Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKES Perintis Padang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang (TERBARU). Hei sobat skul, begitu senang perasaan kami bisa berjumpa kembali dikesempatan ini dengan tetap konsisten menginformasukan sebuah bahasan yang menarik dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada tulisan yang kami sandingkan sebelumnya banyak membahas terkait soal dan pembahasan tentang Ujian Mandiri dan UTBK.

Sebelum memulai hijrah dalam dunia perkuliahan, penting bagi setiap calon maba memilih Jurusan perkuliahan dan memilih kampus pilihannya dengan tepat dan cermat. Dengan masuknya kita dalam Prodi dan Kampus yang tepat, maka itu akan membuat berjalannya pendidikan yang kita lalui terlaksana dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan di stikes perintis padang

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum beranjak pada pembahasan utama kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKES Perintis Padang, kami akan membawa kalian untuk memahami tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan definisi yang ada dalam KBBI, Jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ekonomi Syariah, Psikologi, Ilmu Hadis dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan definisi yang ada dalam KBBI, Fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Sosial yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Sejarah, Geografi, Sosiologi dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman, jadi Perguruan Tinggi (UNDIP, UNSOED, STIFI Perintis Padang) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Psikologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Kebidanan, Kedokteran, Keperawatan).

Tentang STIKES Perintis Padang

Bagi kita yang berada disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti UBH Padang, UNES Padang, UIN IB dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Perintis Padang atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIKES Perintis.

STIKES Perintis Padang merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berdiri di dua lokasi yang berbeda yaitu Kampus 1 di Jln. Adinegoro KM17, Lubuk Buaya, Padang. Dan Kampus 2 di Jl. Kusuma Bakhti, Gulai Bancah, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

STIKes Perintis Padang berdiri dibawah naungan Yayasan Stikes Perintis yang mana yayasan ini didirikan sejak tahun 1988 oleh seorang sesepuh dalam dunia kesehatan di Sumatera Barat yaitu Dr. H. Rafki Ismail, MPH (almarhum).

Yayasan ini pada mulanya mendirikan Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) di Kota Padang dan Akademi Keperawatan di Bukittinggi pada tahun 1989 tahun 1989. Berdasarkan izin Mendiknas tahun 2006, maka dibangunlah Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan Perintis.

Daftar Jurusan Di STIKES Perintis Padang

Sampai sekarang STIKES Perintis Padang membuka sebanyak 8 Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STIKES Perintis Padang.

1. Program Diploma
  • D3 Gizi
  • D3 Kebidanan
  • D3 Keperawatan
  • D3 Analis Kesehatan
  • D4 Analis Kesehatan

2. Program Sarjana
  • S1 Gizi
  • S1 Ilmu Keperawatan

3. Program Profesi
  • Profesi Ners

STIKES Perintis Padang merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di STIKES Perintis ini setiap tahunnya selalu naik. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKES Perintis Padang.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. biaya kuliah stikes indonesia padang, daftar, portal, pendaftaran, biaya kuliah, jurusan di stikes perintis padang jurusan analisis kesehatan, syarat pendaftaran ulang, alamat, brosur, akreditasi jurusan stikes perintis padang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments