Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIT Muhammadiyah Abdya 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya (TERBARU). Hallo sahabat skul, sangat senang rasanya karena sampai detik ini kami masih bisa konsisten menghadirkan artikel yang kami harap bisa berguna untuk kita semua. Pada beberapa topik sebelumnya, kami telah memberikan bahasan mengenai soal UM kedinasan dan soal UTBK. Pada pembahasan yang kami muat sekarang masih dalam topik yang sama seperti sebelumnya yaitu membahas terkait daftar fakultas dan jurusan diseluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. 

Satu hal yang harus menjadi pertimbangan calon maba sebelum melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan yaitu perkuliahan yang mana kita harus cermat dalam memilih Jurusan perkuliahan. Dengan kita masuk dalam Jurusan yang sesuai dengan bidang kita, hal itu akan menjadikan sebuah penentu bagaimana nantinya studi kita dan pekerjaan seperti apa yang akan kita peroleh.

Selain cermat dalam memilih Program Studi, calon mahasiswa baru juga harus mempertimbangkan pilihannya dalam menentukan Universitas. Menentukan Universitas yang sesuai berarti kita memilih universitas yang tepat terkait lokasi kampus yang sesuai dengan tempat yang kita mau dan tentu saja hal yang paling penting yaitu terkait biaya kuliah yang sesuai dengan perekonomian kita. Dengan kita masuk kedalam kampus yang tepa,t maka itu akan menjadi modal bagi kita untuk melancarkan berjalannya perkuliahan dalam hal kenyamanan dan tentu saja biaya.

daftar jurusan stit muhammadiyah abdya

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memulai topik utama kita mengenai daftar Jurusan di STIT Muhammadiyah Abdya, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal sedikit mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI definisi jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kimia, Arsitektur, Desain Interior dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI definisi fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknologi Kelautan yang didalamnya terdapat Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UMJ, UMP, UNSYIAH) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Sains, Fakultas Kehutanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Matematika, Statistika, Aktuaria).

Tentang STIT Muhammadiyah Abdya

Bagi kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Aceh, akan tidak asing dengan jajaran kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada UNAYA, UNSYIAH, STT BCI dsb. Namun selain kampus tadi, ada lagi satu kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasi tepatnya berada di Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu ada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Aceh Barat Daya atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIT MU Abdya.

STIT Muhammadiyah Abdya merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Komplek Padang Merante, Ujung Padang, Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Indonesia.

STIT Muhammadiyah Abdya bisa dibilang merupakan salah satu kampus muda yang ada di Indonesia diaman kampus ini mulai didirikan pada awal tahun 2005. Untuk mempersiapkan berdirinya kampus ini, maka pimpinan daerah muhammadiyah melalui majelis dikti membentuk sebuah panitia yang berasal dari kalangan tokoh muhammadiyah.

Atas kerja keras panitia dalam mempersiapkan berdirinya kampus ini, akhirnya pada 30 April 2007, Dirjen Pendidikan Islam mengeluarkan izin operasi terhadap STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya.

Daftar Jurusan Di STIT Muhammadiyah Abdya

Hingga saat ini STIT Muhammadiyah Abdya hanya membuka sebanyak 2 Program Studi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di STIT Muhammadiyah Abdya.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam (Terakreditasi C)
  2. S1 Manajemen Pendidikan Islam (Terakreditasi C)

STIT Muhammadiyah Abdya adalah satu dari banyak kampus yang cukup berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan terlihat dimana kampus ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di STIT ini yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIT Muhammadiyah Abdya.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments