Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UPGRIS 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas PGRI Semarang (TERBARU). Hallo sahabat skul, bertemu lagi bersama kami pada kesempatan baru ini dimana kali ini kami akan menghadirkan tulisan terkait daftar fakultas dan jurusan diseluruh Perguruan Tinggi baik Negeri hingga Swasta yang ada di Indonesia. Pada beberapa tulisan sebelumnya, kami telah banyak memaparkan pembahasan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Hal penting yang harus kita pertimbangkan sebelum berkuliah yaitu memilih Program Studi dengan tepat. Memilih Program Studi atau Jurusan dengan tepat berarti kita memilih Jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita minati dan tentunya kita kuasai. Apabila kita berada dalam Jurusan yang tepat, hal itu akan memudahkan kita dalam menjalankan setiap kegiatan perkuliahan.

Yang harus kita perhatikan bukan hanya dalam memilih jurusan, memilih Universitas juga harus kita lakukan dengan tepat dan cermat pula. Tepat dalam hal ini yaitu terkait kecocokan Biaya, dan Lokasi almamater kampus yang sesuai dengan keinginan kita. Dengan masuknya kita dalam Universitas yang tepat, hal itu akan mempermudah kita dalam menjalankan kegiatan perkuliahan dalam hal Biaya dan kenyamanan lokasi kampus yang memang sudah kita impikan.

daftar fakultas jurusan upgris

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas topik utamanya tentang daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas PGRI Semarang, kami akan mengajak kalian terlebih daulu untuk memahami tentang apa itu jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Jurusan didefinisikan KBBI yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Keperawatan, Ilmu Hukum, Manajemen dsb.

2. Fakultas

Fakultas didefinisikan KBBI yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat jurusan seperti PGSD, PG PAUD, Bimbingan Konseling dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNNES, UNDIP, UGM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran, FEB). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elektro).

Tentang Universitas PGRI Semarang

Untuk kita yang bertempat tinggal disekitaran Kota Semarang, pasti tidak asing dengan deretan kampus favoritnya yaitu ada UNNES, UNDIP, UDINUS dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Semarang ini yaitu ada Universitas PGRI Semarang atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan UPGRIS.

Universitas PGRI Semarang adalah salah satu universitas yang menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tahun 23 Juli 1981. Universitas ini lokasi tepatnya berada di Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Berdirinya kampus ini tak lepas dari campur tagan Yayasan Dewan Direktur Utama (YPLP) IKIP PGRI Jawa Tengah yang merupakan perubahan bentuk dari IKIP PGRI Semarang dengan Akademi Teknologi Semarang.

Kampus ini sempat meruhan namanya beberapa kali diantaranya IKIP PGRI Jawa Tengah, STIKIP PGRI Jawa tengah, IKIP PGRI Semarang, lalu pada tanggal 17 April 2014 melalui SK Mendikbud dilakukannya penggabungan antara IKIP PGRI Semarang dengan Akademi Teknologi Semarang (ATS) yang kemudian diubah menjadi Universitas PGRI Semarang.

Kampus ini memiliki banyak Program studi yang bervariasi. Dari beberapa pilihan jurusan tersebut beberapa diantaranya bisa dibilang sebagai jurusan favorit di UPGRIS diantaranya adalah jurusan Pendidikan Biologi, Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UPGRIS

Hingga sekarang UPGRIS memiliki 7 Fakultas didalamnya dan terdapat beberapa pilihan Jurusan yang cukup bervariasi. Berikut ini adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas PGRI Semarang.

Program Sarjana

1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Guru PAUD
  • S1 Bimbingan dan Konseling

2. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan

  • S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi

3. Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi

  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Fisika
  • S1 Pendidikan Teknologi Informasi

4. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni

  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah

5. Fakultas Teknik dan Informatika

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Arsitektur
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknologi Pangan

6. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Manajemen


Program Pascasarjana

  • S2 Pendidikan
  • S2 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

UPGRIS saat ini memiliki begitu banyak prestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di UPGRIS yang setiap tahunnya selalu menanjak naik. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas PGRI Semarang.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. teknik sipil, mars, asrama, s2 upgris, manajemen, fakultas hukum, pmb upgris, jurusan di upgris dan akreditasinya, cara bayar, sip, sia, akreditasi upgris, biaya kuliah ikip pgri samarinda, madiun, kalender akademik, logo upgris, sertifikat akreditasi ban pt, pendaftaran, biaya universitas pgri semarang negeri atau swasta.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments