Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNMUHA Aceh (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Muhammadiyah Aceh (TERBARU). Hei sahabat skul, senang rasanya hingga sekarang kami masih tetap konsisten membawakan informasi yang kami harap bisa berguna untuk kita semua. 

Pertemuan ini topik yang kami ambil masih melanjutkan tulisan yang sama seperti sebelumnya yaitu mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas baik Negeri hingga Swasta di Indonesia. Dibeberapa ulasan lain, kami juga telah memaparkan tulisan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Suatu hal yang harus kita persiapkan sebelum masuk kuliah yaitu kita harus mempersiapkan pilihan yang tepat atas jurusan kita. 

Dengan Jurusan yang sesuai maka hal itu yang akan menjadi penentu tentang bagaimana nantinya studi yang kita tempuh dan bagaimana pekerjaan yang akan kita peroleh.

Selain Jurusan / Program Studi, menentukan Universitas juga harus kita persiapkan dengan pilihan yang tepat. 

Masuk dalam Universitas yang tepat berarti kita memilih kampus yang tepat terkait biaya kuliah yang sesuai dengan keuangan kita dan tepat atas letak kampus yang sesuai dengan cita-cita kita. Dengan kita berada dalam kampus yang tepat diharapkan hal itu akan mendukung jalannya perkuliahan kita.

daftar fakultas jurusan unmuha aceh

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menuju topik bahasan kita mengenai daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Aceh, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan memiliki definisi sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Perhotelan, Kesehatan Masyarakat, Psikologi dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas memiliki definisi sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ekonomi yang didalamnya terdapat Jurusan Akuntansi, Manajemen, Kewirausahaan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UMP, UMY, UMJ) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Syariah, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Agama Islam).

Tentang Universitas Muhammadiyah Aceh

Untuk kita yang lokasinya disekitar Provinsi Aceh, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu UMUSLIM, UNIMAL, dan STKIP BBG. Namun selain kampus tersebut, ada lagi salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Banda Aceh yaitu ada Universitas Muhammadiyah Aceh atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNMUHA.

UNMUHA merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 11 Maret 1987. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Muhammadiyah No.91, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Pada mulanya kampus ini merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Banda Aceh yang yang sudah berdiri sejak tahun 1969.

Berdasarkan Surat Keputusan PWM Aceh maka dibentuklah sebuah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Muhammadiyah. Atas kerja keras panitia ini akhirnya usulan yang diajukan pada Kopertis Wilayah I Medan mendapatkan hasil yang positif dengan keluarnya sebuah izin operasi Nomor 094/SK.PPS/Kop.I/1986, tertanggal 24 Januari 1987.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNMUHA

Hingga sekarang UNMUHA membuka sebanyak 7 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Diploma, Sarjana, hingga Magister. Berikut ini merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Aceh.

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Ekonomi

  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S1 Bisnis Digital
  • S1 Kewirausahaan

3. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Arsitektur

4. Fakultas Agama Islam

  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Perbankan Syariah

5. Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

6. Fakultas Psikologi

  • S1 Psikologi

7. Fakultas Vokasi

  • D3 Fisiotrapi
  • D3 Perhotelan

UNMUHA merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di UNMUHA Aceh yang setiap tahunnya semakin meningkat. 

Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Aceh.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini.stikes muhammadiyah aceh, biaya, fakultas hukum, sejarah, npsn, kode, akreditasi universitas muhammadiyah aceh, logo fkm, pustaka unmuha, spp, repository, kalender akademik unmuha aceh, ksr, data mahasiswa, visi misi, dekan fkm, fakultas ekonomi unmuha aceh, dosen, perbankan syariah,pengumuman, pendaftaran unmuha.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments