Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKES Mercubaktijaya Padang 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mercubaktijaya Padang (TERBARU). Halo sobat skul, teramat senang perasaan kami karena bisa berjumpa lagi dikesempatan ini dengan tetap konsisten membawakan bahasan yang menarik dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Ditulisan yang kami sandingkan sebelumnya banyak membahas mengenai soal dan pembahasan tentang Ujian Mandiri dan juga UTBK.

Sebelum kita memulai hijrah dalam dunia kuliah, penting bagi setiap calon mahasiswa memilih Jurusan perkuliahan dan menentukan kampus pilihannya dengan tepat. Dengan kita berhasil masuk dalam jurusan dan kampus yang sesuai, maka hal tersebut akan menjadikan pendidikan yang kita jalani nantinya berjalan dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan di stikes mercubaktijaya

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memulai pembahasan kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKES Mercubaktijaya Padang, kami akan membawa kalian untuk memahami tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan definisi yang diberikan KBBI, Jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ekonomi Islam, Kriminilogi, Ilmu Politik dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan definisi yang diberikan KBBI, Fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kesehatan Masyarakat yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman, jadi Perguruan Tinggi (UI, ITB, IPB) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Komputer, Sistem Informasi).

Tentang STIKES Mercubaktijaya Padang

Bagi kita yang berada disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti UNBRAH, UNES, STAI YASTIS dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang lokasinya berada di Kota Padang yaitu ada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mercubaktijaya Padang atau lebih akrab disebut dengan singkatan STIKES Mercubaktijaya.

STIKES Mercubaktijaya Padang merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini lokasi tepatnya berada di Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

STIKES Mercubaktijaya merupakan sekolah tinggi kesehatan yang berada dibawah naungan Yayasan Mercubaktijaya Padang yang mana yayasan ini didirikan pada tanggal 31 Desember 1992. Nama Mercubaktijaya diambil dari singkatan nama-nama para pendiri yayasan ini.

Pada mulanya yayasan ini membuka Akademi Perawatan Mercubaktijaya Padang dengan menyelenggarakan jurusan D3 Keperawatan dengan didasarkan atas SK Menteri Kesehatan RI pada tanggal 21 Mei 1993.

Berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI tertanggal 16 Oktober 2001 dan diperkuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI, Yayasan Mercubaktijaya mendirikan sebuah Akademi Kebidanan dengan membuka jurusan D3 Kebidanan.

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional tertanggal 29 Desember 2005, maka institusi pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Mercubaktijaya Padang yakni Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan dirubah dan digabung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang.

Daftar Jurusan Di STIKES Mercubaktijaya

Sampai sekarang STIKES Mercubaktijaya Padang membuka sebanyak 7 Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STIKES Mercubaktijaya.
  1. D3 Keperawatan
  2. D3 Kebidanan
  3. D3 Terapi Wicara
  4. S1 Kebidanan
  5. S1 Keperawatan
  6. Profesi Ners
  7. Profesi Bidan

STIKES Mercubaktijaya merupakan satu dari banyak Universitas yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di STIKES ini setiap tahunnya selalu melonjak naik. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIKES Mercubaktijaya Padang.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. stikes padang, biaya kuliah stikes indonesia, perintis padang, akreditasi, alamat, logo, brosur, jurusan, pendaftaran stikes mercubaktijaya padang, webinar, biaya kuliah, akreditasi kampus, jurusan yang ada di stikes mercubaktijaya padang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments