Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UWG Malang 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Widyagama Malang (TERBARU). Hallo sobat skul, untuk beberapa tulisan sebelumnya kami banyak menghadirkan informasi seputar soal UTBK dan soal ujian masuk sekolah kedinasan. Nah lain halnya untuk sekarang, pada kesempatan kali ini kami akan menghadirkan pembahasan terkait daftar fakultas dan jurusan di kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Menentukan Jurusan yang tepat merupakan satu keharusan yang mesti kita lakukan sebelum masuk kuliah. Menentukan Jurusan yang tepat berarti kita melakukan pilihan atas Jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita minati. Penting bagi kita memilih Jurusan dengan tepat karena hal tersebut akan membantu kita dalam mempermudah melancarkan jalannya perkuliahan.

Bukan hanya memilih jurusan, dalam memilih universitas juga harus melewati pertimbangan kita. Dengan masuknya kita ke dalam universitas yang memang sudah dari awal kita mimpikan, hal tersebut akan menambah semangat tersendiri bagi kita untuk terus menuntut ilmu dengan tekun sehingga hasil yang kita peroleh selama menjalani perkuliahan bisa menjadi maksimal.

daftar fakultas jurusan uwg

Mengenal Apa Itu Fakultas dan Jurusan

Sebelum masuk pada pembahasan utama kita yaitu daftar fakultas dan jurusan di Universitas Multimedia Nusantara, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal apa itu fakultas dan jurusan. Berikut penjelasannya.

1. Fakultas

Dalam KBBI Fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas yaitu bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat jurusan seperti Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dsb.

2. Jurusan

Dalam KBBI Jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan yaitu sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen Bisnis dsb.

Untuk mempermudah pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (UNM, UB, UIN Malang) menjadi wadah bagi Fakultas (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, FEB, FK). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Program Studi yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, PG PAUD).

Tentang Universitas Widyagama Malang

Untuk kita yang berdomisili disekitaran Malang yang terkenal akan buah apelnya ini, pasti tidak asing lagi dengan deretan kampus-kampus favoritnya yaitu ada UB, UNM, Ma Chung dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada Universitas Widyagama atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan UWG.

Universitas Widyagama Malang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Berdirinya kampus ini tidak lepas dari campur tangan Yayasan Pembina Pendidikan Indonesia (YPPI) pada tahun 1971. Kampus ini merupakan pengembangan dari 3 Akademi yang berbeda yang didirikan oleh YPPI diantaranya Akademi Bank Widyagama Malang yang didirikan tanggal 24 Februari 1971, Akademi Manajemen Widyagama Malang yang didirikan tanggal 24 Februari 1974, dan Akademi Akuntansi Widyagama Malang yang didirikan tanggal 24 Februari 1980.

Lalu pada tanggal 19 September 1981 ketiga Akademi ini digabung menjadi satu dan diubah dengan nama Institut Ekonomi dan Manajemen (IEM). Kemudian tahun 1984, nama IEM berubah kembali menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widyagama. Kemudian pada tanggal 1 Januari 1985, YPPI sepakat merubah nama kampus ini dari yang sebelumnya menjadi Universitas Widyagama Malang.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UWG Malang

Hingga sekarang ini UWG memiliki 4 Fakultas yang terdapat beberapa pilihan Jurusan didalamnya. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Widyagama Malang.

Program Diploma
  • D3 Teknik Otomotif
  • D3 Keuangan Dan Perbankan Syariah


Program Sarjana

1. Fakultas Ekonomi

  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

2. Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

3. Fakultas Pertanian

  • S1 Teknologi Hasil Pertanian
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi

4. Fakultas Teknik

  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika


Program Pascasarjana

  • S2 Magister Manajemen
  • S2 Magister Hukum

UWG memiliki segudang prestasi, salah satu prestasinya yang membanggakan adalah sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di Universitas Widyagama yang setiap tahunnya selalu meningkat. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kalian tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Widyagama Malang.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. jumlah mahasiswa, jalur masuk, biaya kuliah, akreditasi, universitas widyagama malang, sejarah universitas widyagama mahakam samarinda, surabaya.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments