Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STT Dumai 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Hello sobat skul, pada tulisan kali ini kami akan memberikan bahasan yang berbeda dari biasanya dimana biasanya banyak berisikan tentang kumpulan soal Ujian Mandiri hingga soal UTBK. Nah untuk kali ini kami akan membahas daftar fakultas dan jurusan apa saja yang ada disemua perguruan tinggi di Indonesia.

Sebelum kita melanjutkan studi di lingkungan kampus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yang harus menjadi perhatian kita ialah menentukan program studi dan perguruan tinggi dengan tepat dan cermat. Memilih hal tersebut dengan tepat berarti kita memilih program studi yang sesuai dengan keahlian yang kita punya dan tepat atas kampus yang sesuai dengan keuangan kita serta lokasi kampusnya yang sesuai dengan yang kita cita-citakan.

daftar jurusan di stt dumai

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengulik mengenai pembahasan utamanya terkait daftar jurusan apa saja yang ada di Sekolah Tinggi Teknologi yang ada di Kota Dumai ini, alangkah lebih baiknya untuk kita memahami terlebih dahulu apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Didalam KBBI jurusan memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kenotariatan, Agribisnis, Teknik Perkapalan dsb.

2. Fakultas

Didalam KBBI fakultas memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan pemaparan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FEB yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ekonomi, Akuntansi, Manajemen dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNAIR, UNWIKU, UNNAR) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kelautan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Perikanan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Pertambangan, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil).

Tentang Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Bagi kita yang berada di disekitar Provinsi Riau, pasti tidak asing dengan jajaran kampus favorit disana seperti STP Riau, UIN Suska, STMIK Hang Tuah dsb. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai atau lebih akrab disebut dengan singkatan STT Dumai.

STT Dumai merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. Utama Karya, Bukit Batrem, Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Indonesia.

STT Dumai merupakan sebuah sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dumai. Pada mulanya YLPI Dumai mendirikan Akademi Teknik Manajemen Industri (ATMI) Dumai. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tertanggal 5 Agustus 2003 maka ATMI ditingkatkan statusnya dari sebelumnya ATMI Dumai menjadi Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai.

Daftar Jurusan Di STT Dumai

Sekarang ini STT Dumai telah membuka sebanyak 3 buah Program Studi. Berikut merupakan daftar Program Studi yang dibuka oleh STT Dumai.
  1. S1 Teknik Sipil (Terakreditasi B)
  2. S1 Teknik Industri (Terakreditasi C)
  3. S1 Teknik Informatika (Terakreditasi B)

STT Dumai merupakan salah satu kampus favorit yang ada di Riau yang mana hal tersebut membuat persaingannya di STT Dumai ini setiap tahunnya selalu naik. Dengan adanya tulisan ini kami harap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STT Dumai.

Itulah tadi pemaparan kami tentang daftar jurusan di kampus ini. biaya, jurusan yang ada di, pendaftaran, jadwal mata kuliah stt dumai, universitas di dumai, jurusan stia lancang kuning dumai, nama dosen, sia, teknik industri, akreditasi, jadwal pendaftaran stt dumai.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments