Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UBL Lampung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Bandar Lampung (UBL). Hei sahabat skul, dalam memilih program studi, kamu harus menentukannya dengan tepat. Pasalnya bila kamu salah memilih program studi tersebut, itu akan membuat berjalannya perkuliahanmu menjadi tidak maksimal. Cara yang bisa dilakukan untuk memilih jurusan bagi kita dengan tepat yaitu dengan membandingkan prodi tersebut. Sebagai bahan kita melakukan perbandingan tersebut, kali ini kami akan mengupas secara tuntas daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas terkemuka yang ada di Lampung yaitu UBL Lampung. Simak penjelasannya berikut ini.

daftar fakultas jurusan ubl lampung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Dibagian ini terlebih dahulu kami ajak kalian memahami pengertian dari fakultas dan jurusan sebelum membahas daftar fakultas dan jurusan di UBL

1. Jurusan

Menurut KBBI, jurusan memiliki arti sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan juga bahwa jurusan merupakan sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Hukum Pidana Islam dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI, fakultas memiliki arti sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari pengertian KBBI tersebut, maka dapat diartikan juga bahwa fakultas merupakan sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti FISIPOL yang didalamnya terdapat jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi dsb.

Untuk mempermudah pemahamannya, jadi Universitas (Politani Payakumbuh, Universitas Pattimura, IAIN Bukittinggi) merupakan tempat yang menaungi banyak Fakultas (Fakultas Tarbiyah, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer). Sedangkan Fakultas sendiri menaungi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Elektro, Teknik Pertambangan, Teknik Kimia).

Sejarah UBL Lampung

Salah satu pencetak kampus terbaik di Indonesia ialah Provinsi Lampung. Maka tak heran banyak calon maba yang tertarik melanjutkan pendidikannya disalah satu kampus di Lampung seperti UIN Lampung, ITERA, UMITRA dsb. Selain kampus tadi, rupanya Lampung juga memiliki kampus tenar lainnya yaitu Universitas Bandar Lampung atau disingkat UBL yang menjadi rebutan bagi calon maba.

Universitas Bandar Lampung ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Jl. ZA. Pagar Alam No.29, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

UBL Merupakan salah satu kampus swasta terbesar yang dimiliki Provinsi Lampung. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1984 dibawah naungan Yayasan Administrasi Lampung (YAL). Selain UBL yayasan yang berdiri tanggal 1972 ini juga mendirikan perguruan tinggi lain yaitu Akademi Sekertariat dan Manajemen (ASM) Bandar Lampung.

Daftar Fakultas dan Jurusan UBL Lampung

Hingga kini Universitas Bandar Lampung telah memiliki 6 buah Fakultas dengan pilihan-pilihan jurusannya yang cukup lengkap. Berikut merpakan daftar fakultas dan prodi yang ada di UBL.

Program Sarjana

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)
  • S1 Ilmu Administrasi Negara / Publik
  • S1 Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis
  • S1 Ilmu Komunikasi

3. Fakultas Hukum (FH)
  • S1 Ilmu Hukum

4. Fakultas Teknik (FT)
  • S1 Teknik Arsitektur 
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil

5. Fakultas Ilmu Komputer (FIK)
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Sistem Informasi

6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Program Pascasarjana
  • S2 Manajemen
  • S2 Ilmu Hukum
  • S2 Teknik Sipil
  • S2 Ilmu Administrasi

Itu tadi pembahasan kami mengenai daftar fakultas dan jurusan di UBL Lampung, semoga ulasannya bisa memperkaya wawasan kalian mengenai daftar fakultas dan prodi yang ada disini. kuliah murah, universitas di bandar lampung, ilmu komunikasi, akreditasi, fakultas hukum, biaya kuliah universitas bandar lampung, jurusan di universitas teknokrat bandar lampung, akreditasi, pendaftaran beasiswa, mahasiswa, berita ubl lampung, teknik sipil, jadwal masuk kuliah, bidikmisi, jalur madani ubl lampung apps. 

Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments