Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STISIP Bunda Tanah Melayu 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bunda Tanah Melayu. Hallo sahabat skul, masuk menjadi keluarga sebuah perguruan tinggi dan jurusan yang cocok dengan kemampuan kita merupakan hal yang diidam-idamkan bagi kebanyakan calon mahasiswa. Masuknya kita dalam jurusan dan kampus yang tepat tersebut tentunya akan meberikan dampak yang baik bagi berlangsungnya studi yang akan kita tempuh nantinya.

Pada beberapa ulasan sebelumnya banyak dari tulisan kita yang mengulik terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri dibeberapa universitas hingga soal UTBK. Kurang sempurna rasanya jika kita hanya mengetahui soal dan pembahasan masuk sebuah universitas saja, sedangkan ada hal penting lain yang harus dipersiapkan sebelum berkuliah ialah menentukan pilihan jurusan dengan tepat dan cermat. Oleh karena itu kali ini kami akan menyajikan yang sedikit berbeda ulasannya dari biasanya terkait daftar fakultas dan jurusan yang ada disebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu Institut STISIP Bunda Tanah Melayu.

daftar jurusan di stisip batam

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Mendalami profil dari sebuah jurusan sebelum kita menempuh perkuliahan merupakan hal yang penting dilakukan bagi kita calon mahasiswa baru. Dengan kita mengetahui profil dari sebuah jurusan, maka itu akan menjadi sebuah modal untuk kita agar nantinya bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian kita. Sebelum kita membahas terkait daftar jurusan di STISIP BTM yang ada di Kabupaten Lingga ini, kami akan jelaskan sedikit tentang apa itu fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Arti yang diuraikan dalam KBBI memaparkan jurusan yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian yang dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Syariah, Biologi dsb.

2. Fakultas

Arti yang diuraikan dalam KBBI memaparkan fakultas yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian yang dijelaskan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknologi Pendidikan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIKA, UNDIKSHA, UNUD) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Saintek). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen, Keuangan dan Perbankan, Ekonomi Pembangunan).

Tentang STISIP Bunda Tanah Melayu

Untuk kita yang bertempat tinggal disekitaran provinsi Kepulauan Riau, akan tidak asing dengan deretan nama-nama kampus favorit disana seperti IKMB Batam, STIE Bentara Persada, STIKes Awal Bros dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yakni Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Bunda Tanah Melayu atau lebih sering disingkat STISIP BTM.

STISIP BTM  adalah sebuah sekolah tinggi yang memiliki status sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan di Jl. Sultan Abdul Rahman Daik Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Indonesia. Kampus ini merupakan salah satu kampus muda Indonesia yang mana kampus ini baru berdiri sejak tanggal 27 Maret 2013.

Daftar Jurusan Di STISIP BTM Lingga

Hingga kini STISIP Bunda Tanah Melayu Lingga telah membuka sebanyak 2 buah jurusan yang aktif. Berikut adalah daftar jurusan yang dibuka oleh STISIP BTM Lingga.
  1. S1 Ilmu Pemerintahan
  2. S1 Ilmu Administrasi Negara

STISIP Bunda Tanah Melayu merupakan sekolah tinggi yang cukup favorit di sekitaran Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut membuat daya saing di STISIP BTM ini setiap tahunnya semakin naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STISIP BTM Lingga.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments