Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UMN Al Washliyah 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (TERBARU). Hai sahabat skul, teramat senang perasaan kami karena hingga kini kami masih bisa untuk tetap konsisten menyajikan tulisan yang bermanfaat untuk kita semua. Dibeberapa tulisan yang kami sajikan sebelumnya banyak membahas mengenai soal UTBK dan soal Ujian Mandiri diberbagai kampus. Topik yang kami berikan kali ini yaitu terkait daftar fakultas dan jurusan diuniversitas Negeri ataupun Swasta diseluruh Indonesia.

Hal yang penting bagi kita sebelum berkuliah untuk menyiapkan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahan. Dengan Jurusan yang tepat makan hal itu akan sangat membantu kita dalam memaksimalkan jalannya perkuliahan. Jurusan yang tepat berarti Jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. 

Bukan hanya Jurusan, menentukan Universitas harus menjadi pertimbangan yang kita pikirkan dengan matang. Karena dengan kita berada dalam Universitas yang sesuai dalam artian sesuai atas lokasi dan biaya kuliahnya, maka hal itu akan membantu melancarkan berjalannya studi kita.

daftar fakultas jurusan umn al washliyah

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas topik terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muslim Nusantara yang ada di Kota Medan ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Menurut KBBI, Jurusan mendapatkan arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tersebut bisa diartikan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Pendidikan Matematika, Farmasi, Sastra Inggris dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, Fakultas mendapatkan arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan PKN, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (UII, UINSU, UB) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, FMIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Agribisnis, Agroteknologi).

Tentang Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti akan tidak asing dengan deretan Universitas yang menjadi favorit disana yaitu ada UDA, POLIMED, USI dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang tepatnya berada di Kota Medan yaitu Universitas Muslim Nusantara atau disingkat UMNAW / UMN Medan.

Universitas Muslim Nusantara adalah kampus yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jl. Garu II A, Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Pada mulanya UMN Medan merupakan salah satu dari Fakultas (FKIP) di Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 22 Januari 1981 FKIP UNIVA melebarkan sayapnya dengan mengubah nama menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Washliyah Medan.

Kemudian dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 24 September 1983 STKIP Al Washliyah Medan dikembangkan menjadi  IKIP Al Washliyah. Berdasarkan SK Mendikbud tertanggal 11 Maret 1990 berdirilah sebuah Akademi lagi yaitu Akademi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (A-MIPA) Al Washliyah.

Kemudian berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 8 Agustus 1996, IKIP Al Washliyah dan A-MIPA Al Washliyah Medan digabungkan menjadi Universitas Muslim Nusantara (UMN).

Tertanggal 8 Februari 2002 nama Universitas Muslim Nusantara diubah menjadi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN Al Washliyah). Kampus ini memiliki 6 Fakultas diantaranya Fakultas Hukum, Ekonomi, Sastra, Pertanian, MIPA, FKIP. Tertanggal 23 Mei 2008 UMN Medan diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk membuka Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UMNAW

Sampai sekarang UMN Medan membuka sebanyak 6 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Profesi, Sarjana, hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Pendidikan Profesi Guru
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan PKN
  • S1 Pendidikan Guru SD
  • S1 Pendidikan Guru PAUD
  • S1 Pendidikan Bimbingan dan Konseling
  • S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S2 Pendidikan Matematika

2. Fakultas MIPA

  • S1 Farmasi

3. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

4. Fakultas Ekonomi

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

5. Fakultas Sastra

  • S1 Sastra Inggris

6. Fakultas Pertanian

  • S1 Agribisnis

UMNAW merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di UMNAW selalu naik. Dengan adanya tulisan ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muslim Nusantara

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. kepanjangan umn medan, sister, sejarah perpustakaan, nama dosen, biaya kuliah di universitas muslim nusantara, sejarah, biaya kuliah, kelas karyawan, jurusan di umn al washliyah medan dan akreditasinya, cara mengisi krs online, terjemahan pusba umnaw, universitas jurusan dkv di medan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments