Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia (TERBARU)

Daftar Isi [show]

universitas terbaik di indonesia

Soalskul.com - Daftar Universitas Terbaik di Indonesia (TERBARU)Hallo sobat skul. Selamat sebelumnya untuk kalian semua yang sudah lulus dari SMA sederajat, sebentar lagi dunia perkuliahan akan menanti kalian semua. Jadi persiapkan diri kalian untuk mengikuti test bagi yg belum diterima perguruan tinggi manapun.

Dalam blog ini kami menghadirkan banyak sekali soal dan pembahasan baik SBMPTN, Ujian Mandiri, Soal UN, PNS, Ikatan Dinas dan masih banyak lagi. Oleh karena itu terus ikuti blog kami ini.

Menentukan perguruan tinggi memang susah susah gampang. Kadang jurusan yg kita minati tidak ada di universitas yang ingin kita masuki, begitu juga sebaliknya. Hal tersebut membuat galau kebanyakan para calon maba untuk menentukan tempat yang cocok.

Ada survei yang menunjukan beberapa universitas terbaik di Indonesia. Survei tersebut diambil berdasarkan data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019. Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi referensi kalian untuk menentukan kemana jalan hidup kalian nantinya hehehe

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik

Berikut daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2019 menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

1. Institut Teknologi Bandung

Skor : 3.671
Dengan skor tersebut membawa Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB berada diperingkat pertama sebagai Universitas terbaik di Indonesia. ITB yang berdiri tepanya pada 2 Maret 1959 berhasil membawa eksistensinya sebagai Universitas terbaik diIndonesia selama beberapa tahun ini.

Universitas yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini merupakan PTN yang berlatarkan Teknologi dan Sains. Oleh karena itu banyak jurusan yang didominasi oleh Teknologi maupun Sains.

Beberapa fakultas favorit di ITB diantaranya adalah Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, dan yang ingin terjun didunia informatika mungkin bisa memilih Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) di ITB.


2. Universitas Gadjah Mada

Skor : 3.594
Diposisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Gadjah Mada atau sering disebut dengan singkatan UGM. Banyak sekali orang yang bermimpi masuk di kampus yang satu ini. UGM berlokasi di kota pendidikan yaitu Yogyakarta yang merupakan kota wisata kelas satu yang ada di Indonesia.

Universitas ini berdiri pada 19 Desember 1949 lebih muda 10 tahun dari sang pemuncak yaitu ITB. Meskipun UGM berada di peringkat 2 kali ini, tetapi kampus ini bebeapa kali juga masuk urutan yang pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Dari sekian banyak prodi yang ada di UGM, ada beberapa yg bisa dikatakan menjadi favorit bagi setiap pendaftar, terbukti dari tahun ke tahun jumlah peminatnya selalu melonjok, prodi tersebut adalah Pendidikan Dokter, Farmasi, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, dan Ilmu Hukum.


3. Institut Pertanian Bogor

Skor : 3.577
Posisi selanjutnya ditempati IPB sebagai peringkat ke 3 dengan skor 3.577 yang disematkan oleh Kemenristekdikti untuk IPB. Perguruan tinggi yang berbentuk Institut ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. Universitas ini berlatarkan bidang pertanian walaupun sekarang banyak juga jurusan yang berada diluar jurusan berbau agraris, tetapi kekonsistenan ITB tetap terjaga sampai sekarang yang terus menjunjung tinggi visinya yaitu

To become a research-based higher education of international standard and a prime mover of agriculture mainstreaming.
Prodi terfavorit yang ada di Institut Pertanian Bogor adalah diantaranya Ilmu Gizi, Agribisnis, Ilmu Komputer, Teknik Sipil dan Lingkungan, dan Manajemen

Daftar Fakultas dan Jurusan IPB


4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Skor : 3.462
Dengan skor 3.462 menempatkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS berada diurutan 4 sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut kemenristekdikti. ITS yaitu universitas yang berbentuk Institut berlokasi di daerah Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki tiga kampus, yaitu Sukolilo, Manyar, dan Cokroaminoto. Fasilitas di ITS tersedia untuk mendukung kegiatan civitas academica di ITS, mulai dari laboratorium riset, stadium olahraga, dsb.

Seperti namanya ITS berdiri pada tanggal 10 November 1957. Prodi favorit di ITS yang menjadi impian kebanyakan calon maba didominasi oleh jurusan teknik, diantaranya adalah Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknik Lingkungan

Daftar Fakultas dan Jurusan ITS


5. Universitas Indonesia

Skor : 3.401
Banyak sekali orang yang bercita-cita bisa berada di almamater yang satu ini. Universitas Indonesia atau akrab di sebut UI berlokasi diperbataan antara Jakarta dan Depok namun sering di sebut sebagai Universitas di Jakarta, tetapi kenyataannya berada di tanah Depok.

Kampus dengan almet kuning ini sudah berdiri sejak 1849, bisa dibilang UI merupakan salah satu kampus yang tertua di Indonesia. Beberapa kali UI menempati posisi pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia, oleh karena itu tak ada lagi yang meragukan kualitas dari kampus yang satu ini.

Dari banyak prodi yang ada di UI, beberapa diantaranya dinobatkan sebagai prodi terfavorit, diantaranya adalah Ilmu Hukum, Ilmu Psikologi, Manajemen, Pendidikan Dokter, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

Daftar Fakultas dan Jurusan UI


6. Universitas Diponegoro

Skor : 3.209
Kali ini Universitas Diponegoro atau UNDIP berada diurutan 6 dengan perolehan skor 3.209. UNDIP berlokasi di Kota Semarang dan digadang-gadang menjadi universitas terbaik di Jawa tengah.

Undip mulai berdiri tahun 1957 lalu. Dari waktu yang lama itu, UNDIP berhasil mengadakan banyak prodi yang bervariasi, diantaranya yang paling favorit adalah Gizi, Kedokteran, Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Ilmu Perpustakaan.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNDIP


7. Universitas Airlangga

Skor : 3.056
Diposisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Airlangga atau sering disebut dengan singkatan UNAIR dengan skor 3.056 menempatkan UNAIR diposisi 7. Surabaya memang tempatnya bagi kebanyakan Universitas berkelas setelah sebelumnya ada ITS, kali ini ada lagi UNAIR yang menempati sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

UNAIR yang tepatnya berlokasi di Surabaya, Jawa Timur didirikan pada 10 November 1954. Adapun prodi favorit di kampus ini adalah Ilmu Administrasi Negara, Psikologi, Hubungan Internasional, dan ada juga Ilmu Komunikasi.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNAIR


8. Universitas Hasanuddin

Skor : 3.036
Dengan skor 3.036. Tidak mau kalah dengan Universitas di jawa, Universitas Hasanuddin, masuk di daftar universitas terbaik. Universitas Hasanuddin yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

UNHAS memiliki daftar prodi terfavorit diantaranya adalah Farmasi, Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Akuntansi, Ilmu Keperawatan, Manajemen, Hukum, dan Teknik Informatika.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNHAS


9. Universitas Brawijaya

Skor : 3.948
Malang sebagai kota apel juga tak mau ketinggalan dari para tetangganya yang telah menyumbangkan kampus terbaik mereka. Universitas Brawijaya atau sering disebut dengan singkatan UB berlokai di Malang, Jawa Timur yang didirikan pada 5 Januari 1563.

Kampus yang satu ini beberapa kali mengalami perubahan dalam penyingkatan namanya, yang awalnya UNIBRAW sekarang lebih disederhanakan lagi menjadi UB. UB memiliki banyak prodi yang banyak diminati oleh para calon maba diantaranya adalah Pendidikan Dokter, Akuntansi, Pendidikan Dokter Gigi, Manajemen, Hubungan Internasional, Teknik Industri, dan Teknik Sipil.

Daftar Fakultas dan Jurusan UB


10. Universitas Padjadjaran

Skor : 2.906
Dengan skor 2.906. Tidak mau kalah dengan tetangganya ITB, Universitas Padjadjaran atau yang sering dikenal UNPAD menjadi universitas terbaik ke 10. UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

UNPAD yang berdiri dari 11 September 1957 memiliki banyak sekali program studi yang bervariasi, diantaranya adalah yang paling diminati Pendidikan Dokter, Pendidikan Hewan, Teknik Elektro, Psikologi, Akuntansi, Bisnis Digital, Hibungan Internasional, dan Manajemen.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNPAD


11. Universitas Andalas

Skor : 2.795
Diposisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Andalas. Tak mau kalah dengan Jawa dan Sulawesi, walaupun belum mampu menempatkan diri di posisi 10 besar, setidaknya UNAND yang berlokasi di Padang Sumatar Barat bisa bisa menempati peringkat 11.

Kampus ini merupakan kampus yang didirikan pada 23 Desember 1955 yang diresmikan pada waktu itu oleh wakil presiden pertama kita yaitu Mohammad Hatta. Program studi favorit di kampus ini diantaranya Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Teknik Sipil.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNAND


12. Universitas Sebelas Maret

Skor : 2.711
Universitas Sebelas Maret atau sering disebut dengan singkatan UNS terletak di Surakarta, Jawa Tengah. UNS sempat berganti nama yang awalnya Universitas Negeri Surakarta, diganti menjadi Universitas Sebelas Maret sekarang ini.

Universitas ini diresmikan pada 11 Maret 1976. Universitas ini memiliki beberapa prodi yang difavoritkan diantaranya adalah Kedokteran, Hukum, Farmasi, Teknik Sipil, dan Psikologi.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNS


13. Universitas Sumatera Utara

Skor : 2.695
Sumatra Utara tak mau kalah dengan Sumatra Barat yang memilik Universitas Andalas, Sumut sendiri memiiki kampus terbaiknya yaitu Universitas Sumatra Utara atau sering disebut dengan singkatan USU.

USU yang tepatnya berlokasi di Medan, Sumatra Utara diresmikan oleh Presiden Indonesia, Soekarno sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.
Program studi favorit di kampus ini diantaranya adalah Kedokteran, Hukum, Farmasi, Teknik Sipil, dan Psikologi.

Daftar Fakultas dan Jurusan USU


Daftar Universitas Terbaik Lainnya

Diantara 13 terbaik diatas, berikut Universitas Terbaik lainnya yang ada di Indonesia :

14. Universitas Telkom
15. Universitas Pendidikan Indonesia
16. Universitas Negeri Yogyakarta
17. Universitas Islam Indonesia
18. Universitas Negeri Semarang
19. Universitas Negeri Malang
20. Universitas Bina Nusantara
21. Universitas Jember
22. Universitas Negeri Surabaya
23. Universitas Syiah Kuala
24. Universitas Riau
25. Universitas Negeri Padang
26. Universitas Katolik Parahyangan
27. Universitas Sam Ratulangi
28. Universitas Udayana
29. Universitas Negeri Makassar
30. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
31. Universitas Surabaya
32. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
33. Universitas Jenderal Soedirman
34. Universitas Tarumanagara
35. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
36. Universitas Sriwijaya
37. Universitas Ahmad Dahlan
38. Universitas Muhammadiyah Malang
39. Universitas Sanata Dharma
40. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
41. Universitas Pendidikan Ganesha
42. Universitas Trisakti
43. Universitas Kristen Petra
44. Universitas Islam Bandung
45. Universitas Pancasila
46. Universitas Lampung
47. Universitas Mataram
48. Universitas Katolik Soegijapranata
49. Universitas Mercu Buana
50. Universitas Negeri Medan
51. Universitas Dian Nuswantoro
52. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
53. Universitas Ma Chung
54. Universitas Kristen Satya Wacana
55. Universitas Gunadarma
56. Institut Teknologi Nasional Malang
57. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
58. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
59. Universitas Negeri Jakarta
60. Universitas Djuanda
61. Universitas Islam Sultan Agung
62. Universitas Tanjungpura
63. Universitas Muhammadiyah Surakarta
64. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
65. Universitas Pasundan
66. Universitas Jambi
67. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
68. Universitas Trunojoyo
69. Universitas Al-Azhar Indonesia
70. Institut Teknologi Nasional Bandung
71. Universitas Kristen Duta Wacana
72. Universitas Ciputra Surabaya
73. Universitas Multimedia Nusantara
74. Universitas Swiss German
75. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
76. Universitas Widya Gama
77. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
78. Universitas Presiden
79. Universitas Komputer Indonesia
80. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
81. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
82. Universitas Lambung Mangkurat
83. Universitas Narotama
84. Institut Seni Indonesia Denpasar
85. Universitas Islam Malang
86. Universitas Kristen Indonesia
87. Universitas PGRI Adi Buana
88. Universitas Mulawarman
89. Universitas Budi Luhur
90. Universitas Halu Oleo
91. Universitas Merdeka Madiun
92. Universitas Pakuan
93. Universitas Dr. Soetomo
94. Universitas PGRI Semarang
95. Universitas Widyatama
96. Universitas Muhammadiyah Magelang
97. Universitas Stikubank
98. Universitas Nasional
99. Universitas Ibn Chaldun
100. Universitas Negeri Gorontalo

Berikut daftar Universitas terbaik menurut Kemenristekdikti. Skor bukanlah suatu alat ukur yang mutlak untuk mengatakan apakah sebuah universitas bagus atau tidak, ini hanya skor belaka, bukan berarti kampus yang memiliki skor kecil bukan merupakan kampus yang bagus juga. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang seluk beluk kampus yang ada di Indonesia. Semoga kalian semua yang sedang galu menentukan kampus pilihan kalian, bisa dibantu oleh artikel kali ini.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments