Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKes Hang Tuah Tanjungpinang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang. Helo sobat skul, menjadi dalam prodi dan kampus impian adalah sebuah cita-cita yang diinginkan oleh kebanyakan mahasiswa. Dengan kita masuk dalam bagian dari jurusan dan universitas yang sesuai tentunya itu akan membuat perkuliahan kita nantinya berjalan dengan lancar dan lebih maksimal.

Pada beberapa tulisan sebelum ini kami banyak membahas tentang soal dan pembahasan UTBK hingga ujian mandiri pada beberapa universitas. Tentu hal tersebut dirasa kurang pas rasanya bila kita hanya menyajikan soal dan pembahasan tersebut tanpa memaparkan daftar jurusan dan fakultas disebuah universitas. Oleh karenanya kali ini bahasan yang akan kami bawakan membahas apa saja si fakultas dan jurusan yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu STIKes Hang Tuah Tanjungpinang.

daftar jurusan di stikes tanjungpinang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Mengenal apa itu jurusan dan juga fakultas sebelum melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan adalah satu hal yang penting bagi kita calon maba, karena dengan kita memahami kedua hal tersebut akan mengarahkan kita pada pilihan yang tepat atas fakultas dan jurusan nantinya. Berikut kami jelaskan sedikit terkait apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Dalam KBBI menyematkan definisi terhadap jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Hukum, Manajemen, Kedokteran dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI menyematkan definisi terhadap fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FISIP yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Administrasi Publik dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UTAMA, Universitas Presiden, UNHAS) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Desain Grafis dan Komunikasi Visual). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Desain Komunikasi Visual, Multimedia, Sistem Informasi).

Tentang STIKes Hang Tuah Tanjungpinang

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Kepulauan Riau, pasti tidak asing dengan nama-nama kampus favorit disana seperti STIE Bentara Persada, UMRAH Tanjungpinang, STAI Ibnu Sina dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hang Tuah Tanjungpinang atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIKes Tanjungpinang.

STIKes Tanjungpinang adalah sekolah tinggi yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan di Jl. WR. Supratman, Air Raja, Kec. Tanjungpinang Tim., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

STIkes Hang Tuah Tanjungpinang merupakan satu-satunya sekolah tinggi kesehatan di Kota Tanjung Pinang. Sebelum statusnya menjadi seperti sekarang, pada awalnya kampus ini berstatuskan sebagai Akademi Keperawatan (AKPER).

Terbentuknya STIKes Hang Tuah bermula pada tahun 1993 dimana para perwira TNI AL yang bertugas di Tanjungpinang merasa kurangnya tenaga perawat di Kota ini. Setelah melalui beberapa upaya akhirnya dibentuklah sebuah pendidikan perawat setingkat SPK pada tanggal 7 Februari 1994 yang pendiriannya berada dibawah komando pendidikan TNI AL.

Berdasarkan izin penyelenggaraan DEPKES RI tertanggal 4 Januari 2001 akhirnya kampus ini ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Keperawatan Hang Tuah Tanjungpinang yang berada dibawah naungan Yayasan Nala. Kemudian dilakukan perubahan status kembali terhadap kampus ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tahun 2007 menjadi STIKes Hang Tuah Tanjungpinang.

Daftar Jurusan Di STIKes Hang Tuah Tanjungpinang

Hingga kini STIKeas Hang Tuah baru membuka sebanyak 3 buah jurusan. Berikut merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh STIKes Tanjungpinang.
  1. D3 Ilmu Keperawatan
  2. S1 Ilmu Keperawatan
  3. Profesi Ners

STIKes Tanjungpinang merupakan sekolah tinggi yang cukup favorit di Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut menjadikan persaingannya di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ini setiap tahunnya semakin melonjak naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Berikut pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. biaya masuk, pendaftaran, jurusan stikes hang tuah pekanbaru, jakarta, jurusan politeknik tanjung pinang, biaya kuliah, pendaftaran stikes tanjungpinang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments