Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan Poltekkes Tanjungkarang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Prodi di Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. Hai sobat skul, mengenyam bangku perkuliahan adalah cita-cita bagi semua orang. Karena dengan itu, kesempatan kita menjadi pribadi yang sukses akan menjadi lebih terbuka. Sebelum lanjut berkuliah, kita harus memilih jurusan dengan tepat sehingga nantinya kita bisa menjalankan rangkaian perkuliahan dengan lebih baik dan maksimal. Kali ini kami akan menjabarkan sebuah artikel yang isinya terkait daftar fakultas dan jurusan disalah satu kampus kepunyaan Provinsi Lampung yaitu Poltekkes Tanjungkarang.

daftar jurusan poltekkes tanjungkarang

Pengertian Jurusan dan Fakultas

1. Jurusan

KBBI mengartikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari uraian yang ditegaskan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan ialah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Sanitasi Lingkungan, Kebidanan, Arsitektur dsb.

2. Fakultas

KBBI mengartikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari uraian yang ditegaskan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari sebuah perguruan tinggi yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Sains dan Teknologi yang didalamnya ada prodi Matematika, IPA, Biologi dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (PNUP, UMI Makasar, Poltekkes Padang) menjadi wadah untuk beberapa Fakultas (Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Gizi, Farmasi, Teknik Gigi).

Sekilas Tentang Poltekkes Tanjungkarang

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tanjungkarang atau lebih sering disingkat Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang adalah sebuah kampus yang posisinya berada di Jl. Soekarno - Hatta No.1 dan No. 6, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia.

Poltekkes Tanjungkarang adalah sebuah kampus yang berstatuskan sebagai sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibidang ilmu kesehatan yang dimiliki Indonesia. Tak hanya Poltekkes Tanjungkarang saja yang berstatuskan kampus favorit di Provinsi Lampung, namun ada beberapa kampus lainnya yaitu POLINELA Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia, UBL dsb.

Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang merupakan hasil penggabungan dari 5 akademi kesehatan yang dimiliki Provinsi Lampung yakni Akademi Kebidanan Kota Metro, Akademi Analis Kesehatan Tanjungkarang, Akademi Keperawatan Tanjungkarang, Akdemi Kesehatan Gigi, dan Akademi Kesehatan Lingkungan.

Kemudian berdasarkan SK Menteri Kesehatan dan Kesos RI tertanggal 16 April 2001, maka kelima akademi tersebut digabung dan dirubah statusnya menjadi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. Poltekkes Tanjungkarang berada dibawah dan bertanggung jawab pada Kepala Badan PPSDM Kesehatan.

Daftar Prodi Di Poltekkes Tanjungkarang

Poltekkes Tanjung Karang sampai sekarang ini telah membuka sebanyak 8 buah jurusan dan dibagi lagi kedalam beberapa program studi. Tanpa berbincang lebih lama lagi, langsung saja berikut list program studi yang ada.

1. Jurusan Keperawatan
Jurusan ini dibagi kembali menjadi beberapa Program Studi diantaranya:
  • D3 Keperawatan (Kampus Kota Bumi)
  • D3 Keperawatan (Kampus Tanjung Karang)
  • D4 Keperawatan (Kampus Tanjung Karang)
  • Pendidikan Profesi Ners

2. Jurusan Kebidanan
Jurusan ini dibagi kembali menjadi beberapa Program Studi diantaranya:
  • D4 Kebidanan (Kampus Metro)
  • D4 Kebidanan (Kampus Tanjung Karang)
  • D3 Kebidanan (Kampus Tanjung Karang)
  • D3 Kebidanan (Kampus Metro)

3. Jurusan Kesehatan Lingkungan
Jurusan ini dibagi kembali menjadi beberapa Program Studi diantaranya:
  • D3 Kesehatan Lingkungan
  • D4 Kesehatan Lingkungan

4. Jurusan Analis Kesehatan
Jurusan ini dibagi kembali menjadi beberapa Program Studi diantaranya:
  • D3 Analis Kesehatan
  • D4 Analis Kesehatan

5. Jurusan Keperawatan Gigi
  • D3 Keperawatan Gigi

6. Jurusan Gizi
  • D3 Gizi

7. Jurusan Farmasi
  • D3 Farmasi

8. Jurusan Teknik Gizi
  • D3 Teknik Gigi

Politeknik Kesehatan yang satu ini mempunyai banyak prestasi yang dimiliki, maka tak mengherankan jika persaingan di Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang selalu naik setiap tahunnya. Itu tadi sedikit pemaparan dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. poltekkes lampung jurusan, siakad, jalur mandiri, daya tampung, beasiswa, passing grade poltekkes tanjung karang, logo, syarat masuk, biaya, akreditasi jurusan, pendaftaran poltekkes tanjung karang, metro.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar mereka juga bisa memperoleh manfaatnya
Baca :
Show comments