Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAI YASTIS Padang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STAI Yayasan Tarbiyah Islamiyah Padang (TERBARU). Halo sobat skul, teramat senang perasaan kami karena bisa berjumpa lagi kali ini dengan tetap membawakan bahasan yang cukup menarik terkait daftar fakultas dan jurusan yang ada disemua kampus di Indonesia. Ditulisan yang kami paparkan sebelumnya telah banyak memberikan topik mengenai soal dan pembahasan tentang UM kedinasan dan juga soal UTBK.

Sebelum kita merambah dalam dunia kuliah, penting bagi setiap calon mahasiswa melakukan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahan dan juga lokasi kampusnya. Dengan kita berhasil masuk dalam jurusan dan kampus yang tepat, maka hal tersebut akan menuntun perkuliahan yang kita lalui nantinya agar berjalan dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan di stai yastis padang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memulai pembahasan mengenai daftar Jurusan yang ada di STAI YASTIS Padang, kami akan mengajak kalian untuk mengenal tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan penjelasan yang ada di KBBI, Jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Kimia, Farmasi, Akuntansi dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan penjelasan yang ada di KBBI, Fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Agama Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman, jadi Perguruan Tinggi (UII, UIN Yogyakarta, UMJ) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Kesehatan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Industri).

Tentang STAI YASTIS Padang

Bagi kita yang berada disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti UNP, UNBRAH, STIE KBP Padang dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang lokasinya berada di Kota Padang yaitu ada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Tarbiyah Islamiyah Padang atau lebih akrab disebut dengan singkatan STAI YASTIS.

STAI YASTIS Padang merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini lokasi tepatnya berada di Jl. Pramika 4 No.2, Khatib Sulaiman, Lolong Belanti, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

STAI YASTIS Padang didirikan pada tanggal 10 April 1997 yang berada dibawah naungan Yayasan Tarbiyah Islamiyah Padang (YASTIS). Pada awal berdirinya kampus ini dinamakan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Kemudian sejak 4 April 1994, YASTIS menerima mandat untuk membina dan mengelola STIT oleh DPD Tk. I Persatuan Tarbiyah Islamiyah Sumatera Barat.

Berdasarkan SK Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam tertanggal 10 April 1997 STIT dilakukan perubahan nama menjadi STAI YASTIS. Saat ini STAI YASTIS bernaung dibawah KOPERTAI Wilayah VI Sumatera Barat-Kerinci berdasarkan SK Menteri Agama RI tertanggal 30 Januari 2006.

Daftar Jurusan Di STAI YASTIS Padang

Sampai sekarang STAI YASTIS Padang hanya membuka sebanyak 2 Program Studi. Berikut adalah daftar Jurusan yang dibuka oleh Sekolah Tinggi Agama Islam YASTIS Padang.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

STAI YASTIS Padang merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di STAI YASTIS Padang yang setiap tahunnya selalu meningkat. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STAI Yayasan Tarbiyah Islamiyah Padang.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. stai padang, jurusan yang ada di, jurnal, logo, pendaftaran stai yastis padang, universitas islam, uin yang ada di sumatera barat, perguruan tinggi islam, universitas di padang dan jurusannya.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments