tinggi. Kurang pas rasanya bila kita hanya menyajikan soal dan pembahasan tersebut tanpa menyajikan daftar jurusan dan fakultas disebuah universitas. Jadi kali ini bahasan yang akan kami bawakan membahas tentang apa saja si fakultas dan jurusan yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu STIE Pembangunan Tanjungpinang.

daftar jurusan di stie pembangunan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Mengenal apa itu jurusan dan juga fakultas sebelum melanjutkan berkuliah adalah satu hal yang penting bagi kita calon maba ketahui. Dengan kita memahami kedua hal tersebut akan mengarahkan kita pada pilihan yang tepat atas fakultas dan juga prodi nantinya. Berikut kami jelaskan sedikit terkait apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Dalam KBBI menyematkan definisi terhadap jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Manajemen, Hukum Ekonomi Syariah, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI menyematkan definisi terhadap fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Kesehatan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Keperawatan, Farmasi, Profesi Ners dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UMMGL, UTAMA, USU) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (FKIP, FEB, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Otomotif).

Tentang STIE Pembangunan Tanjungpinang

Untuk kita yang bertempat tinggal di Kepulauan Riau, pasti tidak asing dengan nama kampus favorit disana seperti STIKES Tanjungpinang, UMRAH, STIE Bentara Persada dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIE Tanjungpinang.

STIE Pembangunan Tanjungpinang adalah sekolah tinggi yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan di Jl. R. H. Fisabillillah, No. 34, Sei Jang, Bukit Bestari, Sei Jang, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

STIE Pembangunan merupakan sebuah sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Pembangunan Pendidikan Kejuruan (YPPK) Tanjungpinang. Pada awal pendiriannya kampus ini berstatuskan sebagai sebuah Akademi dengan nama Akademi Akuntansi Pembangunan (AAP) Tanjungpinang yang menyelenggarakan jurusan D3 Akuntansi yang mana pendiriannya disetujui oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 23 Februari 1998.

Setelah mendapatkan persetujuan, akhirnya APP diresmikan pada tanggal 12 September 1998 oleh bapak Abdul Manan. S Bupati KDH Tingkat II Kepulauan Riau. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya dikeluarkanlah izin perubahan status dari kampus ini yaitu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tertanggal 5 Agustus 2008 dari yang sebelumnya menjadi STIE Pembangunan Tanjungpinan.

Daftar Jurusan Di STIE Pembangunan Tanjungpinang

Hingga kini STIE Pembangunan Tanjung Pinang baru membuka sebanyak 3 buah jurusan. Berikut ini merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh STIE Tanjungpinang.
  1. D3 Akuntansi (TUTUP)
  2. S1 Akuntansi
  3. S1 Manajemen

STIE Pembangunan Tanjungpinang merupakan sekolah tinggi yang cukup favorit di Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut menjadikan persaingannya di STIE yang satu ini setiap tahunnya semakin meningkat naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIE Pembangunan Tanjungpinang.

Berikut pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. akreditasi, jurusan di, sister, biaya masuk stie pembangunan tanjungpinang, jurusan manajemen, brosur, pendaftaran di stie tanjungpinang, panduan skripsi, siakad, biaya kuliah stie pembangunan tanjungpinang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments