Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IAIN Kerinci 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Hello sobat skul, sebuah kesenangan tersendiri untuk kita dengan tetap konsisten menyajikan tulisan yang bermanfaat untuk kalian semua. Semoga dengan adanya artikel yang kami paparkan ini bisa diambil manfaatnya dengan sebaik-baiknya. Berbeda dengan artikel sebelumnya dimana banyak mengulik tentang soal dan pembahasan UTBK dan Ujian Mandiri Kedinasan, topik yang kami bawakan kini akan memaparkan informasi mengenai daftar fakultas dan jurusan di semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Merupakan sebuah keharusan bagi kita calon maba dengan menjadi bagian dari Prodi dan Perguruan Tinggi yang tepat dalam artian Prodi yang dipilih sesuai dengan kemampuan yang kita miliki serta perguruan tinggi yang kita pilih sesuai dengan lokasi yang kita idam-idamkan dan biaya perkuliahannya sesuai dengan keuangan kita. Dengan kita masuk dalam prodi dan kampus yang tepat, hal itu dapat membantu berjalannya studi yang kita lalui terlaksana dengan maksimal.

daftar fakultas jurusan di iain kerinci

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan pada pembahasan utama kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di IAIN Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci ini, akan kami ajak kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan penjelasan yang tersemat didalam KBBI, Jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Manajemen Dakwah, Pendidikan Bahasa Arab, Sistem Informasi dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan penjelasan yang tersemat didalam KBBI, Fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan penjelasan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Jakarta, UII, UIN Bandung) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, Fakultas Saintek, Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Hukum Ekonomi, Hukum Keluarga Islam).

Tentang IAIN Kerinci

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Jambi, pasti tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana seperti UIN Suska, STT Pekanbaru, STIE Riau dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga menjadi favorit disana yaitu Institut Agama Islam Negeri Kerinci atau sering disebut dengan singkatan IAIN Kerinci.

IAIN Kerinci adalah salah satu perguruan tinggi yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Pelita IV, Sungai Penuh, Sumur Gedang, Kerinci, Jambi, Indonesia.

Pada mulanya kampus ini merupakan perubahan status dari STAIN Kerinci yang didirikan berdasarkan SK Presiden tertanggal 21 Maret 1997. Berdirinya STAIN Kerinci berawal dari Fakultas Syari'ah Muhammadiyah di Kota Sungai Penuh yang berdiri sejak tahun 1964.

Berdasarkan SK Menteri Agama RI tertanggal 27 September 1967, maka secara resmi fakultas Syari'ah Muhammadiyah Sungai Penuh dinegrikan dengan menjadi Fakultas Syariah IAIN Sutan Thaha Saifuddin cabang Kerinci. Pada tahun 1997 dilakukan pengembangan status dari Fakultas Syariah Kerinci menjadi STAIN Kerinci.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IAIN Kerinci

Hingga saat ini IAIN Kerinci membuka sebanyak 4 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan jurusan yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana, hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IAIN Kerinci.

1. Fakultas Syariah
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)
  • S1 Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)
  • S2 Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

2. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Manajemen Pendidikan Islam
  • S1 Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
  • S2 Pendidikan Agama Islam

3. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • S1 Manajemen Dakwah
  • S1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • S1 Perbankan Syariah
  • S1 Ekonomi Syariah 

IAIN Kerinci merupakan kampus yang berprestasi, maka tidak heran persaingan di IAIN Kerinci setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan dibuatnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Institut Agama Islam Negeri Kerinci.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. jurusan di stie kerinci, penerimaan mahasiswa baru, jadwal pendaftaran, brosur iain kerinci, febi, um ptkin, logo siakad, jurusan di iain kerinci, purwokerto, samarinda, pontianak, cirebon, link, profil, biaya kuliah, pendaftaran, akreditasi jurusan iain kerinci.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments