Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Soal Olimpiade OSN Geografi SMA 2023 PDF dan Pembahasan

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Hallo sobat skull, balik lagi bareng kita yang tentunya datang dengan membawa informasi yang terbaru dan akurat hehee. Biar kami tebak, pasti kamu sedang mencari soal OSN dibidang Geografi tahun 2023 kan?

Nah tepat sekali karena disini kami tim soalskul sudah mengulik informasi tersebut dari berbagai sumber di internet sehingga kami bisa mendapatkan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Geografi SMA 2023 beserta kunci jawaban dan pembahasannya dalam format PDF mulai dari tingkat kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P) sampai dengan OSN tingkat Nasional yang gratis kalian download.

Dalam OSN SMA 2023 salah satu cabang lomba nya adalah bidang Geografi. Setiap tahunnya OSN menjadi perlombaan dibidang sains yang sangat bergengsi dan ditunggu-tunggu bagi peserta didik di seluruh Indonesia mulai dari SD, SMP hingga SMA.

OSN mempunyai persaingan yang sangat ketat disetiap tahapan seleksi nya. Persaingan yang ketat ini membuat kita wajib mempersiapkan diri dengan maksimal agar memperoleh hasil yang terbaik dalam OSN.

Tak cukup dengan mempelajari materi atau kisi-kisi yang akan diujikan dalam OSN Geografi SMA saja, kita juga bisa belajar dengan cara mengerjakan soal OSN tahun-tahun sebelumnya.

Buat kamu yang mau download soal OSN Geografi SMA 2023, kamu bisa lihat dulu pembahasan kami dibawah ini!!

Unduh Soal Olimpiade OSN Geografi SMA 2023 PDF dan Pembahasan

Sekilas Mengenai Olimpiade OSN SMA 2023 Geografi

OSN atau kepanjangannya Olimpiade Sains Nasional ialah sebuah kejuaran tahunan dalam bidang sains di Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompetisi OSN diperuntukkan bagi siswa dan siswi yang memiliki minat dalam bidang sains mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP sampai dengan SMA.

Dalam Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA/MA/Sederajat, terdapat 9 macam bidang lomba yaitu Geografi, Matematika, Fisika, Kebumian,  Ekonomi, Astronomi, Kimia, Biologi, hingga Informatika.

Materi atau kisi-kisi untuk OSN Geografi SMA mengacu pada materi dalam Olimpiade Geografi Internasional/International Geography Olympiad (IGEO). Adapun topik yang akan diujikan dalam OSN Geografi SMA diantaranya:

  1. Iklim dan Perubahan Iklim
  2. Kebencanaan dan Manajemen Bencana
  3. Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya
  4. Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
  5. Geomorfologi dan Penggunaan Lahan
  6. Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan
  7. Kependudukan dan Dinamika Penduduk
  8. Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota
  9. Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan
  10. Pariwisata dan Manajemen Pariwisata
  11. Geografi Ekonomi dan Globalisasi
  12. Geografi Budaya dan Identitas Regional
Olimpiade Sains Nasional SMA 2023 memiliki beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui bagi setiap peserta. Tahap seleksi pertama adalah OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K), selanjutnya OSN tingkat provinsi (OSN-P) dan terakhir OSN tingkat Nasional.

Dalam OSN-K, soal seleksi adalah berupa kurang lebih 100 soal pilihan ganda. Kemudian OSN-P berisi kurang lebih 50 soal pilihan gan da dan beberapa soal esai. Terakhir dalam OSN tingkat nasional terbagi atas tes esai (bobot 40%), multimedia (bobot 20%), dan praktek (bobot 40%).

Untuk peserta yang mengikuti OSN Geografi 2023, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap peserta seperti:

  1. Peserta harus berada di kelas X atau XI SMA/MA/Sederajat.
  2. Mempunyai nilai mata pelajaran Matematika atau Fisika, Biologi atau Geografi, dan Bahasa Inggris yang baik.
  3. Peserta belum pernah berpartisipasi dalam pembinaan tingkat internasional tahap 2 bidang geografi yang diadakan Puspresnas.
  4. Peserta tidak buta warna yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
  5. Peserta mampu melakukan praktek lapangan.

Baca: Soal Olimpiade OSN Kebumian SMA 2023 PDF dan Kunci Jawaban

Download Soal OSN Geografi SMA 2023 PDF dan Kunci Jawaban

Buat kamu yang sedang mencari soal OSN Geografi 2023, dibawah ini telah kami sajikan link download gratis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Geografi 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Soal-soal ini kami telah kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya yang ada di internet.

Soal Olimpiade OSN 2023 Geografi 1 PDF >> DOWNLOAD

Soal Olimpiade OSN 2023 Geografi 2 PDF >> DOWNLOAD

Soal Olimpiade OSN 2023 Geografi 3 PDF >> DOWNLOAD

Soal Olimpiade OSN 2023 Geografi 4 PDF >> DOWNLOAD

Soal Olimpiade OSN 2023 Geografi 5 PDF >> DOWNLOAD

Cara Download: Untuk download soal OSN Geografi 2023 diatas, cukup tekan tombol "DOWNLOAD" yang telah tersedia lalu ikuti setiap instruksi yang ada sampai akhirnya kamu dialihkan ke google drive.

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Simpulan

Mempersiapkan diri dalam OSN dengan mengerjakan soal OSN tahun-tahun sebelumnya memang sangat membantu dan efektif dalam meningkatkan kemampuan diri.

Kami harap soal dan pembahasan OSN Geografi SMA 2023 PDF diatas bisa membantu kalian dalam memaksimalkan persiapan menjelang OSN dan mendapatkan hasil yang terbaik. bocoran, materi, kisi kisi, soal simulasi olimpiade osn geografi sma 2023 pdf dan kunci jawaban, pembahasannya, tingkat nasional, kabupaten, provinsi.

Show comments