Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ITM Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Teknologi Medan (TERBARU). Halo sahabat skul, senang rasanya karena sampai sekarang kami masih bisa tetap konsisten menyajikan tulisan yang harapannya bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Pada tulisan yang kami buat sebelumnya banyak menginfokan tentang soal Ujian Mandiri dibeberapa kampus dan juga soal UTBK. Untuk artikel ini topik yang akan kami sampaikan mengenai daftar fakultas dan jurusan diuniversitas Negeri / Swasta diseluruh Indonesia.

Sebelum mulai berkuliah, kita harus menyiapkan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahannya. Saat menentukan Jurusan, kita harus memikirkannya dengan tepat dan cermat dalam artian Jurusan yang kita pilih sesuai dengan bidang yang kita kuasai sehingga dengan hal tersebut akan memaksimalkan jalannya studi yang akan kita tempuh.

Bukan hanya Prodi, dalam memilih Perguruan Tinggi juga harus kita lakukan dengan tepat dan cermat. Dengan kita masuk dalam kampus yang sesuai dalam artian sesuai atas biaya kuliah yang cocok dengan keuangan kita dan sesuai atas lokasinya yang seperti kita inginkan. Dengan kita memperoleh kampus yang tepat tersebut, hal itu akan melancarkan jalannya pendidikan kita.

daftar fakultas jurusan itm medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk topik bahasannya terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Teknologi Medan yang ada di Kota Medan ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Menurut KBBI, Jurusan mempunyai arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tersebut bisa diartikan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Teknik Bioproses, Teknik Geologi, Agribisnis dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, Fakultas mempunyai arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Perancangan Wilayah dan Kota, Teknik Arsitektur dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (ITB, UNNES, UNIDA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Informasi, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknologi Industri Pertanian, Teknik Pertanian, Teknik Hasil Pertanian).

Tentang Institut Teknologi Medan

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UISU, UHN, POLIMED dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang tepatnya berada di Kota Medan yaitu Institut Teknologi Medan atau lebih akrab disebut dengan singkatan ITM.

Institut Teknologi Medan adalah kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jl. Gedung Arca No.52, Teladan Barat, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Institut Teknologi Medan berada dibawah naungan sebuah yayasan yaitu Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan. Pada mulanya ITM bernama  Akademi Teknik Dwiwarna. Kemudian pada 27 Mei 1963 kampus ini mengalami perubahan nama menjadi Institut Teknologi Sumatera (ITS).

Kemudian Pada tanggal 28 Agustus 1976 kampus ini dirubah namanya kembali menjadi Sekolah Tinggi Teknik Medan (STTM). Lalu akhirnya tanggal 4 Mei 1984 kampus ini diubah menjadi nama  Institut Teknologi Medan (ITM) dan tidk mengalami perubahan nama kembali sampai sekarang.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ITM

Sampai sekarang ITM membuka sebanyak 3 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai yang seluruhnya merupakan Program Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Medan.

1. Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan (FTSP)
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Arsitektur
  • S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) / Planologi

2. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Informatika

3. Fakultas Teknologi Mineral (FTM)

  • S1 Teknik Geologi
  • S1 Teknik Pertambangan

ITM merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di ITM Medan selalu meningkat. Dengan adanya tulisan ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Medan.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. logo, beasiswa, pasca sarjana, kelas karyawan, kalender akademik, teknik geologi, sipil itm, universitas teknik, kuliah perpajakan di medan, biaya kuliah arsitektur, akreditasi istp medan , akreditasi universitas istitut teknologi sumatera, biaya kuliah institut teknologi medan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments