Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Lengkap Seputar Apa itu Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Daftar Isi [show]


SoalSkul.comPembahasan Lengkap Seputar Apa Itu Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kali ini kami akan membahas tentang fenomena yang marak diperbincangkan didunia pendidikan yaita soal tipe HOST (Higher order thinking skills). HOTS pertamakali mulai dibicarakan ketika adanya perombakan peningkatan kualitas soal UN oleh Kemendikbud pada tahun 2018 lalu yaitu dimana pada UN 2018 mulai dimasukannya beberapa soal bertipe HOTS. Untuk tahun 2019 soal tipe HOTS juga akan diberlakukan lagi mengembangkan rencana sebelumnya dari tahun lalu.

Pada Oktober 2018 juga muncul kabar oleh Kemenristekdikti bahwa soal HOTS juga akan dimasukan dalam SBMPTN 2019. Walaupun begitu, sebenarnya soal bertipe HOTS sudah sering muncul dalam SBMPTN beberapa tahun sebelumnya. Apakah diantara kalian ada yang menyadarinya?. Soal HOTS dalam SBMPTN masih belum merata penyebarannya, hanya pada kelompok Saintek HOTS tersebut beberapa kali muncul, dan pada Soshum tampak belum terlihat kemunculannya. Makin kesini soal bertipe HOTS semakin banyak diaplikasikan dalam SBMPTN.

Jadi apa itu HOTS?, apakah HOTS merupakan sesuatu yang susah?, dan apakah yang harus kita lakukan untuk menghadapi soal bertipe HOTS?. Dibawah ini kita akan membahas tuntas semua tentang HOTS.

Apa itu Soal Tipe HOTS?

HOTS merupakan sebuah tingkatan dalam pemikiran dimana soal dengan tipe ini menuntut kita untuk tidak hanya melakukan pemahaman terhadam materi yang kita pelajari, tetapi juga mengajak kita untuk menganalisis lebih jauh terkait soal tersebut.

HOTS merupakan sebuah konsep pedidikan yang didasarkan dari Taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom adalah sebuah tingkatan pemikiran dalam memahami sebuah topik yang dikenalkan oleh Benjamin S. Bloom dkk pada bukunya yang berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956). Ada beberapa tingkat kemampuan berpikir dalam sebuah pemahaman yaitu LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Soal yang sering kita jumpai dalam soal ujian belakangan ini kebanyakan merupakan soal dengan tingkat kemampuan berfikir rendah atau LOTS, sedangkan soal dengan tipe kemampuan berfikir tinggi atau HOTS merupakan topik yang akan kami bahas kali ini.

Apakah Perbedaan LOTS dan HOTS?

Tingkat berpikir menurut Taksonomi Bloom
LOTS merupakan sebuah tingkatan pemikiran dimana selama melakukan pembelajaran kita dituntun hanya untuk MENGINGAT, MEMAHAMI, dan MENERAPKAN topik yang dibahas. Sedangkan HOTS menuntut kita tidak hanya melakukan apa yang diinginkan oleh LOTS saja tetapi kita juga dituntut untuk MENGANALISIS, MENGEVALUASI, dan MENCIPTA atas pembelajaran yang telah kita dapatkan.

Soal bertipe HOTS ini diterapkan untuk menguji apakah kita bisa melakukan penciptaan dari materi yang sedang dibahas, bukan hanya menghafal dan memahaminya saja tetapi lebih dari itu.

Contoh Soal

Agar mempermudah pemahaman kalian, kami akan memberikan perbedaan contoh soal dari LOTS dan HOTS, berikut contoh soalnya

  • LOTS (Lower Order Thinking Skills)

2X + 2Y = 24
1X + 2Y = 19
Carilah nilai X dan Y maksimal?
Soal diatas merupakan tipe soal LOTS. Dalam soal tersebut kita hanya  menguji 3 kemampuan yaitu mengingat, memahami, dan menerapkan. Soal diatas merupakan soal tingkat rendah dalam sebuah pembelajaran.

  • HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Dalam sebuah pabrik yang memproduksi 2 produk yaitu produk A dan B. dalam pembuatannya dilakukan 2 proses yaitu penggilingan dan penjemuran. produk A dilakukan 2 kali penggilingan dan 1 kali penjemuran, sedangkan produk B dilakukan 2 kali penggilingan dan 2 kali penjemuran. kapasitas perhari bisa melakukan penggilingan dan penjemuran berurutan sebanyak 24 dan 19 kali. berapakah produksi maksimal dari pabrik tersebut?
Soal diatas merupakan contoh soal bertipe HOTS. Karena dalam soal tersebut kita tidak hanya diminta untuk mengingat, memahami dan menerapkan, tetapi juga kita diarahkan untuk melakukan analisis, evaluasi, dan penciptaan.

Tidak cukup bagi kita untuk paham materi yang diajarkan untuk bisa menjawab soal tipe HOTS ini. Disini kita harus menganalisis maksud dari cerita yang ada dan memahami betul apa yang diinginkan dari soal tersebut. Setelah kita mengetahui maksud dari soal tersebut, baru kita membuat pemodelan matematisnya lalu kita melanjutkan ketahap penyelesaian materi tersebut.

Kelebihan soal HOTS

Soal tipe HOTS memiliki kelebihan dibandingkan LOTS. Soal bertipe LOTS memungkinkan kita hanya belajar sampai tingkatan mengingat dan implementasi rendah, sehingga materi yang diajarkan akan mudah dilupakan oleh siswa dan parahnya materi yang diajarkan tidak diketahui siswa untuk apa kegunaannya. Sedangkan HOTS sendiri akan banyak menganalisis dan mengevaluasi soal yang diberikan, dengan hal tersebut akan melatih logika kita untuk berjalan lebih baik lagi. Didalam HOTS kita akan diajak berpikir penerapan pembelajaran dalam dunia nyata ketimbang hanya imajinasi belaka. HOTS lebih sering berisi cerita seputar kehidupan sehari-hari sehingga para siswa memiliki gambaran penerapan dari materi yang dipelajari.

Soal model HOTS ini mendorong siswa untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya.

Demikian pemaparan kami terkait apa itu HOTS, semoga artikel ini bisa membuat kalian dalam memahami tentang apa itu HOTS. Penting bagi kita untuk terus belajar tak hanya mengingat tetapi juga melakukan penciptaan. Akan banyak soal tipe HOTS yang bermunculan dikemudian hari baik ujian disekolah, perkuliahan, bahkan ujian dalam masuk pekerjaan. Oleh karena itu penting bagi kita belajar tentang tipe soal ini untuk mengasah logika kita dimana analisi dan logika merupakan hal yang penting dari soal tipe ini.

Jika kalian suka artikel ini, jangan lupa share keteman kalian ya

Baca :
Show comments