Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Penalaran Matematika Tes Literasi

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Aakah kamu sedang mencari contoh soal SNBT UTBK 2023 khusus Tes Literasi Penalaran Matematika PDF dan pembahasannya tapi tidak kunjung menemukannya?

jangan khawatir sob karena disini kami tim soalskul sudah memberikan beberapa contoh soal SNBT UTBK khusus Penalaran Matematika dari berbagai sumber terpercaya yang bisa kamu download secara gratis dalam format PDF.

Memang sebentar lagi gelaran seleksi penerimaan mahasiswa baru akan kembali dilakukan. Salah satu jalur seleksi yang cukup populer dan paling banyak peminatnya adalah SNBT. 

Untuk mengikuti jalur SNBT ini kita harus mengikuti UTBK dan mendapatkan nilai UTBK. Tahun 2023 terdapat beberapa subtes yang akan diujikan dalam UTBK dan salah satunya adalah subtes Penalaran Matematika.

Buat kamu yang mau membaca contoh soal Penalaran Matematika UTBK SNBT 2023, kamu bisa download langsung soalnya dibagian bawah artikel ya!!

Download Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Penalaran Matematika Tes Literasi

Apa Itu SNBT UTBK 2023 Tes Literasi Penalaran Matematika?

Apakah kamu belakangan ini sering mendengar istilah SNBT tapi tidak tau apa artinya?. Sederhananya SNBT merupakan sebuah jalur seleksi pengganti SBMPTN yang mulai diperkenalkan taun 2023. 

Dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) kita tetap akan menemui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seperti tahun-tahun sebelumnya sebagai metode ujian yang harus dilalui para peserta.

UTBK 2023 memiliki beberapa perubahan salah satunya jenis ujian yang harus dilalui para peserta. Ada 2 komponen yang akan diujikan dalam UTBK 2023 yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Kali ini kami akan membahas salah satu subtes dalam Tes Literasi yaitu Penalaran Matematika. Subtes ini terbilang baru karena baru di munculkan sejak UTBK 2023. 

Kemampuan Penalaran Matematika merupakan sebuah tes yang akan mengukur setiap peserta UTBK terkait kemampuan penggunaan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam subtes ini ada 20 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 30 menit.

Dalam penalaran matematika kita tidak hanya akan diuji kemampuan penggunaan konsep dan rumus matematika saja akan tetapi bagaimana melakukan penalaran secara matematis untuk memecahkan sebuah permasalahan. Terdapat 2 hal yang ditekankan dalam penalaran matematika yaitu:

  1. Pemanfaatan konsep matematika untuk memecahkan masalah.
  2. Pemanfaatan pengalaman di dalam kelas guna memecahkan permasalahan.
Dalam melakukan pengukuran terhadap kemampuan penalaran matematika dilakukan dengan mengombinasikan aspek konten, kognitif serta konteks.

Dalam subtes ini, konten akan melibatkan 4 domain ukur yaitu bilangan, pengukuran dan geometri, ketidakpastian dan data, serta aljabar.

Baca: Download Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Pengetahuan Kuantitatif

Download Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Penalaran Matematika PDF

Penalaran Matematika adalah satu dari beberapa subtes yang cukup diwaspadai oleh para peserta UTBK. Pasalnya subtes ini baru pertama kali di ujikan pada UTBK tahun 2023.

Oleh karena itu kita harus banyak berlatih mengerjakan contoh soal UTBK dari berbagai sumber terpercaya agar persiapan kita semakin mantap.

Berikut kami sajikan beberapa contoh soal dan pembahasan UTBK SNBT 2023 PDF khusus tes literasi Penalaran Matematika yang kami dapatkan dari berbagai sumber diinternet.

Salah satu contoh soal yang ada dibawah kami dapatkan dari simulasi resmi di situs SNPMB. Kamu bisa download soal resminya dengan klik link tautan dibawah ini.

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika (RESMI) : UNDUH

Selain itu kami juga sudah menyajikan beberapa contoh soal UTBK SNBT 2023 untuk Tes Literasi Penalaran Matematika dari beberapa sumber terpercya lainnya di internet.

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 1 -> UNDUH

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 2 -> UNDUH

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 3 -> UNDUH

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 4 -> UNDUH

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 5 -> UNDUH

Contoh Soal SNBT 2023 Penalaran Matematika 6 -> UNDUH

Baca: Download Soal UTBK Saintek Biologi 2021

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa contoh soal yang bisa kami sampaikan kali ini terkait contoh soal UTBK SNBT 2023 sub tes Penalaran Matematika dalam materi Tes Literasi. kami dapatkan contoh soal tersebut dari berbagai sumber terpercaya di internet yang bisa kalian manfaatkan untuk menambah wawasan sebelum UTBK. kami harap semoga soal tersebut bisa membantu teman-teman dalam menghadapi UTBK tahun ini ya!! 

Show comments