Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Batasan Waktu Google Form Untuk Ujian dengan Form Timer

Daftar Isi [show]

Cara Mengatur Batasan Waktu Google Form Untuk Ujian dengan Form Timer

Soalskul.com - Cara Mengatur Timer pada Google Form Untuk Ujian dengan Menggunakan Form Timer. Helo teman-teman semua, jumpa lagi bareng kami nih yang mana pada ulasan kali ini kami masih membahas tips-dan trik menggunakan Google Form.

Banyak diantara teman-teman semua yang request nih untuk dibuatkan cara setting buka tutup waktu otomatis di google form. Memang dalam ujian apalagi ujian berbasis formulir online akan sangat berguna bila kita bisa mengatur kapan siswa bisa mulai ujian dan berakhir secara otomatis.

Hal ini sangat berguna bagi para guru dan dosen dalam menilai para muridnya apakah mereka mengerjakan ujian dengan tepat waktu atau tidak.

Nah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk setting batas waktu ujian di google form kita bisa memanfaatkan salah satu add-on yang ada disini yaitu Form Timer. Adapun cara menggunakan dan mengaturnya simak ulasannya hingga akhir ya!!

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan

  1. Koneksi Internet yang stabil
  2. Formulir yang sudah diisi mulai dari judul, deskripsi, hingga pertanyaan yang dibutuhkan.
  3. Plugin Form Timer (Instalasi Form Timer di Google Form akan dijelaskan pada tutorial dibawah)
Setelah syarat tersebut terpenuhi, kamu bisa langsung simak langkah pengaturan batas waktunya di bawah.
Baca Juga : Contoh Soal dan Pembahasan Vektor (TERLENGKAP)

Cara Membuat Batas Waktu Soal Ujian di Google Form dengan Form Timer

Tanpa banyak bertele-tele lagi, langsung saja berikut merupakan cara mudah dan lengkap disertai gambar mengatur batas waktu di Google Form untuk soal ujian dengan Form Timer.

Langkah 1 : Masuk ke halaman pengisian formulir Google Form dengan klik link Google Form berikut.

Langkah 2 : Masukan judul, deskripsi, dan pertanyaan sesuai kebutuhan.

Langkah 3 : Untuk menginstal plugin Form Timer, langkah pertama klik icon titik tiga di kanan atas halaman kemudian klik “add-on”.


Langkah 4 : Kamu akan dibawa ke halaman baru lalu masukan keyword “Form Timer” di kolom input pencarian

Langkah 5 : Pada hasil yang di tampilkan, klik plugin “Form Timer”.

langkah 4-5 setting timer gform dengan form timer

Langkah 6 : Kamu akan masuk ke halaman baru lalu klik “Instal”.

Langkah 7 : Bila instalasi berhasil dilakukan, akan muncul icon add-on berbentuk puzzel kemudian klik dan pilih opsi “Form Timer”.

langkah 7 setting timer gform dengan form timer

Langkah 8 : Akan muncul pop up baru lalu pilih “Configure”. (Bila plugin Form Timer tidak muncul, coba refresh halaman)

langkah 8 setting timer gform dengan form timer

Langkah 9 : Akan muncul pop up konfigurasi disebelah kanan halaman lalu klik “Enable”.

langkah 9 setting timer gform dengan form timer
Langkah 10 : Bila proses konfigurasi berhasil, pop up akan memunculkan opsi “Continue to Form Timer” lalu klik opsi tersebut.

langkah 10 setting timer gform dengan form timer

Langkah 11 : Kamu akan diarahkan ke halaman baru dan disana terdapat judul dari formulir yang telah dibuat sebelumnya lalu klik judul tersebut.

langkah 11 setting timer gform dengan form timer


Langkah 12 : Kamu akan diarahkan ke halaman baru kembali lalu klik “Set up”.

langkah 12-17 setting timer gform dengan form timer

Langkah 13 : Kamu akan disuguhkan dua opsi pengaturan waktu yaitu “Test Config” untuk mengatur durasi waktu ujian dan “Time Controls” untuk mengatur tanggal mulai dan tanggal selesai ujian.

Langkah 14 : Untuk mengatur durasi waktu ujian kamu bisa langsung memasukan lamanya waktu yang diinginkan dikolom input waktu yang disediakan pada setting Test Config. Bila ingin membuat siswa tidak bisa mengerjakan sol lagi setelah batas waktu yang ditentukan cukup non aktifkan “Continue after timeout”.

Langkah 15 : Untuk mengatur tanggal dan waktu mulai hingga selesai, cukup atur waktu mulai dan waktu berakhirnya ujian di bagian Time Control.

Langkah 16 : Bila pengaturan selesai dibuat, jangan lupa klik “save” di bagian bawah halaman.

Langkah 17 : Langkah selanjutnya link siap dibagikan dengan klik “Test Link” dibagian atas halaman. (Cara membagikan link akan berbeda dari biasanya dimana kamu sekarang harus mengcopy link langsung melalui plugin Form Timer ini agar timer bisa muncul)

Sekarang formulir yang kamu buat sudah tersetting batas waktu untuk pengerjaannya. Hasilnyapun akan tampak seperti dibawah dan akan muncul peringatan bila waktu pengerjaan sudah mendekati waktu berakhir.
hasil setting timer gform dengan form timer

Baca Juga : Cara Membuat Batas Waktu (Timer) di Google Form dengan formLimiter

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kita sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga ulasannya bisa membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. cara membuat waktu mulai di google Form, cara membatasi, setting buka tutup otomatis, mengatur batas waktu di google form di hp, cara membuka, menggunakan timify di google form limiter yang sudah terinstal yang sudah habis waktu.

Show comments