Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNIDA Aceh 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Iskandar Muda (TERBARU). Hai sahabat skul, bahagiar rasanya karena hingga sekarang ini kami masih bisa konsisten memberikan sebuah informasi yang berguna untuk kita semua. Pada pertemuan ini topik yang kami ambil masih melanjutkan rangkaian tulisan yang sama seperti sebelumnya yaitu mengenai daftar fakultas dan jurusan diuniversitas baik Negeri hingga Swasta yang di Indonesia. Dibeberapa artikel lainnya, kami juga telah memaparkan bahasan seputar soal UTBK dan UM kedinasan.

Satu hal yang mesti kita persiapkan sebelum masuk dalam perkuliahan dimana kita harus mempersiapkan pilihan yang tepat atas jurusan kita. Dengan kita berada dalam Jurusan yang sesuai dengan minat kita maka hal itu yang akan memudahkan kita dalam menjalankan perkuliahan dan hal itu juga yang akan menentukan tentang pekerjaan seperti apa yang sesuai bidang kita

Selain Jurusan / Prodi, menentukan Perguruan Tinggi juga harus kita persiapkan dengan pilihan yang cermat. Masuk dalam Universitas yang tepat berarti kita memilih kampus yang tepat terkait biaya perkuliahan yang sesuai dengan keuangan kita dan tepat atas letak kampus yang sesuai dengan lokasi yang kita inginkan. Dengan kita berada dalam kampus yang tepat hal itu akan mendukung jalannya perkuliahan kita.

daftar fakultas jurusan unida aceh

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menuju topik utama kita mengenai daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Iskandar Muda yang ada di Banda Aceh, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk memahami sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan memiliki definisi yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Perhotelan, Teknik Elektro Agroteknologi dsb.

2. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas memiliki definisi yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut definisi diatas bisa disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang didalamnya terdapat Jurusan Hukum Keluarga Islam, Perbankan Syariah dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Universitas (UNSOED, UNAYA, UNMUL) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, FKIP, FISIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Sosiatri, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara).

Tentang Universitas Iskandar Muda

Untuk kita yang lokasinya berada disekitar Provinsi Aceh, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu UMUSLIM, UNAYA, dan UNMUHA. Namun selain kampus tersebut, ada lagi salah satu kampus yang juga menjadi favorit di sini tepatnya di Banda Aceh yaitu ada Universitas Iskandar Muda atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNIDA Aceh.

UNIDA Aceh merupakan kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tanggal 25 Februari 1987. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Kampus Unida, Surien, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Universitas ini pada awal didirikannya merupakan sebuah pengembangan dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Aceh (UIA) yang didirikan pada tahun 1962.

Pada awal tahun 1970an jalannya perkuliahan di UIA mengalami kendala, alhasil Badan Perguruan Islam (Baperis) pusat melakukan pengambilan alih Fakultas ini, dan membentuk sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Iskandar Muda pada tahun 1975 untuk mengurusnya kegiatannya hingga sekarang. Kemudian pada tanggal 25 Januari 1987, fakultas ini mengalami perubahan status menjadi Universitas Iskandarmuda Banda Aceh.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNIDA Aceh

Hingga sekarang Unida Aceh membuka sebanyak 5 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana, hingga Magister. Berikut ini merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Iskandar Muda.

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Sosiatri
  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S2 Ilmu Administrasi

2. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro

3. Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • S1 Matematika
  • S1 Bahasa Inggris

5. Fakultas Syariah & Ekonomi Islam

  • S1 Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)
  • S1 Perbankan Syariah

UNIDA Aceh merupakan salah satu kampus berprestasi, salah satu prestasi yang membanggakan terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus menjadikan persaingan di UNIDA Aceh yang setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan dibuatnya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Iskandar Muda.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. siakad adm unida ac id log in, kepanjangan, siakad s2, akreditasi, jurusan di unida, biaya kuliah di universitas serambi mekkah, jurusan di aceh, universitas diaceh utara, singkatan, akreditasi kampus universitas iskandar muda.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments