Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Poltekkes Kemenkes Padang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Poltekkes Kemenkes Padang (TERBARU). Hai sobat skul, senang rasanya bisa hadir kembali dikesempatan ini dengan tetap konsisten membawakan sebuah tulisan yang harapan kami pembahasannya menarik dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada beberapa artikel yang kami sandingkan beberapa waktu lalu banyak membahas terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri dan juga UTBK.

Sebelum mulai hijrah dalam lingkungan kampus, penting bagi calon maba memilih Jurusan kuliah dan memilih kampus sebagai tempat menempuh pendidikannya dengan tepat dan cermat. Dengan masuknya kita dalam Kampus dan Jurusan yang tepat, maka itu akan menjadikan berlangsungnya pendidikan yang kita lalui terlaksana dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan poltekkes kemenkes padang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum beranjak menuju pembahasan utama kita mengenai daftar Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Padang, kami akan membawa kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan definisi yang tertulis dalam KBBI, Jurusan memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Ekonomi, Ilmu Politik, Dokter Gigi dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan definisi yang tertulis dalam KBBI, Fakultas memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kedokteran yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Dokter, Pendidikan Bidan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNAIR, UKWMS, Poltekkes Medan) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Biomedis, Kimia, Biologi).

Tentang Poltekkes Kemenkes Padang

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti Politeknik ATI, Politani Payakumbuh, STIKES Padang dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Politeknik Kesehatan Kemenetrian Kesehatan Padang atau lebih akrab disebut dengan singkatan Poltekkes Kemenkes Padang.

Poltekkes Kemenkes Padang merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Kedinasa yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki beberapa lokasi di beberapa tempat diantaranya yaitu Kampus 1 di Jl. Simpang Pondok Kopi Nanggalo Padang. Kampus 2 di Jl. Gajah Mada Gn.Pangilun Padang. Kampus 3 di Jl. Adhyaksa No.1 Belakang Balok 26136 Bukittinggi. Kampus 4 di Jl. Laing Tembok Jaya Solok. Dan Kampus 5 di Jl. Kesehatan Gigi No. 26 Panorama Baru Bukittinggi.

Poltekkes Padang berdiri dibawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mana Poltekkes ini merupakan salah satu dari 38 Poltekkes yang dibangun oleh pemerintah. Sejarah berdirinya Poltekkes Kemenkes Padang didasarkan atas penggabungan 6 Akademi Kesehatan di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2002 yaitu AKL, AKZI, Akper Padang dan Solok, Akbid Padang dan Bukittinggi. Kemudian tahun 2004 sebuah akademi lain yaitu Akademi Kesehatan Gigi Bukittinggi ikut bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Padang.

Berdasarkan SK Kepala Pusdiknakes Depkes RI tertanggal 8 Oktober 2001 dan SK Kementerian Kesehatan tertanggal 16 April 2001 tentang organisasi dan tata kerja Politeknik Kesehatan, maka bergabunglah Akademi Kesehatan di lingkungan Departemen Kesehatan Sumatra Barat menjadi Politeknik Kesehatan Depkes Padang Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI yang merupakan sebuah unit pelaksanaan teknis di lingkungan Departemen Kesehatan RI dan berada di Bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan.

Daftar Jurusan Di Poltekkes Kemenkes Padang

Hingga sekarang Poltekkes Padang membuka sebanyak 6 Jurusan yang dipecah lagi menjadi beberapa pilihan. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh Poltekkes Kemenkes Padang.

1. Jurusan Kesehatan Lingkungan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Sanitasi / Kesehatan Lingkungan (Kampus Padang)
  • D4 Sanitasi / Kesehatan Lingkungan (Kampus Padang)

2. Jurusan Gizi
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Gizi (Kampus Padang)
  • D4 Gizi dan Dietetika (Kampus Padang)

3. Jurusan Kebidanan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Kebidanan (Kampus Padang)
  • D3 Kebidanan (Kampus Bukittinggi)
  • D4 Kebidanan (Kampus Padang)

4. Jurusan Keperawatan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Keperawatan (Kampus Padang)
  • D3 Keperawatan (Kampus Solok)
  • D4 Keperawatan (Kampus Padang)
  • Pendidikan Profesi Ners (Kampus Padang)

5. Jurusan Keperawatan Gigi
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Kesehatan / Keperawatan Gigi (Kampus Bukittinggi)

6. Jurusan Promosi Kesehatan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D4 Promosi Kesehatan (Kampus Padang)

Poltekkes Kemenkes Padang merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya nampak dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di Poltekkes Kemenkes ini setiap tahunnya mengalami kenaikan. Dengan hadirnya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Padang.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. poltekkes padang negeri atau swasta, biaya kuliah poltekkes siteba padang, portal, simama, sertifikat akreditasi, jadwal pendaftaran, biaya kuliah poltekkes kemenkes padang, jurusan, daya tampung, beasiswa, akreditasi poltekkes padang, jurusan promosi kesehatan, portal simama, biaya kuliah poltekkes padang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments