Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Simalungun 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Simalungun / USI (TERBARU). Hei sahabat skul, sangat senang rasanya karena hingga kini kami masih bisa untuk tetap konsisten menyajikan tulisan yang harapan kami bisa bermanfaat bagi kita semua. Pada tulisan yang kami sajikan sebelumnya banyak membahas mengenai soal UTBK dan soal Ujian Mandiri diberbagai kampus. Untuk artikel ini topik yang akan kami berikan yaitu mengenai daftar fakultas dan jurusan diuniversitas Negeri ataupun Swasta diseluruh Indonesia.

Penting bagi kita sebelum memulai berkuliah untuk menyiapkan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahan. Dengan jurusan kuliah yang tepat makan hal itu akan sangat membantu kita memaksimalkan jalannya perkuliahan. Jurusan yang tepat berarti adalah Jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kita. 

Selain Jurusan, dalam menentukan Universitas juga harus menjadi pertimbangan yang kita pikirkan dengan matang. Karena dengan kita berada dalam Universitas yang tepat dalam artian tepat atas lokasi dan biaya kuliahnya, maka hal itu akan membantu melancarkan studi kita.

daftar fakultas jurusan universitas simalungun

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Simalungun yang ada di Kota Pematang Siantar ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Menurut KBBI, Jurusan mempunyai pengertian "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tersebut bisa diartikan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Perhotelan, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, Fakultas mempunyai pengertian "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Perancangan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Arsitektur dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (UNAIR, UNUD, UB) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknologi Informasi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Sejarah, Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Biologi).

Tentang Universitas Simalungun

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti akan tidak asing dengan deretan nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UDA, ITM, UISU dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang tepatnya berada di Kota Pematang Siantar yaitu Universitas Simalungun atau disingkat USI.

Universitas Simalungun adalah kampus yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jl. Sisingamangaraja Barat, Bah Kapul, Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia.

Universitas Simalungun merupakan kampus yang berada dibawah naungan Yayasan Universitas Simalungun yang mana yayasan ini didirikan tahun 1966. Berdirinya kampus ini diprakarsai oleh Bupati Simalungun tahun 1965 bersama dengan pemerintah Kota Pematangsiantar. Pada awal berdirinya kampus ini baru membuka sebanyak tiga fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di USI

Sampai sekarang USI  membuka sebanyak 5 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana, hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Simalungun.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Sejarah

2. Fakultas Ekonomi

  • S1 Manajemen
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Akuntansi
  • S2 Manajemen

3. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum
  • S2 Ilmu Hukum      

4. Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis
  • S1 Kehutanan
  • S1 Teknologi Hasil Pertanian

5. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

USI merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di USI Pematang Siantar selalu naik. Dengan adanya tulisan ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Simalungun.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. rektor, jurnal, logo, biaya kuliah di universitas simalungun, pasca sarjana, wisuda, alamat usi siantar, skripsi, dosen, alamat, brosur universitas simalungun, universitas dipemetang siantar.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments