Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Poltekkes Pangkalpinang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang. Hallo Sahabat Skul, pendidikan merupakan sebuah aset bagi kebanyakan orang untuk bisa mendapatkan kesuksesannya. Selama menempuh pendidikan di Indonesia normalnya kita memperoleh selama 12 tahun mulai dari SD hingga SMA. Tapi bagi beberapa orang, 12 tahun belum cukup. Kebanyakan dari mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Sebelum berkuliah kita harus memilih jurusan dan universitas dengan tepat sesuai bidang dan minat yang kita miliki. Artikel ini kami hadirkan dengan topik yang akan membahas terkait daftar jurusan salah satu perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

daftar jurusan poltekkes pangkalpinang

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya pada bagian ini kita akan memberi ulasan terlebih dahulu mengenai pengertian jurusan dan fakultas sebelum melanjutkan membahas topik utama kita tentang daftar jurusan di Poltekkes Pangkal Pinang.

1. Jurusan

Banyak sumber yang memberi arti kepada jurusan, KBBI memberikan definisi jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Profesi Ners, Ilmu Gizi, Usaha Perjalanan Wisata dsb.

2. Fakultas

Banyak sumber yang memberi arti kepada fakultas, KBBI memberikan definisi fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari sebuah perguruan tinggi yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kedokteran yang didalamnya ada prodi Pendidikan Dokter, Keperawatan, Kedokteran Gigi dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UGM, UNSOED, UNDIRA) menjadi wadah untuk beberapa Fakultas (Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedikteran). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Bimbingan Konseling, Pendidikan Sejarah, Sejarah Kebudayaan Islam).

Sekilas Tentang Poltekkes Pangkalpinang

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pangkalpinang atau sering disingkat Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang adalah sebuah perguruan tinggi yang memiliki alamat tepatnya di Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemprov, Jl. Pulau Bangka, Padang Baru, Kec. Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibidang ilmu kesehatan yang berada di Indonesia. Selain ada Poltekkes Pangkalpinang yang merupakan kampus favorit di Kepulauan Bangka Belitung, rupanya disini juga masih memiliki sekolah tinggi favorit lainnya seperti Universitas Bangka Belitung, STIE IBEK, ISB Atma Luhur dsb.

Poltekkes Pangkalpinang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang membuka program studi DIII dibidang kesehatan.

Sebelum secara resmi didirikan pada tahun 2010-2011, kampus ini merupakan pengembangan dari salah satu program studi dari Poltekkes Kemenkes Palembang. Kemudian berdasarkan Peraturan Menkes RI tertanggal 27 September 2011, berdirilah Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang secara mandiri dari pengembangan prodi cabang Poltekkes Palembang di Bangka Belitung.

Daftar Jurusan Poltekkes Pangkalpinang

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang kini telah membuka 5 program studi yang masih aktif dijalankan. Tanpa basa-basi lebih lama lagi langsung saja berikut adalah daftar program studinya.
  1. D3 Gizi
  2. D3 Farmasi
  3. D3 Kebidanan
  4. D3 Keperawatan Pangkalpinang
  5. D3 Keperawatan Belitung

Banyak prestasi yang melekat pada kampus yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini, maka tak heran daya saing di Poltekkes Pangkalpinang selalu melonjak disetiap tahun-tahun penerimaan mahasiswa. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita terkait daftar prodi yang dibuka di Poltekkes Kemenkes Pangkap Pinang. vilep, siakad, jurusan, alamat, akreditasi poltekkes kemenkes pangkalpinang, jurusan yang ada di, biaya masuk, kuliah stikes, poltekkes pangkal pinang, belitung, pendaftaran mahasiswa, pendaftaran, siakad, alamat poltekkes pangkal pinang.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments