Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan Di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh (TERBARU). Hello sahabat skul, begitu senang rasanya karena hingga sekarang ini kami masih tetap konsisten menghadikan informasi yang berguna untuk kita semua. Pembahasan yang kami ambil masih melanjutkan bahasan yang sama seperti sebelumnya yaitu terkait daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas baik Negeri hingga Swasta di Indonesia. Pada beberapa ulasan lainnya, kami juga telah memaparkan informasi mengenai soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Ada satu hal yang harus kita pikirkan dengan matang sebelum berkuliah yaitu kita harus tepat dalam menentukan Jurusan perkuliahan. Dengan Jurusan perkuliahan yang tepat maka hal itu akan menentukan bagaimana nantinya jalannya studi kita dan bagaimana pekerjaan yang akan kita peroleh setelah lulus.

Selain memilih Jurusan, memilih Universitas juga harus kita lakukan dengan tepat. Memilih kampus dengan tepat berarti kita memilih kampus yang tepat terkait letak kampus yang sesuai dengan cita-cita kita dan biaya kuliah yang sesuai dengan perekonomian kita. Dengan kita berada dalam Universitas yang tepat diharapkan hal itu akan mendukung jalannya perkuliahan kita dalah hal biaya dan kenyamanan.

daftar fakultas jurusan stain meulaboh

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan pembahasan kita mengenai daftar Jurusan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan yang artinya "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Budidaya Perairan, Perbankan Syariah, Ilmu Hukum dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan yang artinya "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang didalamnya terdapat Jurusan Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, PGSD dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UNSAM, USU, UIN Bandung) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (FIDIKOM, Fakultas Kelautan, Fakultas Kedokteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Mesin).

Tentang STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

Untuk kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Aceh, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu UTU, UMUSLIM, dan STIE Lhokseumawe. Namun selain kampus tersebut, ada lagi salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kabupaten Aceh Barat yaitu ada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh atau lebih akrab disebut dengan singkatan STAIN Meulaboh.

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 19 September 2014. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Indonesia.

Awal berdirinya kampus ini tak lepas dari campur tangan Yayasan Pendidikan Teungku Chik Dirundeng Meulaboh yang didirikan pada tahun 1984. Yayasan ini didirikan dengan maksud mewujudkan cita-cita masyarakat Aceh Barat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi.

Langkah awal yang dilakukan yayasan ini adalah mendirikan "Sekolah Pembangunan Pertanian" dan juga "Akademi Pertanian Meulaboh" yang kemudian mereka berdua disatukan dan dirubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Teungku Chik Dirundeng Meulaboh.

Yayasan ini merasa perlu mendirikan mendirikan sebuah pendidikan tinggi agama untuk mengimbangi beberapa sekolah tinggi yang dibangun dan dirasa keilmuannya masih umum, kemudian pada tanggal 2 Januari 1985 dibukalah sebuah Fakultas Tarbiyah yang mana fakultas ini berada dibawah Yayasan Pendidikan Teungku Chik Dirundeng Meulaboh.

Berdasarkan SK Menteri Agama RI tahun 1990, Fakultas Tarbiyah dirubah dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Teungku Dirundeng Meulaboh. Kemudian pada tahun 2003 STIT mengalami perubahan status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teungku Dirundeng.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Agama RI tertanggal 19 September 2014 maka dilakukan perubahan status kembali kampus ini menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh.

Daftar Jurusan Di STAIN Teungku Dirundung Meulaboh

Hingga sekarang STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh membuka sebanyak 12 Program Studi yang cukup bervariasi. Berikut ini merupakan daftar Jurusan yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

  1. S1 Prodi Pendidikan Agama Islam
  2. S1 Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  3. S1 Prodi Manajemen Pendidikan Islam
  4. S1 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  5. S1 Prodi Tadris Bahasa Inggris
  6. S1 Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  7. S1 Prodi Perbankan Syariah
  8. S1 Prodi Hukum Pidana Islam (Jinayah)
  9. S1 Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah)
  10. S1 Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
  11. S1 Prodi Pengembangan Masyarakat Islam
  12. S1 Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang setiap tahunnya selalu meningkat. Adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. uin, stain adalah, iain, universitas stain, ketua, akreditasi, jurusan stain meulaboh, jurusan yang ada di utu meulaboh, siakad stimi meulaboh ac id, login, pendaftaran ulang, e learning stain tdm.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments