Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IAIN Lhokseumawe 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di IAIN Lhokseumawe Aceh (TERBARU). Hello sahabat skul, begitu senang rasanya karena hingga sekarang ini kami masih bisa tetap konsisten membawakan informasi yang kami harap dapat berguna untuk kita semua. Kali ini topik yang kami ambil masih melanjutkan pembahasan yang sama seperti sebelumnya yaitu terkait daftar fakultas dan jurusan disemua Universitas baik Negeri hingga Swasta di Indonesia. Pada beberapa ulasan lain, kami juga sudah memaparkan bahasan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Suatu hal yang harus kita pikirkan sebelum masuk kampus yaitu kita harus tepat dalam menentukan Jurusan perkuliahan. Dengan Jurusan yang tepat maka hal itu yang akan menentukan bagaimana nantinya studi yang kita tempuh dan bagaimana pekerjaan yang akan kita dapatkan.

Selain Jurusan, dalam menentukan Universitas juga harus kita pilih dengan tepat. Memilih Universitas dengan tepat berarti kita memilih kampus yang tepat terkait biaya kuliah yang sesuai dengan perekonomian kita dan letak kampus yang sesuai dengan cita-cita kita. Dengan kita berada dalam Universitas yang tepat diharapkan hal itu akan mendukung jalannya perkuliahan kita.

daftar fakultas jurusan iain lhokseumawe

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk bahasan kita mengenai daftar Fakultas dan Jurusan di IAIN Lhokseumawe, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan didefinisikan dengan makna "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan PGSD, Perbankan Syariah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas didefinisikan dengan makna "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Syariah yang didalamnya terdapat Jurusan Astronomi Islam, Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UNILA, UNHAS, UIN Yogyakarta) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Syariah, Fakultas Kehutanan, Fakultas Psikologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Tadris Matematika, Tadris Bahasa Indonesia).

Tentang IAIN Lhokseumawe

Untuk kita yang lokasinya berada disekitar Kota Lhokseumawe, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu UNIMAL, dan STIE Lhokseumawe. Namun selain kampus tersebut, ada lagi salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Lhokseumawe yaitu ada Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe atau lebih akrab disebut dengan singkatan IAIN Lhokseumawe.

IAIN Lhokseumawe merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tahun 2016. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Banda Aceh-Medan, Buket Rata, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh, Indonesia.

Padamulanya kampus ini merupakan bentuk transformasi dari Akademi Ilmu Agama (AIA). Pada tanggal 24 Mei 1972 disepakati perubahan nama AIA menjadi Perguruan Tinggi Malikussale (PERTIM). Sekitar tahun 1980an kampus ini dirubah lagi namanya menjadi Perguruan Tinggi Pendidikan Malikussaleh yang berada di bawah yayasan Pendidikan Malikussaleh.

Sekitar tahun 1991/1992 dirubah kembali status kampus ini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS). Selanjutnya pada tahun 1996 dilakukan perubahan nama kembali menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh (STAIM).

Dilakukan upaya persiapan untuk merubah status kampus ini menjadi negeri. Dengan ditandatanganinya Keputusan Presiden tertanggal 5 Januari 2005 maka kampus ini resmi berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe.

Dengan terbitnya Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2016 dilakukan pengkonversian status kembali kampus ini menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAIN Lhokseumawe

Hingga sekarang IAIN Lhokseumawe membuka sebanyak 4 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana hingga Magister. Berikut ini merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Lhokseumawe.

Program Sarjana

1. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Tadris Matematika
  • S1 Tadris Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Pendidikan Anak Usia Dini
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • S1 Manajemen Pendidikan Islam
  • S1 Tadris Bahasa Indonesia

2. Fakultas Syari'ah

  • S1 Hukum Keluarga Islam
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah
  • S1 Hukum Tata Negara
  • S1 Astronomi Islam

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  • S1 Ekonomi Syariah
  • S1 Perbankan Syariah
  • S1 Akutansi Syariah

4. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S1 Bimbingan dan Konseling Islam
  • S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir


Program Pascasarjana

  • S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S2 Pendidikan Agama Islam
  • S2 Manajemen Pendidikan Islam
  • S2 Hukum Keluarga Islam

IAIN Lhokseumawe merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di IAIN Lhokseumawe Aceh yang setiap tahunnya selalu meningkat. Adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Lhokseumawe.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. siapka, opac iain lhokseumawe ac id, kalender akademik, nama dosen, struktur organisasi, pendaftaran, jurusan iain lhokseumawedan akreditasinya, febi, fitk, bidikmisi, ukt, beasiswa iain lhokseumawe.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
      Show comments