Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP Muhammadiyah Abdya 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya (TERBARU). Hello sahabat skul, teramat senang rasanya karena sampai detik ini kami masih tetap bisa konsisten menghadirkan pembahasan yang topiknya kami harap bisa berguna untuk kita semua. Pada beberapa topik sebelumnya, kami telah menulis mengenai soal UM kedinasan dan soal UTBK. Sama seperti sebelumnya, pembahasan yang kami muat sekarang masih dalam topik yang sama yaitu membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan diseluruh Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. 

Satu hal yang harus menjadi pertimbangan kita sebelum melangkah kejenjang yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan yaitu perkuliahan yang mana kita harus melakukan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahan. Dengan kita masuk dalam Jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita, hal itu akan menjadikan sebuah penentu bagaimana nantinya kita dalam perkuliahan dan pekerjaan seperti apa yang akan kita peroleh.

Selain cermat dalam menentukan Program Studi, hal lain yang tak kalah penting harus kita pertimbangkan pilihannya yaitu dalam menentukan Universitas. Menentukan Universitas yang sesuai berarti kita memilih universitas yang tepat atas lokasi kampus yang sesuai dengan tempat yang kita inginkan dan tentu saja hal yang paling penting terkait biaya kuliah yang sesuai dengan keuangan kita. Dengan kita berada dalam kampus yang tepat maka hal itu akan menjadi modal untuk melancarkan berjalannya perkuliahan kita dalam hal kenyamanan dan tentu saja biaya.

daftar jurusan stkip muhammadiyah abdya

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menuju pada topik utama kita mengenai daftar Jurusan di STKIP Muhammadiyah Abdya, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal sedikit mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI definisi jurusan merupakan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Teknik Pertambangan dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI definisi fakultas merupakan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas SAINTEK yang didalamnya terdapat Jurusan Sistem Infotmasi, Biologi, Matematika dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (USU, UNHAS, UNAYA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen Pembangunan, Perbankan Syariah, Akuntansi).

Tentang STKIP Muhammadiyah Abdya

Bagi kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Aceh, akan tidak asing dengan jajaran nama kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UNSYIAH, UNIDA Aceh, Universitas Serambi dsb. Namun selain kampus tadi, ada lagi satu kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasi tepatnya berada di Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu ada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Aceh Barat Daya atau lebih akrab disebut dengan singkatan STKIP MU Abdya.

STKIP Muhammadiyah Abdya merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2009. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Ujung Padang, Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Indonesia.

STKIP Muhammadiyah Abdya diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2009. Peresmian tersebut dilaksanakan setelah dikeluarkannya Izin Operasi kampus ini tertanggal 2 Juni 2009. Pada awal berdirinya kampus ini telah membuka 2 Program Studi yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Daftar Jurusan Di STKIP Muhammadiyah Abdya

Hingga sekarang STKIP Muhammadiyah Abdya hanya membuka sebanyak 2 Program Studi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di STKIP Muhammadiyah Abdya.
  1. S1 Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi B)
  2. S1 Pendidikan Matematika (Terakreditasi C)

STKIP Muhammadiyah Abdya merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan terlihat dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di STKIP ini setiap tahunnya selalu melonjak naik. Adanya artikel ini kami berharap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP Muhammadiyah Abdya.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments