Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Politani Payakumbuh 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (TERBARU).
Hai sobat skul, senang sekali rasanya bisa bertemu lagi kali ini dengan membawakan bahasan yang cukup menarik terkait daftar fakultas dan jurusan yang ada disemua kampus di Indonesia. Ditulisan sebelumnya kami juga telah banyak membahas mengenai soal dan pembahasan UM kedinasan hingga UTBK.

Sebelum kita masuk kuliah, penting bagi kita melakukan pilihan yang tepat atas Jurusan perkuliahan dan lokasi kampus yang tepat. Dengan kita berada dalam jurusan dan kampus yang tepat, maka hal tersebut akan menjadikan perkuliahan yang kita jalani berjalan dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan politani payakumbuh

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita beranjak pada topik utama kita yaitu terkait daftar Jurusan di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, kami akan membawa kalian untuk mengenal tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Dari penjelasan yang ada di KBBI, Jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Manajemen, DKV, Teknologi Hasil Pertanian dsb.

2. Fakultas

Dari penjelasan yang ada di KBBI, Fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Manajemen Sumberdaya Lahan, Proteksi Tanaman dsb.

Agar mempermudah dalam pemahaman, jadi Perguruan Tinggi (IPB, UNITAS, UINSU) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kelautan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan).

Tentang Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan deretan kampus yang menjadi favorit disana yaitu ada STIFI Padang, ITP Padang, UMMY Solok dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disini yang mana lokasinya berada di Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu ada Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh atau lebih akrab disebut dengan singkatan Politani Payakumbuh.

Politani Payakumbuh merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Kampus ini lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Negara KM. 7 Tanjung Pati, Koto Tuo, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia.

Pada awal didirikan Politani Payakumbuh dinamakan Politeknik Pertanian Universitas Andalas. Proses pembangunan sarana dan prasarana kampus ini dimulai sejak 1986/1987 dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Wapres Soedharmono.

Pada 6 Februari 1989 mulai dilaksanakannya perkuliahan pertama untuk 3 jurusan yang dibagi lagi menjadi 5 program studi. Pada Oktober 2014 lalu Politeknik Pertanian Universitas Andalas dirubah namanya menjadi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Daftar Jurusan Di Politani Payakumbuh

Sampai sekarang ini Politani Payakumbuh membuka sebanyak 3 Jurusan yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi. Berikut adalah daftar Jurusan yang ada di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

1. Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D3 Budidaya Tanaman Perkebunan
  • D4 Pengelolaan Perkebunan

2. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D2 Peternakan K. Kab. Pidie Jaya 
  • D3 Budidaya Tanaman Pangan
  • D3 Budidaya Ternak
  • D3 Budidaya Tanaman Hortikultura
  • D3 Paramedik Veteriner
  • D3 Agribisnis
  • D4 Pengelolaan Agribisnis

3. Jurusan Teknologi Pertanian
Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi diantaranya :
  • D2 Teknologi Pangan (Kampus Kab. Aceh Barat Daya)
  • D2 Teknologi Pangan K. Kab. Pidie Jaya)
  • D3 Teknologi Pangan
  • D3 Tata Air Pertanian
  • D3 Teknologi Mekanisasi Pertanian

Politani Payakumbuh adalah satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di Politani Payakumbuh yang setiap tahunnya selalu meningkat. Dengan adanya artikel ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. politeknik pertanian negeri di indonesia, jurusan, pendaftarandosen, logo, biaya kuliah, beasiswa politeknik pertanian negeri payakumbuh, sbmpn, pengumuman snmpn, jurusan politeknik payakumbuh, daya tampung politani, jurusan, pengumuman hasil tes, pendaftaran payakumbuh, daya tampung politeknik pertanian payakumbuh.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments