Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakultas Dan Jurusan UNMUH Bangka Belitung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Hai sobat skul, topik yang akan kami ulas pada kesempatan ini akan berbeda dari sebelumnya yang telah banyak mengupas tuntas terkait soal & pembahasan Ujian Mandiri disekolah kedinasan hingga non kedinasan. Sekarang, kami akan membahas mengenai daftar fakultas dan program studi dibeberapa universitas yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi yang akan dibahas kali ini merupakan perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Bangka Belitung yaitu UNMUH BAbel. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas jurusan unmuh bangka belitung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya ayo kita pahami terlebih dahulu bagian ini mengenai definisi dari fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Seperti yang telah dijelaskan oleh KBBI bahwa jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan diatas dapat diartikan pula bahwa program studi merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Hukum Keluarga, Sejarah Kebudayaan Islam, Kimia dsb.

2. Fakultas

Seperti yang telah dijelaskan oleh KBBI bahwa fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan diatas dapat diartikan pula bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik dan Sains yang menaungi Program Studi seperti Konservasi Sumber Daya Alam, Teknik Informatika, Teknik Elektro dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UMP, UMJ, UMY) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (FKIP, FITK, Fakultas Ushuluddin). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (PGSD, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa Indonesia).

Sejarah Singkat UNMUH Bangka Belitung

Bangka Belitung adalah provinsi yang terkenal akan sektor pendidikannya. Terbukti dengan banyaknya kampus favorit disini seperti Universitas Bangka Belitung, IAIN SAS Bangka Belitung, Politeknik Dharma Ganesha dll. Di Provinsi ini tak hanya kampus-kampus yang telah disebutkan tadi saja yang banyak diburu oleh calon mahasiswa, Babel masih memiliki kampus favorit lainnya yaitu Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNMUH Babel.

UNMUH Babel adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang merupakan salah satu kampus yang didirikan oleh organisasi islam Muhammadiyah di Indonesia. Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Komplek Perguruan Muhammadiyah, JL. KH. Ahmad Dahlan KM.4 Rt. 03 No. 51 Ds. Mangkol, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Berdirinya Universitas Muhammadiyah Babel dimulai sejak diberikannya izin pendirian perguruan tinggi berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 26 Agustus 2011. Kampus yang didirikan pada mulanya dinamakan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bangka Belitung, kemudian dilakukan peningkatan status perguruan tinggi ini menjadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UMBB) pada tanggal 2 Septemmber 2020.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNMUH Babel

Untuk sekarang ini Universitas Muhammadiyah Babel telah membuka 2 Fakultas dengan macam-macam pilihan prodinya. Berikut merupakan daftar fakultas dan prodi yang ada di UNMUH Babel.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

2. Fakultas Teknik dan Sains
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Ilmu Komputer
  • S1 Konservasi Sumber Daya Alam

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan di Universitas Muhammadiyah Babel, semoga ulasan ini dapat memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. recruitment stkip, universitas muhammadiyah babel, pengumuman stkip mbb, sejarah muhammadiyah, universitas yang ada di bangka belitung, logo, jurusan yang ada di, akreditasi, pendaftaran, biaya kuliah stkip, universitas muhammadiyah bangka belitung, babel.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments