Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Pengetahuan Kuantitatif

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Belakangan ini banyak yang mencari contoh soal dan pembahasan SNBT UTBK 2023 dalam format PDF khusus materi Tes Potensi Skolastik Pengetahuan Kuantitatif.

Mengingat sebentar lagi akan dilaksanakan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negri atau SNPMB, maka tak heran bila banyak dari kita yang mencari contoh soal UTBK baik itu soal-soal resmi dari pengelola, try out, atau soal UTBK tahun-tahun sebelum nya.

Sebelumnya kami sudah membuat pembahasan khusus contoh soal UTBK SNBT 2023 materi TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), hingga Penalaran Umum (PU), kali ini kami akan membahas khusus tentang Pengetahuan Kuantitatif (PK).

Sebelum mempersiapkan diri menjelang UTBK kita memang harus sering-sering melatih diri dengan cara banyak membaca kisi-kisi dan materi hingga mengerjakan contoh soal UTBK. Buat kamu yang lagi mencari contoh soal UTBK SNBT 2023, berikut kami sajikan beberapa diantaranya khusus materi TPS subtes PK.

Download Contoh Soal SNBT UTBK 2023 Pengetahuan Kuantitatif Disertai Pembahasan

Apa Itu SNBT UTBK 2023 Pengetahuan Kuantitatif?

Kebanyakan orang saat ini masih asing dengan istilah SNBT. Hal itu tidak mengherankan karena memang istilah ini baru diperkenalkan tahun 2023 sebagai pengganti dari jalur SBMPTN. Meskipun dilakukan perubahan istilah, namun dalam SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes kita tetap akan bertemu dengan UTBK.

Buat yang belum tau jadi UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan sebuah istilah untuk mendefinisikan nama ujian yang harus di ikuti oleh setiap peserta SNBT. Nantinya setelah kita mengikuti tes UTBK maka kita akan mendapatkan sebuah nilai yang mana nilai tersebut yang nantinya dibutuhkan dalam seleksi SNBT guna menyaring kelayakan peserta.

Pada UTBK 2023 ada beberapa perbedaan yang cukup terlihat bila kita bandingkan dengan UTBK tahun-tahun sebelumnya dimana dalam UTBK 2023 akan mengujikan 2 jenis tes yakni TPS dan Tes Literasi.

Tes Potensi Skolastik atau TPS mempunyai 4 macam subtes yang akan diujikan dan salah satunya merupakan Pengetahuan Kuantitatif (PK). Subtes ini akan terdiri dari 15 soal dan waktu pengerjaan yang sekitar 20 menit.

Jelas seperti namanya bahwa subtes Pengetahuan Kuantitatif akan menguji kemampuan peserta terkait matematika dasar. Beberapa lingkup dalam subtes ini seperti pengetahuan tentang ukuran perhitungan matematika, pengetahuan umum matematika, sampai kemampuan pemecahan masalah menggunakan matematika.

Selain Pengetahuan Kuantitatif, dalam UTBK 2023 juga mengujikan subtes Penalaran Kuantitatif yang mana subtes ini masuk ke materi Tes Literasi.

Anatar Penalaran Kuantitatif dan Pengetahuan Kuantitatif memiliki sedikit perbedaan diantara keduanya dimana pengetahuan kuantitatif berfokus pada pengetahuan matematika yang dimiliki seseorang termasuk kemampuan dalam melakukan perhitungan dasar.

Sedangkan penalaran kuantitatif lebih berfokus pada kemampuan guna melakukan penalaran secara induktif dan deduktif dalam memecahkan permasalahan dalam bentuk angka.

Baca: Download Soal UTBK 2021 Pengetahuan Kuantitatif

Download Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif PDF

Pengetahuan Kuantitatif merupakan salah satu materi yang paling diwaspadai oleh para peserta UTBK. Untuk semakin mempersiapkan diri menjelang UTBK, berikut kami sajikan beberapa contoh soal SNBT UTBK 2023 dan pembahasannya PDF khusus materi Tes Potensi Skolastik Pengetahuan Kuantitatif.

Beberapa contoh soal dibawah ini kami peroleh dari sumber-sumber terpercaya di internet. Bahkan salah satu contoh soal yang ada dibawah merupakan contoh soal simulasi resmi dari situs SNPMB. Kamu bisa download soal resminya dengan klik link unduh dibawah ini.

Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif (RESMI) : DOWNLOAD

Tak ketinggalan kami juga sudah memaparkan beberapa contoh soal simulasi SNBT UTBK 2023 Pengetahuan Kuantitatif dari sumber-sumber terpercaya. Adapun soal-soal tersebut dapat kamu download dengan klik tombol download dibawah.

Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif 1 : DOWNLOAD

Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif 2 : DOWNLOAD

Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif 3 : DOWNLOAD

Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitatif 4 : DOWNLOAD

Baca: Download Soal UTBK Saintek Biologi 2021

Penutup

Kami telah mengumpulkan beberapa contoh soal UTBK SNBT 2023 Pengetahuan Kuantitaif dari berbagai sumber di internet. Salah satu contoh soal yang kami sajikan diatas bahkan kami peroleh dari simulasi resmi yang diberikan kemdikbud melalui situs SNPMB.

Soal-soal diatas bisa kalian manfaatkan untuk semakin mempersiapkan diri menjelang UTBK yang akan segera dilaksanakan. soal pengetahuan kuantitatif utbk snbt sbmptn 2023 pdf kemendikbud.

Show comments