Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Absensi di Google Form Dengan HP & Laptop

Daftar Isi [show]

cara membuat absensi di gform

Soalskul.com - Tutorial cara lengkap membuat absensi online menggunakan Gform. Helo gays, dimasa pandemi covid-19 sekarang ini memaksa kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan dirumah masing-masing. Dengan adanya kebijakan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) diharapkan dapat menekan persebaran virus korona di lingkungan sekolah baik SD, SMP, SMA, hingga perkuliahan.

Semua kegiatan yang dilakukan secara offline sebelumnya, sekarang harus dilakukan dengan metode online. Itu artinya para siswa dan guru harus bisa memiliki solusi agar kegiatan pembelajaran yang seharusnya mereka lakukan bisa tetap berjalan.

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara online dimasa sekarang ini yaitu kegiatan absensi siswa. Para guru / dosen dituntut untuk memiliki solusi dalam melakukan absensi terhadap para siswa tanpa adanya kecurangan yang mungkin terjadi. Sebagai solusinya kebanyakan guru banyak memanfaatkan salah satu apllikasi yang disediakan google yaitu Google Form untuk melakukan absensi secara online.

Namun kebanyakan dari para pengajar masih kebingungan terkait bagaimana cara membuat absensi siswa di Google Form. Nah untuk menjawab kebingungan tersebut, disini kami hadirkan tutorial mudah dan lengkal cara membuat absensi siswa menggunakan Google Form di HP maupun Komputer. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Baca juga : Soal dan Pembahasan Limit Fungsi Aljabar (TERLENGKAP)

Membuat Absensi Google Form di PC / Laptop

  1. Siapkan akun Google (Gmail)
  2. Masuk ke halaman Google Drive dan login
  3. Klik icon “+” bertuliskan “NEW” dibagian kiri atas halaman
  4. Setelah muncul pop up, kemudian klik “Google Form” (Untuk cara yang lebih mudah kamu bisa langsung masuk menuju link Google Form dan klik formulir baru)
  5. Setelah masuk halaman pengisian formulir, masukan judul dan deskripsi formulir sesuai kebutuhan (misal judul : Absensi Kelas 6B, deskripsi : Absensi mata pelajaran Matematika)
  6. Menambahkan kolom Nama Siswa : ubah jenis pertanyaan disebelah kanan disamping pertanyaan menjadi “Jawaban Singkat”, kemudian isi kolom pertanyaan dengan “Nama Siswa”
  7. Aktifkan fitur “Wajib diisi / Required” dibagian kanan bawah halaman (optional)
  8. Klik ikon “+” disebelah kanan halaman untuk menambahkan pertanyaan baru
  9. Menambahkan kolom Nomor Absen : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down”, kemudia isi kolom pertanyaan dengan nama “Nomor Absen”, lalu tambahkan nomer absensi sebanyak jumlah siswa pada pilihan opsi
  10. Menambahkan kolom kelas : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down” kemudian isi kolom pertanyaan dengan nama “Kelas”, lalu tambahkan kelas sebanyak jumlah kelas pada pilihan opsi
  11. Menambahkan kolom Hari : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down” kemudian isi kolom pertanyaan dengan nama “Hari”, lalu tambahkan hari sebanyak jadwal kelas yang diselenggarakan pada pilihan opsi
  12. Jika sudah selesai klik tombol “Kirim / Send” yang terletak dibagian header
  13. Pilih metode pembagian formulir absensi “Kirim melalui / Send via” dimana icon surat untuk pengiriman formulir melalui email, icon rantai untuk pengiriman dalam bentuk link/tautan, dan kamu juga bisa membagikan formulir melalui embed ke website.
  14. Selesai

Baca juga : Tutorial Cara Membuat Google Form Mudah & Lengkap

Membuat Absensi Google Form di HP / Smartphone

  1. Masuk menuju halaman Google Form
  2. Kamu akan langsung dibawa ke halaman pengisian formulir, lalu masukan judul dan deskripsi formulir sesuai kebutuhan
  3. Menambahkan kolom Nama Siswa : ubah jenis pertanyaan menjadi “Jawaban Singkat”, kemudian isi kolom pertanyaan dengan “Nama Siswa”, lalu aktifkan fitur “Wajib diisi / Required” (optional)
  4. Klik ikon bertuliskan “duplikasi” dibagian bawah halaman untuk menambahkan pertanyaan baru
  5. Menambahkan kolom Nomor Absen : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down”, kemudia isi kolom pertanyaan dengan nama “Nomor Absen”, lalu tambahkan nomer absensi sebanyak jumlah siswa pada pilihan opsi
  6. Menambahkan kolom kelas : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down” kemudian isi kolom pertanyaan dengan nama “Kelas”, lalu tambahkan kelas sebanyak jumlah kelas pada pilihan opsi
  7. Menambahkan kolom Hari : ubah jenis pertanyaan menjadi “Drop-down” kemudian isi kolom pertanyaan dengan nama “Hari”, lalu tambahkan hari sebanyak jadwal kelas yang diselenggarakan pada pilihan opsi
  8. Jika sudah selesai klik tombol berbentuk segitiga bertuliskan “Kirim / Send” yang terletak dibagian header
  9. Pilih metode pembagian formulir absensi “Kirim melalui / Send via” dimana icon surat untuk pengiriman formulir melalui email, icon rantai untuk pengiriman dalam bentuk link/tautan, dan kamu juga bisa membagikan formulir melalui embed ke website.
  10. Selesai
Untuk melihat hasil dari formulir yang telah kamu buat, kamu bisa melihat tutorialnya pada artikel yang telah kami buat sebelumnya tentang cara melihat hasil google form di hp dan laptop.

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga ulasannya bisa memudahkan kamu khususnya para pengajar dalam pembuatan formulir absensi secara online untuk para siswa. video Cara membuat absen di google form di hp untuk kehadiran, whatsapp, google classroom dengan tanda tangan.

Show comments