Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ITP Padang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Teknologi Padang (TERBARU). Hei sahabat skul, senang rasanya bisa teteap ada disini menghadirkan informasi yang harapan kami semoga topik yang dibawakan bisa bermanfaat untuk kita semua. Dibeberapa artikel sebelumnya kami juga telah memaparkan informasi yang tak kalah menarik yaitu membahas tentang soal dan pembahasan UM Kedinasan dan UTBK.

Penting kita lakukan saat memilih Jurusan yang tepat sebelum kita masuk kedalam lingkungan kuliah. Dengan kita menjadi bagian Prodi yang tepat, maka hal tersebut akan menjadikan perkuliahan yang kita jalankan berjalan dengan maksimal.

Selain Jurusan, menentukan Universitas juga penting untuk kita pilih. Dengan kita menjadi bagian kampus yang tepat dalam artian biaya kuliah yang sesuai dengan keuangan dan lokasi kampus yang seperti keinginan kita, maka itu akan membantu kita dalam menjalankan perkuliahan dengan lancar dan nyaman.

daftar fakultas jurusan itp padang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk dalam topik utamanya yang mengulik tentang daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Teknologi Padang yang ada di Kota Padang ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit mengenal apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai arti yang tertera dalam KBBI, Jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Astronomi, Seni Kriya, Pariwisata dsb.

2. Fakultas

Sesuai arti yang tertera dalam KBBI, Fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi, Teknik Elektro dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ITB, UI, ITS) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Desain Produk, Desain Interior, DKV).

Tentang Institut Teknologi Padang

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Sumatera Barat, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana seperti PNP, UMMY, Politani Payakumbuh dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada Institut Teknologi Padang atau sering disebut dengan singkatan ITP.

Institut Teknologi Padang adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jl. Kandis Raya No.6, RW.RT 02, Kp. Olo, Kec. Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Institut Teknologi Padang merupakan Perguruan Tinggi Teknik tertua di Kota Padang. ITP berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang yang mana cikal bakal kampus ini bermula dari Kursus Ahli Teknik (KAT).

Pada tahun 1973 kursus ini berkembang menjadi akademi yang kemudian dinamakan Akademi Teknik Padang (ATP) berdasarkan SK Yayasan Pendidikan Teknologi Padang tertanggal 21 Februari 1973.

pada tahun 1987 ATP diubah namanya kembali menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP). kemudian pada tahun 2002 STTP berkembang menjadi Institut Teknologi Padang (ITP) berdasarkan SK Mendiknas RI.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ITP Padang

Hingga kini ITP Padang membuka sebanyak 2 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Prodi yang cukup bervariasi mulai dari Diploma hingga Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di ITP Padang.

1. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Mesin 
  • S1 Teknik Elektro 
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S1 Teknik Sipil 
  • S1 Teknik Geodesi 
  • S1 Teknik Informatika 

2. Fakultas Vokasi
  • D3 Teknologi Listrik 
  • D3 Teknik Sipil 
  • D3 Teknik Mesin 

ITP Padang merupakan kampus yang berprestasi, maka tak heran persaingan di ITP Padang setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan hadirnya pembahasan ini semoga bisa menambahkan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Padang.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. yayasan pendidikan teknologi padang, akreditasi, rektor, jurusan, npsp, biaya kuliah institut teknologi padang, biaya kuliah, brosur, alumni, pendaftaran, akreditasi itp padang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments