Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman dan Silabus OSN SD MI 2024 Resmi Download PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Pasti kalian sedang mencari pedoman dan silabus ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan SD/MI/Sederajat 2024 kan? Kamu datang di artikel yang tepat karena kali ini kita sudah memaparkan file resmi untuk pedoman dan silabus OSN SD 2024 dalam format PDF yang bisa di download gratis dalam artikel ini.

OSN SD ialah ajang kompetisi dibidang sains yang diselenggarakan Kemendikbudristek setiap tahunnya. Ajang OSN SD ini diperuntukan guna mendorong pengembangan minat dan bakat siswa di bidang sains, serta untuk memotivasi siswa agar dapat terus belajar dan berprestasi dengan adanya perlombaan ini.

Penguasaan ilmu pengatahuan umum seperti IPA dan Matematika sejak dini adalah sebuah modal yang baik untuk kemajuan bangsa karena ke dua ilmu pengetahuan ini sangat diperlukan dalam menciptakan teknologi di masa depan.

Oleh sebab itu maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya dengan menghadirkan kompetisi dibidang Matematika dan IPA khusus untuk tingkat SD sederajat yang dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD)

Pedoman dan Silabus OSN SMP 2024 Resmi

Penjelasan Singkat Mengenai OSN SD/MI/Sederajat 2024

Olimpiade Sains Nasional atau disingkat OSN adalah ajang pencarian peserta didik bertalenta dibidang sains untuk semua siswa dan siswi di indonesia dalam berbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkatan SD, SMP sampai SMA.

OSN SD/MI/Sederajat ialah salah satu ajang pencarian peserta didik bertalenta untuk jenjang pendidikan SD/MI/Sederajat. Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tingkat SD diadakan secara menyeluruh di seluruh Indonesia, melibatkan kompetisi dari berbagai tingkatan mulai dari tingkat sekolah, kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia atau BPTI menjadi penyelenggara OSN dan berperan membantu Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam menjalankan tugas pengembangan prestasi talenta peserta didik.

Kegiatan OSN SD menjadi ajang yang bagus untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dibidang Matematika dan IPA sehingga para siswa dan siswi menjadi lebih kreatif dan inovatif. OSN SD bertujuan untuk wadah kompetisi cabang lomba Matematika dan IPA, menumbuhkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi belajar

Selain itu ajang OSN ini dimaksudkan guna menemukan dan mengembangkan peserta didik yang memiliki talenta dibidang sains sehingga nantinya bisa ikut ambil bagian dalam perintis pembangunan dari sisi ilmu pengetahuan. OSN juga dimaksudkan untuk menemukan peserta didik terbaik dari berbagai jenjang pendidikan untuk nantinya mewakili Indonesia dalam kompetensi sains tingkat Internasional.

Baca: Lengkap Download Soal AKM SD Kelas 6 PDF Terbaru

Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat SD/MI/Sederajat tahun 2024 mempunyai 2 bidang dan cabang pelajaran yang akan di kompetisikan yakni:

  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ajang OSN SD 2024 dilaksanakan secara bertingkat atau berjenjang. Tingkatan ini merupakan urutan proses seleksi yang harus dilalui para peserta hingga nantinya didapatkan siswa dan siswi terbaik tingkat nasional. Adapun tingkatan dalam OSN SD 2024 diantaranya:

  1. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Sekolah (OSN-S)
  2. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K)
  3. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P)
  4. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional (OSN-N)

Jadwal Pelaksanaan OSN SD/MI/Sederajat 2024

Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat SD tahun 2024 dilaksanakan melaui seleksi secara bertingkat. Adapun jadwal pelaksanaan OSN SD tahun 2024 mulai dari sosialisasi hingga dilaksanakannya OSN tingkat Nasional sebagai berikut:

  1. Sosialisasi OSN SD 2024 = 16 - 19 Januari
  2. Pendaftaran Peserta OSN SD 2024 = 22 Januari - 3 Maret
  3. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-K = 13 - 16 Maret
  4. Pelaksanaan OSN-K = 20 - 21 Maret
  5. Pengumuman peserta yang lolos ke OSN-P = 15 April
  6. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-P = 1 - 4 Mei
  7. Pelaksanaan OSN-P = 20 - 21 Mei
  8. Pengumuman peserta yang lolos ke OSN Tingkat Nasional = 3 Juni
  9. Pelaksanaan OSN Tingkat Nasional = 5 - 11 Agustus

Pedoman OSN SD/MI/Sederajat 2024

Pedoman OSN SD Sederajat tahun 2024 dibuat untuk memberikan pemahaman lebih lengkap terkait pelaksanaan OSN SD tahun 2024 bagi para peserta seperti sanksi pelanggaran, mekanisme penilaian, jadwal pelaksanaan persyaratan dan lain sebagainya. Berikut merupakan link download pedoma OSN SD 2024 resmi yang telah dikeluarkan puspresnas dalam format PDF.

Download Pedoman OSN SD/MI/Sederajat 2024 >> KLIK DISINI

Silabus OSN SD/MI/Sederajat 2024

Silabus OSN SD 2024 berisi informasi seperti sub materi pengujian di setiap cabang perlombaan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2024. Berikut silabus OSN SD 2024 resmi yang bisa kamu download gratis dalam format PDF.

Download Silabus OSN SD/MI/Sederaja 2024 >> KLIK DISINI

Baca: Download Soal OSN Matematika SD 2023 dan Pembahasan PDF

Penutup

OSN SD 2024 diselenggarakan bagi para peserta didik tingkat SD/MI/Sederajat guna menyaring siswa dan siswi bertalenta di setiap tingkatan mulai dari tingkat sekolah, kota/kabupaten. provinsi hingga nasional.

Bagi para peserta OSN SD dan pendamping nya wajib mengetahui pedoman dan silabus OSN SD 2024 agar persiapan menjadi lebih maksimal. download soal latihan osn matematika, ipa, ips sd 2024, 2023 tingkat kecamatan pdf, juknis, pusat prestasi nasioal, academia, scribd downloader.

Show comments