Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UIKA Bogor 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Ibn Khaldun (TERBARU). Hello sahabat skul, bertemu lagi pada kesempatan kali ini dimana kami akan membahas tuntas mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua Perguruan Tinggi dari Negeri hingga Swasta yang ada di Indonesia. Pada beberapa tulisan sebelumnya, kami telah banyak membuat tulisan seputar soal UTBK dan soal UM kedinasan.

Hal penting yang mesti kita pertimbangkan dengan matang sebelum merambah dunia perkampusan yaitu dalam menentukan Jurusan yang tepat. Menentukan Jurusan yang tepat berarti kita melakukan pilihat atas Jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Bila kita berada dalam Jurusan yang tepat tersebut, maka itu akan memudahkan kita dalam memaksimalkan hasil studi kita.

Selain menentukan Jurusan, hal lain yang tak kalah penting yang harus kita lakukan yaitu menentukan Universitas dengan tepat. Tepat disini memiliki arti tepat atas Biaya perkuliahan, dan Lokasi kampus yang sesuai dengan impian kita. Dengan kita masuk dalam Kampus yang tepat, maka itu akan melancarkan jalannya perkuliahan kita dalam hal Biaya dan memunculkan rasa nyaman selama berkuliah karena kita berada dalam bagian kampus yang memang sudah kita inginkan.

daftar fakultas jurusan uika

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk pada pembahasan utamanya mengenai daftar Fakultas dan Jurusan di UIKA Bogor, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal tentang apa itu jurusan dan juga fakultas.

1. Jurusan

Jurusan didefinisikan KBBI yang memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Hukum, Agroteknologi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dsb.

2. Fakultas

Fakultas didefinisikan KBBI yang memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Agama Islam yang didalamnya terdapat jurusan seperti Ahwal Al Syakhsyiyyah, Pendidikan Agama Islam dsb.

Untuk mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Universitas (UNB, UNIDA, UT Bogor) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (FKIP, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Luar Sekolah, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris).

Tentang Universitas Ibn Khaldun

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitaran Kota Bogor, pasti tidak asing dengan deretan kampus favoritnya yaitu IPB, UNPAK, UNIDA dsb. Namun diantara kampus tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit di Kota Hujan ini yaitu ada Universitas Ibn Khaldun atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan UIKA.

Universitas Ibn Khaldun merupakan salah satu universitas yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia yang didirikan pada tahun 1961. Universitas ini berlokasikan tepatnya di Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Nama Ibn Khaldun diambil dari seorang ulama dan cendekiawan muslim abad pertengahan yaitu Ibn Khaldun. Universitas Ibn Khaldun pada awal berdirinya merupakan penggabungan dari tiga fakultas yang dibina Yayasan Ibn Chaldun dan 4 Fakultas dari Universitas Djakarta Indonesia yang lokasinya di Bogor. Pada 1961, 4 fakultas di Bogor memisahkan diri dari Universitas Ibn Chaldun (UIC) dan terbentuknya dua Universitas yaitu Universitas Ibn Khaldun dan Universitas Bogor (sekarang Universitas Pakuan).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UIKA

Hingga sekarang UIKA memiliki 6 Fakultas didalamnya dan terdapat beberapa pilihan Prodi yang cukup bervariasi. Berikut ini adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Ibn Khaldun.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Luar Sekolah
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Teknologi Pendidikan

2. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

3. Fakultas Ekonomi:

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • D3 Keuangan dan Perbankan

4. Fakultas Agama Islam:

  • S1 Ahwal Al Syakhsyiyyah
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Komunikasi Penyiaran Islam
  • S1 Ekonomi Syari'ah
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

5. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Informatika

6. Fakultas Ilmu Kesehatan:

  • S1 Kesehatan Masyarakat


Sekolah Pascasarjana

  • S2 Pendidikan Islam
  • S2 Ekonomi Islam
  • S2 Manajemen
  • S2 Teknologi Pendidikan
  • S3 Pendidikan Islam

UIKA merupakan kampus yang berprestasi , salah satu prestasinya yang membanggakan dimana Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di UIKA yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Ibn Khaldun.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. lulusan, sejarah, pmb, beasiswa, tes masuk uika bogor, biaya kuliah, peringkat, s3, fakultas agama islam universitas ibn khaldun bogor kota bogor jawa barat, rektor, akreditasi, logo, sejarah universitas ibn khaldun.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments