Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Soal CPNS 2023 PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Hallo para pejuang CPNS tahun 2023, apakah kali kalian sedang mencari kisi-kisi dari soal tes CPNS tahun 2023 tapi tidak kunjung menemukan nya? Kali ini kami tim soalskul sudah memaparkan kisi-kisi dan jenis soal yang akan diujikan dalam CPNS 2023 mendatang.

Sebelum menghadapi seleksi CPNS kita harus banyak melakukan persiapan salah satunya dengan mengerjakan soal-soal CPNS tahun sebelumnya. Untuk memudahkan kita dalam memahami materi yang akan diujikan dalam CPNS 2023, kita harus pahami dulu kisi-kisi nya.

Buat kamu yang ingin tau kisi-kisi sekaligus materi soal yang akan diujikan dalam CPNS 2023, kamu bisa lihat saja ulasan lengkap kami dibawah ini.

Kisi-Kisi Soal CPNS 2023 Download PDF

Jenis Soal Tes CPNS 2023

Berdasarkan yang tertulis dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bitokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil menjelaskan bahwa tes CPNS akan mengujikan soal SKD dan SKB.

SKD diujikan menggunakan sistem CAT yang dimaksudkan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang ada dalam pendaftar dengan standar PNS. Adapun materi SKD dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. TWK: Tes Wawasan Kebangsaan
  2. TIU: Tes Intelegensia Umum
  3. TKP: Tes Karakteristik Pribadi

Sedangkan SKB bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang ada dalam diri calon dengan standar kompetensi bidang sesuai jabatan. Peserta yang lulus SKD akan mengikuti tes SKB.

Baca: Kumpulan Contoh Soal Psikotes POLRI 2021

Waktu, Jumlah dan Ambang Batas Soal Tes CPNS 2023

Untuk tes SKD CPNS akan dilaksanakan dalam waktu 100 menit sedangkan jumlah keseluruhan soal mencapai 110 soal dengan pembagian sebagai berikut:

  1. TWK: 30 Soal
  2. TIU: 35 Soal
  3. TKP: 45 Soal

Untuk soal TIU dan TWK, jawaban benar akan dinilai 5 dan salah atau tidak menjawab dinilai 0. Sedangkan TKP jawaban benar dinilai paling tinggi 5 dan paling rendah 1 dan tidak menjawab 0.

Nilai kumulatif tertinggi SKD untuk TWK (150), TIU (175), dan TKP (225). Sedangkan nilai ambang batas TWK (65), TIU (80), TKP (166).

Kisi-Kisi Soal CPNS 2023

Tanpa berlama lama lagi berikut merupakan kisi-kisi soal tes CPNS 2023 mulai dari SKD TWK, TIU, TKP hingga SKB.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

  1. Nasionalisme
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara
  5. Bahasa Indonesia

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

  1. Kemampuan Verbal (Analogi, Silogisme, Analitis)
  2. Kemampuan Numerik (Berhitung, Deret Angka, Perbandingan Kuantitatif, Soal Cerita)
  3. Kemampuan Figural (Analogi, Ketidaksamaan, Serial)

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

  1. Pelayanan Publik
  2. Jejaring Kerja
  3. Sosial Budaya
  4. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Profesionalisme
  6. Anti Radikalisme

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Materi SKB untuk Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional dan diintegrasikan ke dalam bank soal pada sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN. 

Materi SKB untuk Jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait. Materi SKB dapat berupa:

  1. Psikotest
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tes Kemampuan Bahasa Asing
  4. Tes Kesehatan Jiwa
  5. Tes Kesegaran Jasmani/Tes Kesamaptaan
  6. Tes Praktek Kerja
  7. Uji Penambahan Nilai Dari Sertifikat Kompetensi
  8. Wawancara
  9. Tes Lain Sesuai Persyaratan Jabatan.

Kisi-Kisi Soal Tes CPNS 2023 PDF

Untuk informasi lebih lengkap nya terkait kisi-kisi, jenis atau materi soal, ambang batas, jumlah soal, persyaratan dll CPNS 2023, kamu bisa mengunduh file Permen PANRB No 27 tahun 2021 dengan cara klik tautan yang ada di bawah ini.

Dapatkan Disini

Baca: Situs Psikotes Online Gratis dengan Berbagai Pilihan Jenis Tes

Penutup

Itulah tadi sedikit pembahasan dari kami mengenai kisi-kisi soal tes CPNS 2023. Semoga ulasan yang kami berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua. permenpan rb, materi, kemenkumham, download, kisi-kisi soal cpns 2023 pdf dan kunci jawaban.
Show comments