Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakultas Dan Jurusan IAIN SAS Bangka Belitung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel. Hei sobat skul, pembahasan kami sekarang ini akan berbeda dari sebelumnya yang telah banyak mengupas tuntas soal pembahasan Ujian Mandiri disekolah kedinasan hingga non kedinasan. Lain halnya dengan sekarang, kami akan membahas tentang daftar fakultas dan program studi dibeberapa perguruan tinggi favorit yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi yang akan dibahas kali ini adalah salah satu PTN di Kepulauan Bangka Belitung tepatnya di Kabupaten Bangka yaitu IAIN SAS Babel. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas jurusan iain sas bangka belitung

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya ayo kita pahami terlebih dahulu bagian ini tentang pengertian dari fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Seperti yang telah dijelaskan didalam KBBI bahwa jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan diatas dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Hukum Tata Negara, Filsafat, Pendidikan Agama Islam dsb.

2. Fakultas

Seperti yang telah dijelaskan didalam KBBI bahwa fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan diatas dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kesehatan Masyarakat yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, Ilmu Gizi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UII) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Kedokteran, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Tarbiyah). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen Pembangunan, Ilmu Ekonomi, Bisnis Digital).

Sejarah Singkat IAIN SAS Bangka Belitung

Bangka Belitung adalah salah satu provinsi yang terkenal akan sektor pendidikannya. Ada beberapa sekolah tinggi hits yang dimiliki di Bangka Belitung (Babel) seperti halnya Politeknik Dharma Ganesha, POLMAN, Akper Belitug dll. Namun tak hanya kampus tadi saja yang menjadi rebutan oleh para maba di Babel, rupanya provinsi ini juga masih mempunyai kampus favorit lainnya yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung atau lebih akrab disebut dengan singkatan IAIN SAS Babel.

IAIN SAS Babel adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berlandaskan islam terkemuka yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki alamat tepatnya di Jl. Raya Petaling Km.13 Desa Petaling Kec.Mendo Barat Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Nama Syaikh Abdurrahman Siddik diambil dari salah seorang ulama dari etnis Banjar. Sejarah pendirian kampus ini dimulai pada tanggal 15 Mei 1986 dimana pengurus Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan (PPNI) dan juga para tokoh pendidikan islam di Bangka dalam rapatnya berinisiatif mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT).

Akhirnya dilakukan pendirian STIT Bangka pada tanggal 28 Agustus 1986 di Pondok Pesantren Nurul Ihsan (PPNI), selain itu disini juga didiran Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID). Dilakukan peningkatan status dari hasil penggabungan STID dan STIT Bangka pada tahun akademik 1994/1995 menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIB.

Setelah melewati proses yang panjang akhirnya kampus ini berhasil mendapatkan status negeri berdasarkan SK Presiden tertanggal 18 Oktober 2004 menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang mana hal tersebut menjadikan STAIN SAS Babel menjadi perguruan tinggi islam negeri pertama dan juga PTN pertama di Bangka Belitung. Peningkatan status kembali dilakukan yaitu pada tahun 2018 kampus ini beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAIN SAS Babel

Untuk sekarang ini IAIN Babel telah membuka 3 Fakultas dengan macam-macam pilihan prodinya. Berikut adalah daftar Fakultas dan prodi yang ada di IAIN Bangka Belitung.

1. Fakultas Tarbiyah
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Tadris Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Bimbingan dan Konseling Islam
  • S2 Pendidikan Agama Islam

2. Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam
  • S1 Perbankan Syari'ah
  • S1 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
  • S1 Akuntansi Syari'ah

3. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
  • S1 Bimbingan Konseling Islam
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S1 Jurnalistik Islam
  • S1 Psikologi Islam

Itulah tadi yang bisa kami paparkan terkait daftar fakultas dan jurusan di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel, semoga ulasan ini dapat memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. akreditasi IAIN, STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, logo, pendaftaran, jurusan stain, iain bangka belitung, pendaftaran, ais, beasiswa, rektor iain sas babel, ukt, biaya kuliah, ecampus, akreditasi jurusan di iain sas babel.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments