Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ISTP Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Sains dan Teknologi TD Pardede Medan (TERBARU). apa kabar sobat skul, senang rasanya karena sampai hari ini kita masih bisa tetap konsisten menghadirkan artikel yang harapan kami pembahasannya bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada tulisan yang kini kami bawakan akan membahas tentang daftar fakultas serta jurusan disemua universitas di Indonesia. Sebelum ini kami juga telah membuat tulisan yang isinya tentang soal dan pembahasan UTBK dan Ujian Mandiri.

Hal yang sangat penting harus calon maba lakukan sebelum berkecimpung dalam dunia perkampusan yaitu menentukan Jurusan kuliah dengan tepat. Dengan kita bergabung dengan Jurusan yang sesuai dalam arti jurusan yang kita pilih sesuai dengan bidang yang kita sukai, maka itu akan membantu kita dalam melancarkan berjalannya perkuliahan.

Bukan hanya saat memilih Prodi, tetapi dalam memilih Universitas kita juga harus menyiapkan pilihan itu dengan cermat dan matang. Akan ada banyak keuntungan bila kita berhasil menjadi bagian Universitas yang tepat dalam arti lokasi dan biaya kuliahnya yang sesuai dengan keinginan dan keadaan kita, dengan pilihan tepat tersebut maka akan membantu mempermudah kita dalam melakoni pendidikan.

daftar fakultas jurusan istp medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan pada pembahasan utama kita yang membahas tentang daftar Fakultas dan Jurusan di ISTP Medan yang ada di Kota Pematang Siantar ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Menurut pengertian yang dipaparkan oleh KBBI, jadi Jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Geologi, Seni Musik, DKV dsb.

2. Fakultas

Menurut pengertian yang dipaparkan oleh KBBI, jadi Fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Desain Interior, Perencanaan Wilayah dan Kota dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNNES, UNY, UNSRI) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Psikologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Sistem Informasi).

Tentang Institut Sains dan Teknologo TD Pardede

Untuk kita yang tinggal di Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan Perguruan Tinggi yang menjadi favorit disana yaitu ada AMIK MBP, UTND, IKIP Gunungsitoli dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada Institut Sains dan Teknologi TD Pardede atau sering disebut dengan singkatan ISTP.

ISTP Medan adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Asuhan, Kec. Siantar Timur, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia.

ISTP Medan merupakan salah satu Institut Teknik tertua di Sumatera Utara. Selain Universitas Darma Agung, Kampus ini juga merupakan hasil dari kerja keras TD Pardede (TD Pardede Foundation) hingga kampus ini sering disebut sebagai "Adiknya Universitas Darma Agung".

Tahun 1961 didirikannya pendidikan tinggi pertama yang dirintis oleh Yayasan TD Pardede yaitu Akademi Tekstil Pardede (ATP) yang mana ini menjadi cikal bakal berdirinya ISTP. Pada tahun 1979 ATP masuk menjadi salah satu fakultas pada Universitas Darma Agung yaitu Fakultas Teknologi Industri Tekstil (FTIT).

Sejak tahun 1984 FTIT diganti menjadi Fakultas Teknologi Industri (FTI). Pada tanggal 1 Juni 1987 kemudian dibukalah Institut Teknologi T.D Pardede (ITP) dengan tiga fakultas didalamnya yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil, dan Perencanaan Fakultas Teknologi Mineral. Pada tanggal 19 Juni 1989 nama Institut Teknologi T.D Pardede diubah namanya dan ditetapkan menjadi Institut Sains dan Teknologi T.D Pardede (ISTP).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ISTP

Hingga kini ISTP membuka sebanyak 3 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Diploma hingga Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di ISTP Sumatera Utara.

1. Fakultas Teknologi Mineral
  • S1 Teknik Geologi
  • S1 Teknik Pertambangan

2. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • D3 Desain Interior
  • S1 Teknik Arsitektur
  • S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

3. Fakultas Teknologi Industri
  • D3 Manajemen Informatika
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Elektro

ISTP Medan merupakan kampus yang berprestasi, salah satunya ialah dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut membuat persaingan di ISTP selalu melonjak. Dengan adanya pembahasan ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Sains dan Teknologi TD Pardede.

Itulah pemaparan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. portal istp login, institut teknologi medan, brosur, dosen, no telp, jurusan, pendaftaran, akreditasi istp medan, akademik istp ac id, akreditasi institut sains dan teknologi td pardede.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments