Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di POLMAN Bangka Belitung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Manufaktur Negeri Babel. Hallo Sahabat Skul, pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam mendapatkan sebuah kesuksesan. Normalnya di Indonesia kita akan diberikan pendidikan wajib selama 12 tahun. Namun bagi kebanyakan orang 12 tahun tidak cukup. Mereka akan melanjutkan pendidikan dilingkup yang lebih tinggi yaitu dalam lingkup perkampusan. Sebelum berkuliah kita harus memilih jurusan dan universitas dengan tepat sesuai bidang dan minat yang kita inginkan. Artikel ini kami berikan dengan topik yang akan membahas terkait daftar jurusan disalah satu kampus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu POLMAN Babel.

daftar jurusan polman bangka belitung

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya dibagian ini kita akan mengulas dahulu mengenai pengertian jurusan dan fakultas sebelum lantut dalam topik utama kita tentang daftar jurusan di POLMAN Bangka Belitung.

1. Jurusan

Banyak sumber yang memberikan arti kepada jurusan, KBBI memberikan definisi jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari uraian yang ditegaskan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan ialah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Kebidanan, Pariwisata, Ilmu Gizi dsb.

2. Fakultas

Banyak sumber yang memberikan arti kepada fakultas, KBBI memberikan definisi fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari uraian yang ditegaskan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari sebuah perguruan tinggi yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya ada prodi Teknik Nuklir, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ITS, UNNES, UGM) menjadi wadah untuk beberapa Fakultas (Fakultas MIPA, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Sains dan Teknologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur).

Sekilas Tentang POLMAN Bangka Belitung

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung atau sering disingkat POLMAN Bangka Belitung adalah sebuah perguruan tinggi yang alamat tepatnya di Kawasan Industri Airkantung, Sungai Liat, Sungailiat, Bangka, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

POLMAN Babel ialah salah satu perguruan tinggi yang memiliki status sebagai sebuah Perguruan Tinggi Negri (PTN) dibidang ilmu teknik yang berada di Indonesia. Tak hanya POLMAN Bangka Belitung yang menyandang sebagai kampus favorit di Kepulauan Bangka Belitung, rupanya disini juga masih memiliki kampus favorit lainnya yaitu Poltekkes Pangkalpinang, STIE IBEK Pangkal Pinang, Universitas Bangka Belitung dsb.

Polman Babel pada mulanya merupakan sebuah pengembangan dari salah satu sekolah tinggi di Bangka Belitung yaitu Politeknik Manufaktur Timah yang telah berdiri sejak tahun 1994 oleh PT. Timah Tbk. melalui sebuah yayasan yang menaungi perguruan tinggi tersebut yaitu Yayasan Polman Timah dan dibantu oleh Politeknik Manufaktur Bandung.

Berdasarkan Peraturan menteri tertanggal 18 Oktober 2010 dilakukan perubahan status secara resmi Politeknik Manufaktur Timah dari sebuah institusi pendidikan tinggi vokasi swasta menjadi PTN dengan nama Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Daftar Jurusan POLMAN Bangka Belitung

Polman Babel kini telah membuka 2 jurusan yang kemudian dibagi lagi dalam 6 pilihan program studi yang masih aktif dijalankan. Tanpa basa-basi lebih lama lagi langsung saja berikut adalah daftar program studinya.

1. Jurusan Teknik Mesin
  • D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin
  • D3 Teknik Perancangan Mekanik
  • D4 Teknik Mesin dan Manufaktur

2. Jurusan Teknik Elektro dan Informatika
  • D3 Teknik Elektronika
  • D4 Teknik Elektronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Kampus yang satu ini memiliki segudang prestasi, maka tak heran daya saing di Politeknik Manufaktur Timah selalu naik disetiap tahun-tahun penerimaan mahasiswa. Harapannya semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita terkait daftar prodi yang dibuka di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. pendaftaran, jurusan ubb, universitas, polman bangka belitung, student, pengumuman, alamat, logo polman babel, pmb, jurusan d4, terfavorit di, biaya kuliah polman babel, alamat, jurusan politeknik manufaktur negeri bangka belitung.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments