Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lengkap Share Screen Google Meet di Laptop & HP

Daftar Isi [show]

Cara Lengkap Share Screen Google Meet di Laptop & HP

Soalskul.com - Tutorial cara pakai aplikasi zoom meeting di Smartphone Android & Iphone. Hai guys, Setelah sebelumnya kami telah membahas terkait cara menggunakan dan membuat link di google meet, kali ini kami akan membahas salah satu topik yang banyak banget di request oleh temen-temen nih yaitu tentang cara melakukan share screen Google Meet menggunakan Komputer dan juga HP.

Tak heran, fitur share screen ini memang kerap kali digunakan olh orang-orang untuk bisa melakukan presentasi baik presentasi untuk para pelajar, presentasi materi oleh guru dan dosen, hingga presentasi untuk meeting online.

Namun bagi beberapa diantara kita yang masih baru dalam menggunakan aplikasi video conference yang satu ini, memang hal yang wajar bila kita sedikit kebingungan dalam menggunakan fitur ini.

Nah untuk membantu teman-teman semua agar bisa lebih produktif selama Work From Home, kali ini kami akan membahas secara lengkap dan mudah cara melakukan share screen baik Video, Word, Power Point, Excel, Halaman pada browser dll di Gmeet dengan menggunakan Laptop dan Handphone. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Baca juga : Cara Lengkap Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di HP Android & Iphone

Tutorial Lengkap Share Screen Google Meet di PC / Laptop

  1. Buka halaman Google Meet menggunakan browser
  2. Jika belum login, maka login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail yang kamu miliki
  3. Pada halaman utama pilih “New Meeting / Rapat Baru” untuk membuat room / meeting baru
  4. Akan muncul pop up yang berisi 3 pilihan rapat baru dan pilih sesuai yang kamu butuhkan
  5. Jika sudah memiliki kode / link meeting yang telah dibuat sebelumnya, masukan kode tersebut dibagian kolom pengisian kode atau link yang disediakan
  6. Klik “Presentasikan sekarang” dibagian kiri bawah halaman
  7. Akan muncul 3 opsi pilihan presentasi “Seluruh Layar Anda / Jendela / Tab” pilih sesuai kebutuhan
  8. Jika memilih opsi “Seluruh Layar Anda” maka kamu akan menampilkan seluruh halaman yang ada di dekstopmu kemudian klik “Bagikan / Share”. Opsi ini cocok banget untuk kamu yang ingin melakukan share screen saat melakukan split aplikasi.
  9. Jika memilih opsi “Jendela” maka kamu bisa menentukan aplikasi mana yang akan kamu tampilkan. Kemudian klik satu aplikasi / jendela yang ingin ditampilkan dan klik “Bagikan / Share”
  10. Jika memilih opsi “Tab” kamu akan menampilkan salah satu halaman yang dibuka pada browsermu. Kemudian klik salah satu halaman browser yang ingin dibagikan lalu klik “Bagikan / Share”. Jika kamu ingin menampilkan halaman browser yang memiliki video, jangan lupa ceklis “share Audio” di bagian kiri bawah pop up yang muncul saat kamu memilih salah satu halaman browser (optional).
  11. Selesai

Tutorial Lengkap Share Screen Google Meet di HP / Smartphone

  1. Instal Google Meet pada HPmu
  2. Setelah terinstal buka dan login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail yang kamu miliki
  3. Pada halaman utama pilih “New Meeting / Rapat Baru” untuk membuat room / meeting baru
  4. Akan muncul pop up yang berisi 3 pilihan rapat baru dan pilih sesuai yang kamu butuhkan
  5. Jika sudah memiliki kode / link meeting yang telah dibuat sebelumnya, masukan kode tersebut dibagian kolom pengisian kode atau link yang disediakan
  6. Klik titik 3 di bagiak kanan bawah layar kemudian klik “Share Screen”
  7. Berbeda dengan laptop, bila menggunakan HP kamu tidak akan ditawarkan opsi share screen, secara otomatis aplikasi akan melakukan share screen sesuai tampilan layarmu.
  8. Bila muncul pop up yang berisi peringatan bahwa orang-orang akan melihat semua yang ada dilayarmu klik “Star sharing”
  9. Selesai
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan, semoga ulasannya bisa membantu kalian selama melakukan meeting online. Bila ada yang kurang jelas, langsung tanya di kolom komentar ya!!. Cara menampilkan, melihat, share audio, screen video di, pada Google meet di, lewat hp dengan suara.

Show comments