Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Politeknik Darma Ganesha (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Darma Ganesha (POLTEKDG). Hallo Sahabat Skul, pendidikan adalah bagian yang tak akan terpisahkan dalam menggapai sebuah kesuksesan. Normalnya di Indonesia kita diberikan pendidikan wajib selama 12 tahun. Namun untuk kebanyakan orang 12 tahun tidaklah cukup. Mereka akan melanjutkan pendidikan dengan tingkatan yang lebih tinggi yaitu perkampusan. Sebelum berkuliah ada beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya adalah memilih jurusan dan universitas dengan tepat sesuai bidang dan minat yang kita inginkan. Artikel ini kami berikan dengan topik yang akan dibahas mengenai daftar jurusan disalah satu kampus di Provinsi Bangka Belitung yaitu POLTEKDG.

daftar jurusan politeknik darma ganesha

Definisi Jurusan dan Fakultas

Untuk bagian ini kita akan menjabarkan pengertian dari jurusan dan fakultas sebelum lanjut dalam topik utama kita tentang daftar jurusan di POLMAN Bangka Belitung.

1. Jurusan

Banyak sumber yang memberikan arti terhadap jurusan, KBBI memberikan arti pada jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari uraian yang ditegaskan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan ialah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Usaha Perjalanan Wisata, Sanitasi, Kimia dsb.

2. Fakultas

Banyak sumber yang memberikan arti terhadap fakultas, KBBI memberikan arti pada fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari uraian yang ditegaskan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari sebuah perguruan tinggi yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komputer yang didalamnya ada prodi Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNHAS, UNP, UGM) menjadi wadah untuk beberapa Fakultas (Fakultas Sains dan Teknologi, Fasilkom, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Kesehatan Gigi, Kebidanan, Profesi Bidan).

Sekilas Tentang Politeknik Darma Ganesha

Politeknik Darma Ganesha Belitung atau lebih akrab disingkat POLTEKDG adalah sebuah perguruan tinggi yang memiliki alamat tepatnya di Jl. Sriwijaya Kelurahan No.25, Paal Satu, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Politeknik Darma Ganesha ialah salah satu perguruan tinggi yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dibidang ilmu komputer yang berada di Indonesia.

Tak hanya POLTEKDG Belitung yang menyandang sebagai kampus favorit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rupanya disini juga masih memiliki kampus favorit lainnya yaitu POLMAN Bangka Belitung, ISB Atma Luhur, Poltekkes Pangkalpinang dsb. Didirikannya POLTEKDG tak lepas dari salah seorang tokoh yang sangat berjasa untuk pendirian kampus ini yaitu Yudhi Darma seorang Alumni dari LERD Belanda.

Yudhi Darma memimpin SDM yang ada di LPK Darma Ganesha dan LPK3MB yang kemudian berkolaborasi mendirikan LPK Darma Ganesha Dan LPK3MB dan didukung oleh Politeknik Manufaktur Timah Bangka serta Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah melewati upaya yang panjang, akhirnya keluarlah SK Mendikbud RI pada tanggal 19 Mei 2014 yang berisi izin pendirian Politeknik Darma Ganesha.

Daftar Prodi Di Politeknik Darma Ganesha

Poltekdg kini telah membuka 5 jurusan yang masih aktif dijalankan. Tanpa basa-basi lebih lama lagi langsung saja berikut adalah daftar program studinya.
  1. D3 Komputerisasi Akuntansi
  2. D3 Manajemen Informatika
  3. D3 Perhotelan
  4. D3 Sistem Informasi
  5. D3 Sistem Informasi Akuntansi

Kampus ini memiliki segudang prestasi yang dimiliki, maka tak heran daya saing di Politeknik Darma Ganesha Belitung ini selalu naik disetiap tahun-tahun penerimaan mahasiswa. Semoga dengan dibuatnya artikel ini tentang daftar prodi di POLTEKDG bisa menjadi bermanfaat oleh kalian semua. poltekkes, akreditasi akper pemkab, universitas, jurusan yang ada di, biaya kuliah amb belitung.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya agar mereka juga bisa memperoleh manfaatnya
Baca :
Show comments